ANATOMI TITIK AKUPUNKTUR KECANTIKAN

L 80 

Sumber: http://toesoekdjaroemku.blogspot.co.id/

Gambar EX HN 1



Artikel ini disarikan dari makalah Short Course Akupunktur Kecantikan oleh Fauzi Isman Akupunkturis, dalam Seminar Kesehatan “Get a better shape with Acupuncture and Yoga” sekaligus Wisuda Siswa/i Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI cabang Palembang Angkatan I pada tanggal 24 Mei 2008 di Aula Gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Titik Wajah (Lokal)

Chengqi (ST 1)
Lokasi: tepi bawah orbita, tepat di garis lurus yang ditarik melalui pusat pupil mata pada waktu melihat ke depan. Indikasi: menggembungkan kelopak mata. Teknik menusuk: tegal lurus sedalam 0,3-0,7 cun, Dilarang moksa.
Sibai (ST 2)
Lokasi: pada lekukan bawah lubang mata, 1 cun di bawah pupil mata. Indikasi: Facial paralysis atau pigmentasi. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,2-0,3 cun. Dilarang moksa.
Juliao (St 3)
Lokasi: 0,3 cun dari sisi luar LI 20, tepat di bawah bola mata setinggi bagian bawah cuping hidung. Indikasi: wajah lumpuh. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-0,4 cun.
Dicang (ST 4)
Lokasi: Setinggi dan horisontal dengan sudut mulut, 0,4 cun ke lateral. Indikasi: kerutan di sekitar bibir. Teknik menusuk: ditusuk dengan menjurus ke arah angulus mandibula sedalam 0,3-0,7 cun.
Jiache (ST 6)
Lokasi: anterior dan superior dari angulus mandubula. Bila mengigit dengan keras, maka timbullah sebuah benjolan otot. Indikasi: kerutan wajah , facial paralysis dan masticatory (mengunyah) spasm toothache. Teknik menusuk: miring 0,3-0,5 cun ke arah Dicang.
Xiaguan (ST 7)
Lokasi: dalam sebuah lekukan di bawah arkus zigomatikus, di depan kondilus mandibula. Indikasi: kerutan pada wajah. Teknik menusuk: tegal lurus sedalam 0,3-0,5 cun.
Quanliao (SI 18)
Lokasi: tepat di bawah kantus eksternus mata, di bawah os zigomatikus. Indikasi: kerutan wajah. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,2-0,3 cun
Tinggong (SI 19)
Lokasi: di depan tragus pada sendi mandibular. Indikasi: pigmentasi wajah dan kerutan. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-0,5 cun.
Cuanzhu (BL 2),
Lokasi: pada ujung medial alis mata. Indikasi: keriput di sekitar mata. Teknik menusuk: mendatar dengan arah ke bawah atau lateral sedalam 0,3-0,4 cun
Er¡¯men (TE 21)
Lokasi: sedikit anterior dari tragus. Terasa lekukan kalau mulut dibuka besar. Indikasi: Facial spasm. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-0,8 cun
Sizhukong (TE 23)
Lokasi: ujung lateral dari alis mata, pada sebuah lekukan. Indikasi: Facial spasm. Teknik menusuk: mendatar sedalam 0,3 cun.
Tongziliao (GB 1),
Lokasi: Pada bagian lateral orbita, pada kantus lateralis mata. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: mendatar dengan arah ke belakang sedalam 0,2-0,4 cun.
Tinghui (GB 2)
Lokasi: Kira-kira 0,5 cun di depan intertragical notch telinga. Di bawah Tingkung. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-1 cun.
Yangbai (GB 14)
Lokasi: Pada kening, 1 cun di atas pertengahan lengkung alis mata. Satu garis vertikal letaknya dengan pupil bilamana mata melihat ke depan. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: mendatar ke arah bawah, 0,3-0,5 cun.

Chengjiang (Ren 24)
Lokasi: Pada tengah-tengah lekukan di bawah labium oris inferior. Indikasi: Paralisis fasialis, pembengkakan muka. Teknik menusuk: miring sedalam 0,2-0,3 cun.
Suliao (Tu 25)
Lokasi: Tepat dipuncak hidung. Indikasi: menghilangkan komedo. Teknik menusuk: miring, ujung jarum diarahkan ke atas sedalam 0,1-0,2 cun.
Yintang (EX-HN-2)
Lokasi: Pada batang hidung, pertengahan jarak ujung alis mata. Indikasi: penyakit hidung, sakit kepala, kejang terutama pada anak. Teknik menusuk: miring/mendatar sedalam 0,2-0,3 cun. Moksa terlarang.
Taiyang (EX-HN-4)
Lokasi: Dalam lekukan yang didapat pada perpotongan garis perpanjangan lengkung alis mata dan garis mendatar dari sudut mata. Indikasi: sakit kepala, migren, mata bengkak dan merah. Teknik menusuk: 0,2-0,3 cun atau dengan jarum prisma mengeluarkan darah. Moksa terlarang.
Yuyao (EX-HN-3)
Lokasi: ditengah-tengah lengkung alis mata. Indikasi: penurunan pelupuk mata. Teknik menusuk: menelusuri sepanjang kulit sedalam 0,3-0,5 cun


Titik Tangan

Chize (LU 5)
Lokasi: daerah lipatan siku, sisi radial dari tendon otot biceps. Indikasi: pewarnaan pigmen kulit dan tanda-tanda ketuaan. Teknik menusuk: tegal lurus sedalam 0,3 – 0,5 cun. Dilarang moksa.
Yuji (LU 10)
Lokasi: pertengahan tulang metakarpal bagian radial dan batas perubahan warna telapak tangan. Indikasi: Rosacea, acne. Teknik menusuk: tegak lurus, sedalam 0,5 – 0,7 cun.
Hegu (LI 4)
Lokasi: pertengahan sisi radial tulang metakarpal II dan bagian atas manus (dorsum manus). Indikasi: keriput wajah, rosacea, jerawat dan pigmentasi wajah. Teknik menusuk: tegak lurus, sedalam 0,5 – 0,8 cun.
Quchi (LI 11)
Lokasi: sisi lateral lipatan siku (ujung kerutan lipatan siku) pada saat lengan ditekuk.. Indications: pigmentasi wajah, jerawat, rosacea dan alopecia. Teknik menusuk: tegak lurus, sedalam 0,8 – 1,5 cun.
Neiguan (PC 6)
Lokasi: 2 cun di atas pergelangan tangan, antara tendon M. palmaris longus dan M. fleksor karpiradialis. Indikasi: Dark-looking complexion. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,5-0,9 cun
Waiguan (TE 5),
Lokasi: 2 cun di atas pergelangan tangan, pada sisi radial tendon M ekstensor digitorum komunis. Indikasi: Facial spasm. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,7-0,9 cun


Titik Kaki

Sanyinjiao (SP 6)
Lokasi: 3cun di atas maleolus medialis tepat di tepi posterior tibia. Indikasi: penyakit lambung dan limpa, edema. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,5-0,9 cun. Sebaiknya arah jarum menuju tibia.
Xuehai (SP10)
Lokasi: di sebelah atas dari epikondilus medialis femoralis, kira-kira dua cun cranial dari tepi patella, pada bagian yang menonjol dari M. vastus medialis. Indikasi: dismenor, amenor, eksim. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,7-1,2 cun
Zusanli (ST 36)
Lokasi: 3 cun di bawah Tu Pi, satu jari lateral dari krista tibia. Indikasi: Obesity, pigmentasi atau ketegangan wajah, edema, alergi kulit, alopecia, dan kerutan pada wajah. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,5-1,3 cun
Fenglong (ST 40)
Lokasi: Pada bagian anterior lateral dari tungkai bawah, di tengah-tengah antara Tu Pi dengan Cie Si, lalu ke lateral 2 jari. Indikasi: Obesity. Teknik menusuk: tegak lurus, 0,5-1,3 cun.
Taichong (LR 3),
Lokasi: Distal dari pertemuan tulang-tulang metatarsal I dan II. Indikasi: chloasma . Tegak lurus sedalam 0,5 cun. Awas arteri.
Taysi (Ki 3)
Lokasi: di antara tendon akiles dengan maleolus internus, setinggi bagian prominen (menonjol) dari maleolus internus. Indikasi: insomnia. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3 cun


Titik Kepala

Fengchi (GB 20)
Lokasi: Setinggi Fungfu (TU 16), 1 cun dari batas rambut belakang dalam sebuah lekukan. Pada pertengahan ujung M. sternokleidomastoideus dan M. trapezius. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: tegak lurus ke arah mata sedalam 0,5-0,7 cun.
Baihui (TU 20)
Lokasi: 7 cun dari garis batas rambut posterior dan 5 cun dari garis batas rambut anterior. Indikasi: pusing, vertigo, epilepsi dll. Teknik menusuk: ke belakang sedalam 0,3 cun.
Sishencong (EX-HN-1)
Lokasi: titik ini merupakan empat sekawan, yang terletak 1 cun luar, dalam, muka dan belakang titik Baihui (TU 20). Indikasi: kegelisahan, amnesia ayan, parkinson . Teknik menusuk: miring menuju ke titik Baihui sedalam 0,3-0,5 cun



TERAPI AKUPUNKTUR KECANTIKAN

Artikel ini disarikan dari makalah Short Course Akupunktur Kecantikan oleh Fauzi Isman Akupunkturis, dalam Seminar Kesehatan “Get a better shape with Acupuncture and Yoga” sekaligus Wisuda Siswa/i Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI cabang Palembang Angkatan I pada tanggal 24 Mei 2008 di Aula Gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Akupunktur Kecantikan mencakup :
1. Akupunktur untuk Perawatan Wajah
2. Akupunktur untuk Perawatan Rambut
3. Akupunktur untuk Perawatan Tubuh

Perawatan Wajah
• Untuk membersihkan meridian-meridian dan memperbaiki sirkulasi darah di wajah, dan menunda proses penuaan, pilih titik-titik: Xuehai (SP10) dan Zusanli (ST 36).
• Untuk mengatur qi-hati dan memberi nutrisi kulit wajah pilih titik-titik Meridian Hati: zhangmen (LR13), qimen (LR 14), ganshu (BL 18).
• Titik-titik akupunktur pada wajah diantaranya: Chengjiang (CV 24), Dicang (ST 4), Jiacheng (ST 6), Quanliao (SI 18), Jingming (BL 1), Cuanzhu (BL 2), Yangbai (GB 14), dan Baihui (GV 20).

Akupunktur Rambut
Akupunktur dilakukan pada titik-titik akupunktur yang terdapat di kepala -seperti Baihui (Tu 20) dan Sishencong (extra)- untuk menstimulasi kulit kepala beserta rambutnya, sirkulasi darah akar-akar rambut dan kantung rambut ( follicles). Suplai nutrisi pada rambut dan metabolisme lokal meningkat, yang membantu pertumbuhan rambut, memelihara kilauan dan hitam rambut. Dan juga pada titik-titik yang berhubungan dengan organ Ginjal. Shensu (BL 23) dan Taysi (Ki 3).

Akupunktur Tubuh
Akupunktur tubuh bertujuan mengurangi berat badan, dengan menghilangkan kelebihan timbunan lemak pada tubuh. Akupunktur dilakukan pada aliran perjalanan meridian-meridian yang mengatur fungsi –fungsi Limpa dan Lambung. Tusukan jarum dilakukan pada titik-titik akupunktur Pishu (BL20), Weishu (BL21) dan Zusanli (ST36).

Titik-Titik Akupunktur Yang Digunakan:

Titik Wajah (Lokal)
Sibai (ST 2), Juliao (St 3), Dicang (ST 4), Jiache (ST 6), Xiaguan (ST 7), Quanliao (SI 18), Tinggong (SI 19), Cuanzhu (BL 2), Sizhukong (TE 23), Er¡¯men (TE 21), Tongziliao (GB 1), Tinghui (GB 2), Yangbai (GB 14), Chengjiang (Ren 24), Suliao (Tu 25), Taiyang, Yintang, Yuyao.

Titik Tangan
Chize (LU 5), Yuji (LU 10), Hegu (LI 4), Quchi (LI 11), Neiguan (PC 6), Waiguan (TE 5),

Titik Kaki
Xuehai (SP10), Zusanli (ST 36), Fenglong (ST 40), Taichong (LR 3), Taysi (Ki 3)

Titik Kepala
Fengchi (GB 20), Baihui (TU 20), Sishencong


AKUPUNKTUR KECANTIKAN

Artikel ini disarikan dari makalah Short Course Akupunktur Kecantikan oleh Fauzi Isman Akupunkturis, dalam Seminar Kesehatan “Get a better shape with Acupuncture and Yoga” sekaligus Wisuda Siswa/i Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI cabang Palembang Angkatan I pada tanggal 24 Mei 2008 di Aula Gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Penggemar Akupunktur
“Who wouldn't want to look 10 years younger in just 20 minutes? In America, you can - as long as you don't mind lying in a darkened room with needles protruding from your face, eyes and ears. The rich, the vain and the famous (reportedly Madonna, Gwyneth Paltrow and Cher) are having weekly "acupuncture facelifts" to ward off their wrinkles”. (“A few pointers for a new face”, from Daily Telegraph, 13 Agustus 2004)

Akupunktur Kecantikan
Akupuntur kecantikan (acupuncture facelift) adalah prosedur tanpa-operasi yang membantu meremajakan dan merevitalisasi keseluruhan tubuh serta menunda proses penuaan. Hal ini akan memperbaiki sirkulasi darah dan Qi, memelihara kulit dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengurangi garis-garis halus, keriput dan kulit yang kendor dan kusam.
Akupunktur kecantikan didasarkan pada prinsip-prinsip pengobatan Cina, yang mencakup penusukan jarum disposable yang sangat halus ke dalam titik-titik akupunktur yang terdapat pada wajah dan bagian tubuh lainnya yang diperlukan. Jarum-jarum akupunktur tersebut akan menstimulasi aliran energi dan darah, meningkatkan produksi kolagen kulit, memelihara kulit dan memperkuat organ-organ dalam. Tanda-tanda penuaan dikurangi dan kulit anda di revitalisasi dan diremajakan kembali. Hasil yang diperoleh dengan Akupunktur sebanding dengan bedah plastik dan facial injections.
Akupunktur Kecantikan bukanlah pengganti operasi, ia merupakan alternatif alamiah yang baik sekali. Metode Pengobatan yang murah, aman, tanpa rasa sakit, tanpa efek samping: tidak ada trauma yang ditimbulkan pada tubuh atau perlu dipulihkan.

Bagaimana Akupunktur Kecantikan Bekerja
Dengan menusukkan jarum-jarum halus ke dalam titik-titik akupunktur tertentu, tubuh menstimulasi aliran Qi (energi). Energi ini akan menghilangkan sumbatan-sumbatan di seluruh tubuh untuk memelihara kesehatan dan keremajaan. Gangguan aliran Qi disebabkan oleh factor-faktor fisik, emosi atau chemical stresses pada tubuh. Setiap jarum akupunktur akan memperbaiki sumbatan pada aliran darah dan energi dan menstimulasi sirkulasi dan produksi kolagen secara instan. Hasilnya tubuh, pikiran dan semangat kembali bersinar dan berenergi,
Gunakan meridian-meridian yang perjalanannya berawal dan berakhir pada wajah untuk menstimulasi dan menyeimbangkan energi. Dan pada saat yang bersamaan mengobati faktor-faktor pokok yang berkontribusi terhadap proses penuaan.
Hal ini meliputi penusukan jarum-jarum disposable yang halus ke daerah-daerah khusus pada wajah, telinga, tangan, kaki dan tubuh. Sejalan dengan perbaikan gerakan energi, sejumlah besar energi dan darah bersirkulasi ke wajah, memberikan nutrisi, hydrating, menguatkan dan mengurangi pemunculan keriput. Dan otot-otot juga menjadi relaks dan lentur.

Manfaat Akupunktur Kecantikan
• Menghaluskan keriput di sekitar mata.
• Menghaluskan garis-garis halus dan dalam pada bibir.
• Menghilangkan garis-garis kerdipan di sekitar alis mata.
• Mengangkat alis mata yang turun/jatuh.
• Menghapus kekendoran di bawah mata dan daerah dagu dan leher.
• Mengangkat pipi yang kendor.
• Menebalkan bibir yang tipis.
• Menghaluskan garis-garis senyuman (smile lines) yang dalam.
• Mengurangi penampakan bekas luka, tanda.
• Mengobati jerawat.
• Menghentikan rambut rontok dan menumbuhkan rambut kembali.
• Mengurangi cellulite
• Mengendurkan ketegangan otot.
• Meningkatkan sirkulasi oksigen ke kulit.
• Menutup pori-pori dan membuat mata menjadi terang.
• Memberikan nutrisi bagi kulit.
• Menjadikan kulit kelihatan lebih muda, bersinar dan berseri-seri.
• Melembabkan kulit dari dalam, dan memberikan warna merah pada pipi bagi orang dengan kulit yang tampak kelelahan dan pudar.
• Membantu mengurangi garis-garis kerutan.
• Membantu mengurangi dagu rangkap (double chin)
• Membantu mengencangkan kulit kendur, kelopak mata yang bengkak atau turun.
• Meningkatkan produksi kolagen.
• Memperbaiki ketegangan otot dan kontraksi kulit.
• Memperbaiki keseimbangan hormonal untuk mengurangi jerawat.
• Bahkan warna dan kelembutan wajah.
• Meningkatkan sirkulasi darah, energi dan cairan limpa.
• Mewariskan anda perasaan segar, relaks dan muda kembali.



KURSUS AKUPUNKTUR DI KOTA PALEMBANG

Wong Plembang tidak perlu menunda lagi keinginannya untuk belajar Ilmu Akupunktur, karena sejak setahun yang lalu di bumi Sriwijaya ini telah dibuka Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI cabang Palembang yang menyelenggarakan kursus Akupunktur dengan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan Nasional.
Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI yang berpusat di Jakarta menyelenggarakan Ujian Lokal dan Kompetensi dan telah diakui sebagai lembaga yang banyak menghasilkan akupunkturis tang kompeten dan alumninya tersebar di banyak daerah di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lebih jauh silahkan akses www.yapeptri.com
Buku pegangan yang digunakan adalah “Ilmu Akupunktur” diterbitkan oleh KSMF Akupunktur Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dan buku lainya serta artikel-artikel yang didownload dari berbagai website Akupunktur seperti Acupuncture.Com; AcupunctureToday dan sebagainya.
Fasilitas yang tersedia ruang kelas dan ruang praktek ber-AC, full multimedia, dan internet.
Materi yang dipelajari adalah:
• Teori Yin Yang
• Teori Wu Xing (Pergerakan Lima Unsur)
• Teori Fenomena Organ
• Teori Meridian
• Acupoints (Titik Akupunktur)
• Penyebab Penyakit
• Penggolongan Sindrom
• Delapan Dasar Diagnosa
• Empat Cara Pemeriksaan
• Teknik Penusukan Jarum
• Moksibusi
• Kasus-Kasus Penyakit
• Pengantar Auricular Acupuncture
• Facelift Acupuncture (Akupunktur Kecantikan
• Pengantar electro- acupuncture
• Praktek
Bagi wong Plembang yang berminat dan tertarik belajar Ilmu Akupunktur silahkan datang ke Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI cabang Palembang, Gedung GRAHA CERDAS Lt. 3, Jl. Jend. Sudirman Km. 3,5 No. 3264-5 Depan SMA Negeri 3 Palembang. Phone: 0711-351299; 0711-7832897 atau kunjungi Yapeptri.Com; akupunkturisplg_group@yahoogroups.com; Toesoek Djaroemku.blogspot; e-mail: rakdu21491@yahoo.co.id.

RESEP AKUPUNKTUR UNTUK DIABETES MELITUS (SIAO HE)K

Diabetes Melitus atau Kencing Manis dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) sesuai dengan Siao He. Menurut Pengobatan Cina Tradisional atau TCM, Siao He (Diabetes Mellitus) disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis sehingga terbentuk panas dalam. Ada juga yang diakibatkan oleh emosi yang berlebihan yang menyebabkan Qi “menggumpal” dan membentuk api yang menghanguskan San Ciao, sehingga Cin Yi kering dan terjadilah Siao He.
KLASIFIKASI
Berdasarkan organ yang terkena, Siao He dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
1. Sindrom Sang Ciao (Siao Atas). Sang Ciao dimana Paru-paru sebagai organ utama terkena. Adanya Api berlebihan dalam Paru-paru; atau Sang Ciao terkena Api, Api Jantung membakar Logam Paru-paru.
2. Sindrom Cung Ciao (Siao Tengah). Cung Ciao dimana Limpa sebagai organ utama terkena. Adanya Api berlebihan Limpa; atau panas tersembunyi “memanggang” Lambung.
3. Sindrom Sia Ciao (Siao Bawah). Sia Ciao dimana Ginjal sebagai organ utama terkena. Adanya Yinxu Ginjal atau Api tersembunyi dalam Ciao bawah berkobar.
GEJALA UMUM:
Haus dan suka minum
sering kencing
urine terasa ‘ manis’.
GEJALA SIAO ATAS:
1. Lidah merah dan berbelah-belah.
2. Tenggorokan seperti terbakar.
3. Banyak minum siang-malam tidak berubah.
GEJALA SIAO TENGAH:
1. Banyak makan dan cepat lapar.
2. Otot tetap kurus atau malah dari gemuk menjadi kurus.
3. Mulut kering ingin minum.
4. Buang air besar keras.
5. Banyak kencing.
GEJALA SIAO BAWAH:
1. Kencing terus menerus sampai tak tertahan.
2. Daun telinga kering layu.
3. Muka menghitam.
4. Urine seperti minyak.
5. Gelisah dan mau minum saja.
TATA LAKSANA TERAPI
Menghilangkan panas, memelihara Yin sebagai dasar pengobatan. Pada Sindrom Sang Ciao, mematikan Api Paru-paru, memelihara Cin Yi. Pada Sindrom Cung Ciao, melemahkan Api Lambung, memelihara Yin Limpa. Pada Sindrom Sia Ciao, melemahkan Api Ginjal dan memelihara Air Ginjal.
Titik Utama :
• BL 22 Sanjiaoshu & TE 4 Yangchi untuk menjernihkan keseluruhan San Ciao.
Siao Atas :
• BL 13 Feishu & LU 10 I Ci disedasi untuk menjernihkan Sang Ciao dari Api.
• LU 11 Saoshang disedasi untuk membebaskan seluruh Cang dari Panas.
• Cing Cin I Yi (dua titik istimewa) untuk melancarkan Qi Sie, supaya Cin Yi mudah ditransportasi ke atas (Sang Ciao)
• LU 5 Chize disedasi
Siao Tengah :
• BL 20 Pishu , BL 21 Wei Su dan CV 12 Zhongwan disedasi untuk menjernihkan Limpa Lambung dari Api.
• ST 43 Xiangu disedasi untuk melemahkan panas dalam Yang Ming.
• ST 28 Shuidao disedasi untuk menjernihkan Yang Ming, menghilangkan panas San Ciao.
Siao Bawah :
• BL 23 Shenshu , CV 4 Guanyuan dan KI 5 Sui Cuen ditonifikasi untuk menguatkan Air Ginjal.
• KI 1 Yongquan disedasi
• KI 2 Rangu disedasi untuk melemahkan Api Ginjal.
• KI 7 Fuliu disedasi
• LR 2 Xingjian disedasi untuk melemahkan Api Hati.
Dan Titik Istimewa Pa Su atau disebut juga I Su berkhasiat untuk mempengaruhi kelenjar pankreas. Titik ini dipakai pada seluruh jenis sindrom.
PEMBAHASAN:
Akupunktur berkhasiat untuk penyakit ini. Untuk penderita dewasa, yang bertubuh gemuk hasilnya lebih baik daripada yang bertubuh kurus dan kanak-kanak atau orang tua. Berdasarkan literatur kuno, bilamana minum ‘satu’ kencing ‘dua’ maka penyakit tidak dapat lagi disembuhkan. Selanjutnya dikatakan bahwa penderita Siao He tidak boleh minum alkohol, koitus, makan makanan yang bersifat panas, pedas dan asin. Diet dengan gula dan lemak yang terbatas dianjurkan di samping tidak memakan makanan pedas, asin dan bersifat panas.
(Note: Resep Titik Akupunktur di atas juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita Diabetes –khususnya yang berdomisili di kota Palembang dan sekitarnya- yang tertarik untuk menjalani Pengobatan Akupunktur silahkan datang ke Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI cabang Palembang atau Klinik Akupunktur SERASI, Gedung GRAHA CERDAS Lt. 3, Jl. Jend. Sudirman KM. 3,5 No. 3264-5 Depan SMA Negeri 3 Palembang. Phone: 0711-351299; 0711-7832897.

(Sumber: Tse Ching San dkk, “Ilmu Akupunktur”, Penerbit KSMF Akupunktur Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, 2000)



METODE PENGELUARAN DARAH PADA TITIK-TITIK AKUPUNKTUR

Artikel ini merupakan terjemahan ringkas dari tulisan Skya Abbate, DOM yang berjudul “Bleeding Techniques: Ancient Treatments for Acupuncture Physicians” yang dipublikasikan di “Acupuncture Today August, 2003, Vol.04, Issue 08”.
Metode Pengeluaran Darah termasuk Teknik Pengobatan Cina Kuno. Metode ini merupakan teknik khusus untuk kondisi-kondisi tertentu yang dapat menimbulkan hasil yang efektif dan dramatis bilamana kondisi pasien didiagnosa dengan tepat dan metode pengeluaran darah dilaksanakan dengan mahir.

TUJUAN
1. Menyegarkan kelancaran aliran Qi dan Darah, dengan cara demikian memberikan tenaga baru dan memudahkan alirannya ketika Qi dan Darah perlu disegarkan. Contoh dari senario ini terjadi ketika seorang pasien hadir dengan nadi liat (wiry) dan sedikit perasaan stagnasi yang mengindikasikan stagnasi qi.
2. Menyebarkan qi dan stasis darah (blood stasis), seperti dalam kasus sakit punggung dan spider veins.
3. Dapat mengeluarkan/mengalirkan ekses panas dan api. Termasuk ekses faktor-faktor patogen, seperti serangan angin panas pada Paru-paru yang menimbulkan demam dan sakit tenggorokan yang luar biasa.
4. Dapat menurunkan naiknya Yang, seperti dalam keanekaragaman tekanan darah tinggi yang disebebkan oleh naiknya Yang Hati. (Catatan: tidak semua kasus tekanan darah tinggi memiliki etiologi ini).

Titik-titik akupunktur yang paling lazim dikeluarkan darah adalah titik-titik dengan penusukan dalam pada tempat yang dangkal, seperti titik-titik akupunktur telinga, titik-titik kulit kepala (scalp points) dan titik-titik jing (well).

Titik-titik lain yang dapat dikeluarkan darah adalah titik-titik dengan giat (energetics) memberi kemungkinan untuk dikeluarkan darah (bleeding), seperti BL 40 (weizhong), untuk mengeluarkan panas pada musim panas; titik pada puncak telinga untuk conjunctivitis akut; atau titik-titik lokal untuk penyakit-penyakit seperti luka memar atau pemekaran pembuluh darah (varicosities).

Macam Metode Pengeluaran Darah
1. “Spot-pricking atau metode penusukan sejajar (bersinggungan dengan meridian)”. Melalui gaya ini, suatu titik atau bintik (spot) yang berlainan dikeluarkan darah, seperti sebuah titik jing (well) LI 1 (shangyang) untuk menghilangkan sakit gigi yang disebabkan oleh ekses panas, atau LU 11 (shaosang) untuk mengobati sakit tenggorokan karena ekses panas.
2. “Clumping atau metode penusukan area”. Dengan pendekatan ini, gerakan tusukan peniti (pinprick) dibuat pada skala yang relatif luas, seperti GV 14 (dazhui) untuk menurunkan ekses panas pada Paru-paru, seperti dalam kasus pneumonia.
3. “pinching method (metode cubitan)”. Dengan teknik ini titik yang diobati dicubit/dijepit diantara ibu jari dan jari telunjuk. Tindakan ini mengisolasi titik dan meningkatkan genangan urat darah halus (venous), yang memudahkan pengeluaran darah. BL 2 (zanzhu) adalah titik yang biasa dicubit dan dikeluarkan darah untuk kongesti sinus atau sakit kepala.

KONTRA INDIKASI
• Yang terpenting adalah pengeluaran darah tidak cocok untuk panas (palsu) defisiensi-Yin. Dalam kasus ini pengeluaran darah dapat memperlemah keadaan pasien, seakan-akan panas tidak nyata, tetapi timbul dari defisiensi.
• Secara umum pasien penderita diabetes, penyakit-penyakit pendarahan seperti hemophilia; pasien yang dengan mudah menderita pendarahan (seperti pasien dengan pengencer darah) tidak boleh dikeluarkan darah.
• Kontraindikasi penegeluaran darah juga dilakukan pada pasien yang sangat lemah, anemia, hypotensive atau sedang hamil.

POSISI PENGELUARAN DARAH
• Tergantung pada titik yang diobati.
• Pasien juga dapat dikeluarkan darah dalam posisi duduk untuk pengeluaran darah titik jing (well).
• Posisi berbaring untuk mencubit BL 2.

TATALAKSANA TERAPI PENGELUARAN DARAH
1. Praktisi harus memiliki semua peralatan pengobatan dalam ruang kerja.
2. Cuci tangan dan sebuah tempat yang bersih dibuat dengan handuk kertas (paper towels) atau professional toweling, dimana ditempatkan dry sterile cotton balls, alcohol preps, tight fitting latex gloves dan alat-alat pengeluaran darah pilihan.
3. Disebelah tempat tersebut, an open biohazard “sharps” container; sebuah kotak sampah biohazard, extra latex gloves dan kacamata debu (goggles) dan facemask, untuk kejadian pengeluaran darah berlebihan.
4. Mengenakan sepasang tight-fitting gloves untuk berjaga-jaga terhadap penularan infeksi kuman penyakit yang terkandung dalam darah.
5. Selalu, mengusap titik yang dikeluarkan darah dengan alcohol isopropyl 70% dan membolehkan kering secara alamiah.
6. Alat-alat pengeluaran darah termasuk jarum filiform; a medical lancet; jarum shoni-shin (atau jarum pediatric Jepang); the traditional three-edge needle; jarum plum blossom (tujuh bintang atau jarum cutaneous).
7. Jika menggunakan metode spot-pricking atau pinching , pengeluaran darah yang tidak nyaman sebenarnya dapat dihilangkan melalui penusukan cepat pada tempat yang dangkal yang dikehendaki dengan kedalaman sekitar 0.05-0,1 cun.
8. Dapatkan 1-2 tetes darah (beberapa praktisi mengatakan sampai 10) dengan memeras titik.
9. Serap darah dengan kapas steril dan buang ke dalam kotak sampah biohazard bersama-sama dengan sarung tangan yang sudah digunakan.
10. Jika terdapat banyak darah pada bola kapas yang dapat diremas-remas, harus dibuang ke dalam unit biohazard sharps.
11. Jika alat pengeluaran darah tidak dapat digunakan kembali buanglah segera ke dalam kotak sharps setelah penusukan titik.
12. Tempatkan sebuah band-aid pada hampir semua titik yang dikeluarkan darah (diantaranya titik-titik jing distal) untuk membolehkannya mengobati dan mencegah infeksi.
13. Kemudian cuci tangan anda.

FREKWENSI PENGELUARAN DARAH
• Frekwensi pengeluaran darah tergantung pada kondisi medis pasien.
• Jika pasien memiliki kondisi ekses panas seperti tonsilitis, pengeluaran darah dapat dilakukan sekali sehari sampai symptom reda.
• Jika pasien memiliki kondisi stasis darah, pendarahan dapat dilakukan 1-2 kali per minggu

Tabel Titik-Titik Akupunktur Yang Biasa Digunakan Untuk Pengeluaran Darah

Points Bleeding Method Clinical Conditions
LU 11 (shaoshang) Spot Sore throat of the excess type; exegenous invasions tonsillitis; stuffiness and pain in the chest; asthmatic breathing; stomach ache; frontal shoulder pain
LI 1 (shangyang) Spot Toothache; sore throat; nasal obstruction; seasonal allergies; tinnitus; frontal headache; stomach ache; shoulder pain
HT 9 (shaochong) Spot Febrile diseases; stuffiness and pain in the chest; palpitations; angina pectoris; insomnia; headache; tinnitus; shoulder pain; back pain; heart attack
SI 1 (shaoze) Spot Febrile diseases; breast disorders
BL 2 (zanzhu) Pinch Wihd-heat in the eyes; acute conjunctivitis; sinus pressure and headache
BL 40 (weizhong) Pinch Back pain; acute lumbar sprain; multiple furuncles and swelling; sunstroke; leg pain
BL 67 (zhiyin) Spot Back pain along the Bladder channel
PC 3 (quze) Spot Febrile diseases; acute vomiting
PC 9 (zhongchong) Spot Coma; unconsciousness; stuffiness and pain in the chest; palpitations; angina; insomnia; stomach problems; pain in the liver region
TE 1 (guanchong) Spot Tinnitus; migraines; sore throat; shoulder pain; back pain; pain in the chest and hypochondriac region; hepatic distending pain
LR 1 (dadun) Spot Irritability; red eyes; high blood pressure; Liver (vertex) headaches; genital pain
GV 4 (mingmen) Pinch Lumbago
GV 14 (dazhui) and its huatoujiajis Pinch Lung heat (excess); pneumonia; febrile diseases
Extra Points
Yintang Pinch Headache; cerebral infarction
Taiyang Pinch Headache at the temple area
Ear apex Pinch High blood pressure; acute conjunctivitis; spasms; high fever caused by toxicity, wind, heat, Liver yang rising
Jinjin and yuyue (veins under the tongue) Pinch Pernicious vomiting; morning sickness; aphasia
Shixuan (tips of fingers) Spot Coma; epilepsy; infantile convulsion; convulsions; sunstroke
Sifeng (midpoint of interphalangeal joints of all fingers except thumb) Spot Digestive disorders in children (prick when purple)
Baxie (junction of margin of webs of fingers) Spot Spasm and contracture of fingers (pathologic fluid may come out)
Other
Spider veins Spot On the face, for sinus congestion
Local points Spot As in herpes zoster: for herpes above the waist, use LU 11; for herpes below the waist, use SP 1; sprains on chest wall
Jing (well) points Spot In general for resuscitation; coma; apoplexy; mental disorders; sore throat; toothache; chest fullness. Specifically, see jing points listed above
Luo points for acute local swelling Clumping Swollen ankles, etc.
Hypertension groove on the ear Pinch High blood pressure due to Liver yang rising
Point Combinations
LI 4 (hegu), LI 11 (quchi) Pinch or clump Numbness
ST 36 (zusanli); GV 26 (shuigou); PC 3 (quze); BL 40 (weizhong); PC 6 (neiguan) Clump Hypertension
BL 40 (weizhong); LU 5 (chize); ST 44 (neiting); PC 3 (quze) Spot or pinch Sunstroke; food poisoning; acute gastroenteritis
GB 14 (yangbai); ST 4 (dicing); ST 6 (jiache); SI 18 (quanliao) Clump or pinch Facial paralysis
GV 14 (dazhui); BL 12 (fengmen); BL 15 (xinshu); BL 17 (geshu); BL 20 (pishu) Clump or pinch Relapsing urticaria
GV 2 (yushu); BL 32 (ciliao); BL 25 (dachangshu) Clump Acute hemorrhoids
GV 20 (baihui) and ashi points Clump Press GV 20 and bleed ashi points for stiff neck
LI 11 (quchi); LI 4 (hegu); SP 6 (sanyinjiao); LR 2 (xingxian); ST 44 (neiting) Clump or pinch Eczema
LR 5 (ligou); ST 40 (fenglong); BL 13 (feishu); GV 14 (dazhui) Spot Damp-heat eczema
BL 17 (geshu); BL 20 (pishu); ST 36 (zusanli) Clump or pinch Skin problems due to wind-dryness (blood deficiency)



TITIK ASHE (YES POINT)

Bila seseorang merasakan nyeri pada bagian tertentu dari tubuhnya, misalkan nyeri kepala bagian temporal. Secara naluriah, tanpa disadari, jari-jari tangannya akan memijat-mijat tempat di mana rasa nyeri berada. Dan biasanya rasa nyeri yang dirasakannya berangsur-angsur reda dan menghilang.
Dalam Ilmu Akupunktur tempat keberadaan rasa nyeri itu disebut sebagai Titik Ashe atau “Yes Point”, yaitu titik akupunktur yang ada atas indikasi adanya rasa nyeri tekan dan tidak terletak pada perjalanan Meridian Umum, Meridian Ren dan Meridian Tu.
Titik Ashe merupakan titik yang sangat ces pleng mengatasi persoalan gangguan nyeri, tanpa efek samping. Mencarinya pun mudah dilakukan, hatta oleh mereka yang tidak mengerti akupunktur sekalipun. Cari saja pada lokasi di mana rasa nyeri berada. Di situlah letak Titik Ashe. Cara memanipulasinya pun relatif mudah, cukup ditusuk dengan jarum atau ditekan berulang-ulang dan berirama dengan jari-jari tangan.
Titik lain yang juga efektif untuk gangguan nyeri adalah Titik Lokal, yaitu titik akupunktur yang berada di sekitar daerah sakit. Cuma saja untuk mengetahui lokasi, kegunaan, cara penusukan dan keistimewaan dari titik tersebut setidak-tidaknya mesti ditanyakan pada ahlinya.
Titik Akupunktur adalah suatu daerah tertentu di permukaan tubuh, yang dapat menimbulkan reaksi tertentu apabila mendapat rangsangan. Titik Ashe merupakan salah satu dari tiga jenis titik akupunktur. Titik akupunktur lainnya adalah Titik Umum dan Titik Istimewa. Titik Umum adalah titik akupunktur yang terdapat pada Meridian Umum, Meridian Tu dan Meridian Ren. Sedangkan Titik Istimewa yaitu titik akupunktur yang tidak termasuk dalam jenis di atas, tetapi memiliki nama dan indikasi tertentu.
Jadi kalau kepala –atau bagian tubuh lainnya- terasa nyeri jangan ragu untuk memijatnya. Insya Allah rasa nyerinya hilang.

TITIK AKUPUNKTUR

Semula saya beranggapan setiap titik akupunktur berdiri sendiri dengan diameter sebesar diameter jarum halus yang digunakan untuk menusuknya. Sehingga hanya akupunkturis yang mumpuni dan berpengalaman saja yang bisa menemukannya dan menusuknya dengan tepat dan benar. Ternyata setelah mempelajari Ilmu Akupunktur anggapan tersebut sangat berlebihan.
Titik Akupunktur adalah suatu daerah tertentu di permukaan tubuh, yang dapat menimbulkan reaksi tertentu apabila mendapat rangsangan. Titik Akupunktur merupakan “pintu masuk” ke meridian dan kolateral, yaitu sistem saluran Qi dan Sie (darah) yang tersebar di seluruh tubuh bagaikan membentuk sebuah jala yang teratur dan menghubungkan seluruh bagian tubuh satu dengan yang lainnya. Seperti lubang masuk ke aliran sungai di bawah tanah. Jadi titik akupunktur satu dengan yang lainnya saling berhubungan.
Diameter titik akupunktur berkisar 1 – 2 mm, jauh lebih besar dari pada diameter jarum halus yang menusuknya. Sepanjang ujung jarum berada dalam lingkaran diameter titik akupunktur tertentu -sesuai dengan letak anatomisnya- dengan arah dan kedalaman penusukan sesuai dengan ketentuan serta memahami arah aliran meridiannya. Insya Allah mereka yang baru belajar pun bisa menusuk titik akupunktur tersebut dengan tepat sehingga sensasi tentang kedatangan Qi (Deqi) –biasanya tidak sama antara titik akupunktur yang berbeda- diperoleh. Artinya proses penyembuhan penyakit yang diharapkan berlangsung dengan efektif.
Ciri-ciri Titik Akupunktur
v Diameter titik berkisar antara 1-2 mm
v Memiliki tahanan listrik rendah, dan daya hantar serta kepekaan yang tinggi
v Memiliki daya hantar gelombang suara yang tinggi
v Memiliki suhu yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan daerah sekitarnya
v Memiliki persyarafan dan vaskularisasi yang lebih banyak, bila dibandingkan dengan daerah lain
v Mempunyai hubungan dengan fungsi alat dalam tertentu
v Mempunyai hubungan refleks, seperti cuteneo-visceral refleks, viscero-cutaneo refleks.
Efek Rangsangan Titik Akupunktur
Yoshiaki Omura dalam buku Medical Acupuncture mengemukakan pelbagai efek akibat rangsangan pada titik-titik akupunktur, antara lain:
  1. Pengendalian rasa nyeri
  2. Melemaskan/relaksasi otot yang spastis
  3. Peningkatan mikrosirkulasi lokal dan distal
  4. Peningkatan mikrosirkulasi otak
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Menurunkan konsentrasi lemak darah yang tinggi
  7. Penurunan hipersensitivitas kulit dan selaput lendir terhadap pelbagai faktor
  8. Penyembuhan depresi mental, hiperaktivitas dan anxietas
  9. Perangsangan pelepasan hormon hipophise anterior
  10. Peningkatan faktor imunologis serta daya tahan terhadap bakteri
  11. Perangsangan pemecahan zat lemak (lipolisis) sebagai reaksi sekunder (Reaksi primer adalah penghambatan pelepasan asam lemak bebas kompleks albumin dari jaringan lemak)
  12. Berefek hipnotik

Pengantar "Toesoek Djaroemku"


Akupunktur atau tusuk jarum bukanlah hal baru di negeri kita. Namun baru belakangan ini dikenal luas masyarakat, setelah mengetahui manfaatnya yang mujarab terutama dalam perawatan kecantikan wajah dan slimming.

Melalui blog "TOESOEK DJAROEMKU" ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Akupunktur dan pengobatan Cina tradisional lainnya kepada semua orang yang membutuhkannya. Mengingat manfaat akupunktur yang luar biasa dalam mengatasi persoalan kesehatan masyarakat secara alamiah, tanpa efek samping, relatif murah dan mudah dipelajari.

Berdasarkan pemahaman dan pengalaman berkecimpung dalam pengobatan dan pendidikan akupunktur, saya berkeyakinan akupunktur bisa menjadi pengobatan komplemen yang menyertai pengobatan kedokteran konvensional dalam mengatasi persoalan kesehatan masyarakat di negeri Indonesia yang kita cintai ini.

Dalam konteks inilah blog ini dibuat untuk menyebar luaskan informasi mengenai seluk beluk pengobatan akupunktur dalam bahasa Indonesia yang memang masih minim dan
terbatas.








1 komentar: