TIPS BEBAS PENYAKIT DALAM 10 MENIT (2)

Sebelumnya:  TIPS BEBAS PENYAKIT DALAM 10 MENIT (1)

 
Lokasi Titik ini terletak antara 1 dan 2 tulang metakarpal. Arah pijatan Hegu menekan horisontal ke punggung tangan bukan vertikal ke telapak tangan. Wanita hamil muda jangan menekan Hegu karena dapat merangsang keguguran. Hegu merupakan salah satu titik yang termasuk kedalam meredian Yang ming Usus Besar yang mana dimulai dari ujung jari telunjuk sampai diantara pertemuan tulang metakarpal 1 dan 2, ke atas masuk ke dalam lekukan tendon M ekstensor posisi longus dan brevis, Berjalan Terus Sisi Radial Lengan Bawah Sampai Di Lateral Sudut Lipat Siku, Berjalan Lagi Menyususri Tepi Lateral Lengan Atas Menuju Bahu Lalu Berjalan Ke Belakang Berjumpa Denga Meridia-Meridian Yang Di Titik Ta Cui (Gv 14) Kembali Lagi Ke Daerah Supraklafikuler Menembus Ke Dalam Berhubungan Dengan Paru-Paru Dan Menembus Diafragma Tiba Pada Usus Besar. Disamping itu, Hegu adalah titik yang sangat umum digunakan, karena memiliki banyak manfaat dan merupakan salah satu titik yang masuk dalam 12 titik Heavelny star karena memiliki banyak manfaat. titik hegu ini berguna untuk setiap kondisi yang berhubungan dengan wajah dan kepala. Ini juga berguna untuk kondisi angin-Panas (flu). Hegu LI 4 dikenal sebagai titik nyeri di tubuh. Di mana saja ada rasa sakit, gunakan LI 4. Hegu mempunyai sifat: mengeluarkan panas luar, mengusir angin, membersihkan chi paru-paru, melancarkan chi usus besar dan lambung. Sebaiknya titik Hegu untuk tusuk jarum tidak digunakan kepada wanita yang sedang hamil jika dalam metode BU (tonifikasi) sedangkan dalam metode Shi (sedasi) Boleh dan di perkenankan . 5. Yang Si
Titik ini bermanfaat dalam therapi tangan linu, kaku, rematik dan nyeri pergelangan tangan. 6. Ci Ce (Quichi) Titik ke sebelas dari meridian Usus besar ini bersifat menghilangkan panas, melancarkan persendian, menghilangkan angin dan lembab, mengatur peredaran energi vital. Lokasi diujung luar lipat siku. Berhasiat dalam mengatasi demam, bengkak tenggorokan, muntaber, amandel, tangan tak bertenaga, penyakit kulit, tremor (tangan bergetar tak terkontrol, tangan lumpuh paska stroke.
7. Ci Ku (jugu) Titik ke 16 dari meridian usus besar ini berlokasi pertemuan tulang selangka (os Claviculae) dan ujung tulang belikat (os Scapulae) dekat ujung pundak.
Titik ini bermanfaat dalam therapi lumpuh separoh badan, lengan lemas, kaku, rematik, lengan tidak bisa diangkat, pusing kepala sebelah (migren) leher kaku, radang syaraf pundak, radang selaput di muka tempurung lutut (bursitis) pundak kaku kapsulitis. 8. fu Tu (LI 18)
Titik ke 18 dari meridian Usus Besar (LI 18) ini bermanfaat dalam penanganan gondok, amandel, kepala, nyeri pinggul, panggul, arthritis, sciatica ( nyeri syaraf sepanjang syaraf sciatik yang menyebar ke bokong dan tungkai bawah). 9. Ho Liao (LI 19) dan Ying Siang (LI 20) Ho Liao terletak teapat di bawah cuping hidung. Bermanfaat dalam penanganan Pilek, hidung tersumbat, alergi, mimisan, amandel, pusing, tidak bisa mencium bau.
Titik ke 20 dari Meridian Usus Besar ini terletak disamping bawah cuping hidung. Bersifat melancarkan pernafasan, menghilangkan gangguan karena angin. Khasiat untuk menangani problema mimisan, pilek, keluar ingus, hidung tersumbat, mulut miring, gangguan penciuman, lumpuh muka, sariawan dan amandel. Dengan menggunakan alat akupuntur hasil inovasi teknologi tinggi yang tanpa ditusuk yang disebut alat "sentuh sembuh" kita dapat menangani berbagai penyakit atau gangguan itu dengan mudah. Anda dapat memperoleh alat "sentuh sembuh' yang asli melalui kami. Awas barang tiruan. 


PARU, GANGGUAN KESEHATAN DAN LUNG MERIDIAN


Lung meridian atau meridian paru, secara umum terkait dengan gangguan dan penyakit paru-paru (Lung, Pulmo), tenggorokan (trachea) dan dada (thorac). Meridian ini tersebar dari intercosta (antar tulang rusuk) hingga palang (ruas ibu jari)menelusuri dibawa selangka, lengan atas , lengan bawa, carpal, metacarpal.




Ada beberapa istilah yang biasa ditemukan untuk menunjukan Meridian Paru diantaranya : Shou Tai Yin Fei Jing, Meridian Thay Yin Tangan Paru-Paru, Merodian Paru-paru dari Tangan Taiyin, Meridian of Hand Taiyin dan Lung Meridian (LU). Lung Meridian inilah yang digunakan untuk istilah internasional.

Gangguan atau Penyakit pada Meridian Thay Yin Tangan Paru-Paru meliputi :
1. Gangguan pada meridian :
Demam. tidak berkeringat atau berkeringat, pilek, nyeri kepala, nyeri pada daerah dada bagian atas atau seluruh dada, nyeri punggung bagian atas, anggota badan bagian atas terasa nyeri dan dingin.

2. Gangguan Pada Organ Dalam
Batuk, batuk mengeluarkan dahak, asthma, nafas pendek, dada terasa penuh dan sesak, mengeluarkan banyak dahak, tenggorokan kering, warna air seni tidak normal, gelisah, telapak tangan terasa panas, kada-kadang perut terasa kembung, diare atau kotoran tidak terbentuk.

Salah satu titik akupuntur di meredian paru adalah Titik Shaoshang.

Shaoshang merupakan titik ke 11 (LU 11) pada meridian Paru. Sifat titik Shaoshang adalah melancarkan energi meridian, membersihkan paru-paru dan melancarkan tenggorokan. Khasiat ttitik shaoshang adalah dalam penanganan amandel, pembengkakan tenggorokan, mimisan, astma, kejang jari-jari tangan, ayan, demam, pingsan, sakit leher, ibu jari linu, radang gusi, sariawan, tangan-tangan mati rasa.

Beberapa titik akupungkut beserta manfaatnya pada meridian paru (lung meridian) dapat diuraikan sebagai berikut.




1. Cung Fu (LU 1)

Sifat menjernihkan rongga dada dan mengatur energi paru-paru. Berkhasiat dalam penyembuhan Nyeri dada, TBC, Bronchitis, alergi, asthma, batuk, pilek, masuk angin, sesak nafas. Untuk ganggauan/penyakit karena infeksi (infeksius), maka dikombinasikan dengan fitofarmaka/nutrisi dari kami yang bermanfaat mengatasi infeksi tersebut. Sebagai misal untuk TBC, maka sangat perlu ditambah fitofarmaka yang berperan memerangi kuman TBC (Micobacterium tuberculorum).

2. Yun Men (LU 2)

Bermanfaat dalam penanganan sesak nafas, batuk, astma, masuk angin, gigi, lengan kejang, lengan tidak bisa diangkat.

3. Tien Fu (LU 3)

Untuk mengatasi gangguan kesehatan berkaitan dengan Radang amandel, tenggorokan bengkak, sembelit, mual, ambein , usus besar.

4. Sie Pai (LU 4)

Untuk ambeien, alergi, sakit kepala, gigi

5. Ce Ce (LU 5)

Bersifat menghilangkan panas dari paru-paru ( clear lung heat) menormalkan energi yang tidak teratur, menjernihkan ruang rongga atas. Berkhasiat dalam penanganan TBC, batuk darah, gatal-gatal, alergi, panas, kejang otot siku, migren, mata, tuli, astma, radang tenggorokan (sore throat).




6. Kung Cui (LU 6)

Titik ini menormalkan paru-paru sebagai organ pernafasan (respiratoria), menghentikan pendarahan, menghilangkan panas luar. Bermanfaat di dalam penanganan Batuk darah, influanza, sesak nafas, batuk batuk, radang amandel, radang tenggorokan, pundak nyeri, lengan kaku, sakit lengan dan siku, usus besar, perut bunyi, sakit ayan, nyeri lambung, radang usus akut.

7. Lie Cie (LU 7)

Memiliki sifat melancarkan energi, membersihkan paru-paru, mengusir angin. Berkhasiat dalam penyembuhan penyakit dada, asthma, pilek, batuk, migren, demam, tangan dingin, pergelangan tangan lemah atau sakit, telapak tangan panas dan nyeri, bulu kuduk, kencing sedikit, bengkak, nyeri dan bengkak tenggorokan, colitis (radang usus besar/colon).

8. Cing Ci (LU 8)

Untuk menangani masalah batuik, demam, pusing, tenggorokan, tengkuk, bronchitis, telapak tangan panas dan nyeri.

9. Tai Yen (LU 9)



Bersifat mengusir angin, menghilangkan dahak, mengatur paru-paru, menghentikan batuk. Memiliki manfaat di dalam penyembuhan tenggorokan kering, batuk darah, bronkhitis, sesak nafas, bengkak dada, sakit lengan bagian dalam, sakit jantung, telapak tangan panas dan nyeri, tengkuk dan pusing.

10. I Ci (LU 10)

Titik ini bersifat menormalkan paru-paru dan lambung, melancarkan tenggorokan, menurunkan panas.bermanfaat dalam mengatasi kejang, lengan atas kejang, batuk darah, batuk, bronchitis, radang amandel, sakit dada dan pinggang, demam disertai , demama
tinggi, rasa panas pada telapak tangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar