BL-15 (Xin Shu/Titik Shu Jantung)





Keistimewaan : titik shu belakang jantung.
Lokasi : 1.5 cun dari sisi luar meridian GV, setinggi batas bawah TH-5
Cara menusuk : Miring sedalam 0.5-1 cun. Dilarang penusukan tegak lurus karena dapat menyebabkan pneumothorax.
Aksi :
  • Menguatkan dan menutrisi jantung.
  • Mengatur qi  jantung.
  • Menenangkan jiwa
  • Melonggarkan dada dan menghentikan darah statis.
  • Membersihkan api jantung.
Indikasi :
  • Nyeri jantung, tekanan di dada dan gelisah, nyeri dada meluas ke pungggung, rasa khawatir dan menekan di dada dengan tidak mampu mengambil nafas, palpitasi, debar jantung ketakutan, nadi tidak teratur, defisiensi qi jantung anak-anak.
  • Ingatan lemah, cemas menangis dalam kesedihan, ketakutan dan waspada dengan defisiensi jantung, insomnia, mimpi berlebihan, disorientasi, perkembangan berbicara terlambat, depresi mania, epilepsi, demensia, berjalan marah, mani emisi.
  • Batuk, batuk berdarah, muntah, muntah darah, gangguan perut, susah mencerna, keringat malam, bibir merah bergabung keringat.
  • Kurang kekuatan pada akar lidah, lakrimasi,nyerimata, windstroke, hemiplegia, sakit kuning, mimisan, cairan tubuh putih keruh.
Pengobatan :
  • Disorientasi  jantung : BL-15 xinshu,SJ-10 tianjing, CV-14 juque.
  • Epilepsi : BL-15 xinshu, PC-6 neiguan, SI-3 houxi, HT-7 shenmen, SP-1 yinbai.
  • Demensia : BL-15 xinshu, HT-7 shenmen, LU-11 shaoshang, KI-1 yongquan.
  • Batuk dan ludah darah : BL-15 xinshu, BL-18 ganshu, ST-12 queben, CV-14 juque, CV-15 jiuwei
Penjelasan :
BL-15 adalah titik shu belakang jantung, di mana qi jantung muncul dari dalam tubuh ke permukaan tubuh dan sama seperti semua titik shu belakang lainnya (khususnya organ zang), BL-15 memiliki aksi kuat dalam mengatu darn menguatkan organ zangfu di level terdalam. Ini adalah sama menguatkan defisiensi (Jantung adalah unik di antara organ zangfu yang sering mengalami semua 4 tipe defisiensi utama : darah, yin, qi dan yang), dan untuk mengatai faktor patogen ekses seperti darah statis, api jantung dan gangguan oleh reak.
Menurut Essential Questions :"Jantung adalah raja dari jiwa yang memancar" dan "jantung menyimpan jiwa". Sejak penyimpanan adalah fungsi dari Yin, ini terutama darah  dan yin memiliki fungsi menutrisi jantung dan memelihara bahan dasar jantung untuk rumah jiwa. Defisiensi yin dan darah jantung dapat berasal dari penyebab fisik seperti kehilangan darah, penyakit kronis, dan kerja berlebihan atau masalah emosi. Fei Bo Xiang berkata :"Tujuh macam emosi melukai lima organ yin selekif tetapi semuanya merusak jantung." Menurut Essential Questions ,"Jantung menyimpan jiwa... Saat jiwa tidak cukup nutrisi, terdapat kesedihan." Saat darah jantung atau yin jantung kurang, jiwa malnutrisi dan tidak berakar, jiwa terlepas keharmonian dan menjadi gelisah dan tidak tenang, menyebabkan gejala seperti gelisah, ingatan lemah, insomnia, takut, mimpi berlebihan, dan menangis bersedih. Menurut Essential Readings From The Medical Tradition ,"Apa yang disimpan di dalam jantung adalah luar, di luar terpancar sebagai keringat; keringat adalah cairan jantung. BL-15 juga berindikasi untuk keringat malam karena defisiensi darah jantung atau yin  jantung, dan karenanya cocok untuk mengobati penyakit seperti mimpi ekses, atau berjalan gelisah bergabung keringat. 
Jantung mengontrol nadi, dan saat qi jantung kurang dan tidak bisa mengatur darah terdapat debar jantung atau nadi tidak teratur, khususnya jika darah jantung juga kurang. Dalam kasus yang terakhir, palpitasi lebih seperti bergabung dengan gelisah, berbeda dengan palpitasi disebabkan murni oleh defisiensi qi yang biasanya tidak berkaitan dengan masalah emosi. Sebenarnya, palpitasi dapat bergabung dengan bentuk disharmoni jantung lainnya, baik ekses atau defisiensi, dalam dalam semua kasus tersebut, titik BL-15 dipilih. 
Petunjuk hubungan antara jantung, darah, dan pembuluh darah tertulis berlimpah dalam kesusastraan, Essential Questions berkata :"Jantung menguasai pembuluh darah seluruh tubuh", dan "Jantung menyimpan qi di pembuluh darah." Menurut Classic of Categories, "Pembuluh darah adalah bagian dari jalnnya qi darah, pergerakan pembuluh darah tergantung dari qi", sementara Spritual Pivot berkata :"Saat qi dari meridian tangan shaoyin habis, pembuluh darah tidak terbuka, sehingga darah tidak mengalir; saat darah tidak mengalir dalam sirkulasi, darah akan berhenti dan mati." Pernyataan di atas menegaskan hubungan dekat antara sirkulasi darah dan qi serta Yang jantung. Secara klinis, hubungan ini sangat jelas terwujud di area dada. Saat Yang jantung kurang, dan tidak dapat mengedarkan darah di dada dan jantung, berakibat darah jantung statis sehingga menimbulkan nyeri dan tekanan. Dalam praktek klinis, bentuk penyakit ini sering komplikasi dengan defisiensi qi, darah atau yin, atau stagnasi qi/reak. Apapun bentuknya, BL-15 adalah titik utama.
Aksi BL-15 dalam mengobati darah statis tercermin dalam kemampuannya mengobati bentuk defisiensi dan ekses jantung dengan efek yang sama. Menurut Number of Clasiccs, BL-15 adalah titik penting untuk membersihkan panas ekses/defisiensi dari jantung. Efek pembersihan panas BL-15 menjangkau pengobatan perdarahan dan saat api jantung melukai pembuluh darah paru atau lambung, terjadi batuk atau muntah berdarah. Penjelasan berbeda gejala-gejala ini disarakankan oleh Investigation Into Points Along the Channels yang menyatakan BL-15 berindikasi untuk darah jantung yang tidak mampu masuk ke liver; di ciao atas, terjadi pergerakan liar, dan di ciao bawah terdapat darah di tinja.
Aksi pembersihkan panas BL-15 ditemukan pernyataan yang paling penting dalam pengobatan tipe ekses gangguan psiko-emosional. Saat api jantung mengamuk di luar kendali, api jantung mengacaukan dan merangsang jiwa menimbulkan gejala seperti insomnia parah dan mimpi berlebihan. Saat api jantung bergabung dengan reak dan menghambat pintu gerbang jantung, terdapat gangguan jiwa parah seperti epilepsi, demensia, berjalan marah dan depresi-mania. 
Aksi pembersihkan panas dari BL-15 meluas di luar jantung sendiri, dan di buku The Illustrated SUpplement for the Classic of Categories menyatakan bahwa BL-15 adalah satu dari lima titik (BL-13 feishu, BL-15 xinshu, BL-18 ganshu, BL-20 pishu dan BL-23 shenshu) yang membersihkan panas dari lima organ zang.
Mani emisi dapat muncul dalam sejumlah bentuk pola penyakit berbeda dan  secara luas dibedakan menjadi mani emisi bergabung dengan mimpi dan manis emisi tanpa mimpi. Mani emisi dengan mimpi dapat terjadi karena api jantung, defisiensi jantung dan limpa, defisiensi jantung dan ginja, api bawahan, atau panas lembab. Bahkan kasus dimana jantung tidak tercakup, namun, jika mani emisi dengan mimpi erotis, BL-15 digunakan. Terakhir, sama dengan titik shu belakan organ yin lainnya, BL-15 mampu mengobati jaringan dan alat indera berkaitan dengan organ zang yang bersangkutan. Lidah adalah jantung yang "tumbuh keluar" dan BL-15 digunakan untuk perkembangan bicara yang lambat pada anak-anak dan akar lidah yang kurang tenaga. BL-15 juga berindikasi untuk lakrimasi dan nyeri mata. Namun, indikasi ini lebih mencerminkan gangguan meridian jantung daripada organ jantung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar