Titik Extra Kepala

 
Pijat Mencerdaskan Otak & Daya Ingat

Pai Hu (ratusan pertemuan, GV 20). Letaknya di atas ubun-ubun kepala atau lima jari jempol dari batas garis rambut depan. Manfaatnya, mengalirkan darah ke otak untuk memenuhi jumlah darah yang mengalir dari jantung ke otak, sehingga daya pikir lebih maksimal.


Ada juga titik Yin Tang (Ekstra 1) yang terletak pada batang hidung, antara pertengahan jarak ujung alis mata. “Titik ini cukup istimewa. Ia bermanfaat meningkatkan daya konsentrasi. Titik Yin Tang juga sering dipergunakan untuk keluhan sakit kepala, hidung, dan kejang-kejang,” kata Ferry.
Lalu titik Tay Yang (Ekstra 2). Titik ini berada dalam lengkungan yang didapat pada perpotongan garis perpanjangan lengkung alis mata dan garis mendatar dari sudut mata. Manfaatnya, melancarkan peredaran darah dari kepala ke otak.


Selain itu, titik Yung Cuen (sumber air bergelembung, Ki 1). Lokasinya pada 2/3 dan 1/3 telapak kaki. Titik ini awal dari meridian ginjal membentuk sumsum tulang untuk kebutuhan otak (lautan sumsum tulang) yang mempengaruhi kecerdasan, daya ingat, dan mengaktifkan semangat dalam bidang mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar