BL-62 (Shen Mai/Extending Vessel/Meridian Melebar) PDF Print E-mail

Lokasi : Daerah lekukan langsung di bawah batas mata kaki luar.
Cara menusuk : Tegak lurus sedalam 0.3 - 0.5 cun.
Keistimewaan :
  • Titik meridian istimewa yangciao
  • Titik setan Sun Si Miao
Aksi :
  • Mengusir angin dalam dan angin luar
  • Bermanfaat untuk kepala dan mata
  • Membuka dan mengatur meridian yangciao
  • Mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Demam menggigil, tidak suka angin dengan keringat spontan dan sakit kepala.
  • Angin pusing, angin kepala, sakit kepala, sakit kepala lateral dan tengah, angin kepala guntur, opisthotonos, mata menatap ke atas, mulut kejang, epilepsi, windstroke tidak bisa berbicara &hemiplegia; mulut, mata dan muka miring; qi berlawanan arah.
  • Mata merah, sakit mata yang berasal di inner canthus, mimisan, tuli, tinnitus.
  • Mania depresi, palpitasi, insomnia, jantung ketakutan.
  • Tengkuk kaku, Punggung kaku dan susah direntangkan, obstruksi nyeri dingin di area lumbar dan panggul; kaki dan pinggang nyeri; lutut susah ditekuk dan direntangkan; lateral malleolus  bengkak dan merah; straw shoe wind (tungkai kaki merah, nyeri dan bengkak).
  • Nyeri qi xue (wanita), dada penuh, leher dan ketiak bengkak.
Pengobatan :
  • Epilepsi malam hari : BL-62 shenmai dan KI-6 zhaohai (moksa).
  • Angin kepala dan sakit kepala : BL-62 shenmai dan BL-63 jinmen.
  • Angin kepala, pandangan pusing, tengkuk kaku : BL-62 shenmai, LI-10 shousanli, BL-63 jinmen.
  • Ketiak bengkak : BL-62 shenmai, GB-42 diwuhui, BL-39 weiyang, GB-38 yangfu, PC-1 tianchi, GB-41 toulinqi.
  • Sumsum tulang nyeri dan dingin : BL-62 shenmai, BL-11 dazhu, GB-39 xuanzhong, BL-23 shenshu, ST-45 lidui, KI-7 fului.
Penjelasan :
Dalam Ode of Obstructed River, penggunaan BL-62 disebut sebagai salah satu dari "delapan metode terapi". Dalam deskripsi ini penerapan delapan titik meridian istimewa mempengaruhi gejala spesifik dan area tubuh tertentu, BL-62 berindikasi untuk "mengusir dingin dan panas serta mengobati sakit migrain dan angin kepala...."
BL-62 adalah titik taiyang meridian kandung kemih dan titik induk meridian istimewa Yangciao , sehingga memiliki nama lain "Yang Qiao". Meridian kandung kemih mengalir dari kepala dan seluruh badang belakang, area tubuh Yang. Meridian kandung kemih berhubungan dengan meridian GV di DU-13 taodao, DU-14 dazhui, DU-17 naohu, DU-20 baihui, yang kemudian masuk ke otak. Meridian Yang qiao melintasi daerah sisi tubuh dan kepala, berhubungan dengan meridian kandung empedu di GB-20 fengchi dan masuk ke otak di DU-16 fengfu. Lebih jauh, meridian divergen kandung kemih masuk ke jantung. Jalur jaringan meridian membantu menjelaskan aksi utama dan indikasi dari titik ini.
Angin adalah faktor patogen Yang, ditandai dengan serangan tiba-tiba, cepat berubah, pergerakan konstan atau abnormal dan cenderung menyerang kepala serta tubuh bagian atas dan luar. Meridian taiyang adalah meridian terluar dari enam meridian dan umumnya pertama kali yang diserang oleh PPL angin. BL-62 khususnya berindikasi untuk bentuk umum serangan PPL angin (biasanya bergabung dengan panas atau dingin) dengan demam menggigil,tidak suka angin, leher kaku dan sakit kepala. Angin dingin, sebaliknya, muncul dari ketidakhamornisan interior, terutama hati. Angin dingin menyerang naik, mengganggu otak dan menimbulkan gejala seperti kejang mulut, opisthotonus, mata menatap ke atas, mulut dan mata miring, windstroke dan hemiplegia. Kemampuan BL-62 untuk menghilangkan angin dalam dan mengobati manifestasi refleksi dari sifat Yang ekstrim dari titik ini dan meridian ini ke kepala dan otak, daripada tindakan apapun di organ hati. Dengan kata lain, BL-62 mengobati manifestasi angin daripada akarnya.
BL-62 titik istimewa meridian Yangciao terkenal mengobati epilepsi di siang hari, sebaliknya KI-6 zhaohai (titik istimewa meriidan yinciao) secara terkenal untuk mengobati epilepsi malam hari. Epilepsi terutama mencakup 3 faktor, yaitu angin bergejolak, kekacauan jantung dan otak, serta reak. Fakta bahwa meridian utama kandung kemih masuk ke jantung dan meridian divergen kandung kemih berhubungan dengan jantung, digabungkan dengan kemampuan BL-62 untuk menghilangkan angin, menjelaskan efek khusus terhadap epilepsi. Nama lain BL-62m Guilu (jalan setan), BL-62 termasuk dalam 13 titik setan yang dikemukakan oleh Sun Si Miao untuk mengobati epilepsi dan mania. BL-62 lebih jauh berindikasi untuk gangguan jantung dan jiwa seperti palpitasi, insomnia dan depresi mania.
Spiritual Pivot berkata :"Saat meridian taiyang (kandung kemih) masuk ke otak, dibagi menjadi yinciao dan yangciao. Ini adalah tempat di man yin dan yang bertemu, Yang masuk ke Yin dan Yin bergerak keluar ke Yang, bertemu di sudut dalam mata. Saat Yang penuh, mata akan terbuka lebar; saat Yin penuh, mata akan tertutup rapat."Dan "Saat wei qi tidak masuk ke yin, wei qi akan tetap kembali ke Yang. Saat weiqi kembali ke Yang, Yang qi akan penuh, meridian Yangciao akan penuh. Saat weiqi tidak masuk ke Yin, yin qi menjadi defisien dan mata tidak akan menutup." Kutipan ini menjelaskan lebih jauh tentang kemampuan BL-62 mengobati insomnia.
BL-62 berbagi dengan titik meridian kandung kemih lain memiliiki kemampuan membersihkan panas ddan ekses dari kepala, baik karena PPL, api ekses, naiknya Yang atau angin ribut. BL-62 berindikasi untuk angin kepala dan sakit kepala yang mempengaruhi meridian di tengah (meridian BL), dan lateral (meridian Yangciao); pusing, mimisan, tuli dan tinnitus, dan khususnya gangguan mata, sebagaimana meridian BL dan meridian Yangciao berhubungan dengan inner canthus.
BL-62 dapat ditusuk untuk berbagai gangguan kesehatan lain yang berpengaruh terhadap meridian kandung kemih dan Yangciao. Contoh : nyeri area lumbar (meridian BL) dan pinggul (meridian yangciao)>
Terakhir, BL-62 berindikasi untuk ketiak dan leher bengkak. Indikasi ini dapat dijelaskan oleh jalannya meridian otot kandung kemih yang naik ke ketiak dan muncul di supraclavicular fossa dan melintasi leher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar