TERAPI AKUPUNKTUR PADA VERTIGO
Vertigo  adalah suatu gejala, vertigo adalah sensasi berputar karena adanya gangguan system keseimbangan. Vertigo berbeda dengan pusing, vertigo lebih menunjukan gejala ilusi gerakan. Apabila penderita merasakan kalau penderita itu bergerak, itu yang dinamakan vertigo subjektif. Sedangkan apabila penderita merasakan lingkungan yang bergerak, hal ini dinamakan vertigo objektif. Vertigo disebabka gangguan pada vestibular perifer maupun vestibular pusat. Yang termasuk gangguan sitem vestibular perifer yaitu Benign Proxymal Positional vertigo (BPPV). Gangguan  vestibular sentral dapat menyebabkan vertigo adalah : gangguan kardiovasikuler(bradikardi,takikardi), gangguan sisyem syaraf pusat(stroke), trauma kepala, migraine, multiple sklerosis, hipotensi ortostatik, acoustic neuroma.
Banyak pengobatan yang dapat dilakukan dalam penyembuhan penyakit vertigo. Akupunktur adalah salah satu pengobatan terapi yang dapat dilakukan untuk penyembuhan vertigo. Di dalam terapi yang dilakukan pada akupunktur, tak luput dari cara pandang macam- macam dan penyebabnya. Ada beberapa macam-macam dan penyebab vertigo, antara lain :
1)      Vestibular neuroritis, yaitu kondisi yang terjadi karena inflamasi N.vestibulasir dan sebagian besar karena infeksi virus. Titik akupunktur yang digunakan dalam terapi yaitu HN 5 (Taiyang), GB 20 (Fengchi) dan GB 8 (Shuaigu) ketiganya bilateral. Posisi pasien duduk. Lama terapi 40 menit setiap hari selama 6 hari.
2)      Meniere’s syndrom, yaitu karakteristik vertigo paroximal, naucea, vomiting, tinnitus, deafness progresif, rasa penuh dalam telinga. Titik yang digunakan sama HN 5 (Taiyang), GB 20 (Fengchi) dan GB 8 (Shuaigu) ketiganya bilateral. Posisi pasien duduk. Lama terapi 40 menit setiap hari selama 6 hari.
3)      Sindroma Kompresi A.vertebralis, disebabkan oleh penekanan A vertebralis oleh pertumbuhan tulang pada level cervical 6, terutama terjadi pada posisi ekstensi 30 – 50 derajat. Rasa nyeri sampai orbita, kelainan visus, tinitus, nyeri kepala dan vertigo bertambah dengan gerakan kepala. Palpasi terasa kejang pada daerah GB 20 dan X-Ray tampak penyempitan multiple cervical disertai klasifiikasi ligamentum nuchea. Titik akupunktur yang digunakan GB 20 (Fengchi), GV 16 (Fengfu), HN 5 (Taiyang), GB 8 (Shuaigu) semuanya bilateral. Posisi pasien duduk. Lama terapi 40 menit setiap hari selama 6 hari.
4)      Cervical Spondylosis dengan gangguan simpatis, disebabkan oleh strain, trauma, degenerasi dan hiperplasia serabut saraf simpatis. Vertigo sebagai manifestasi klinis utama, rasa berat kepala, sering migrain, nyeri cervical dan occipital. Photopobia, ptosis, lakrinasi, palpitasi, tinnitus dan insomnia. Titik akupunktur yang digunakan adalah GB 20 (Fengchi) bilateral. HN 15 (Jingbailao) bilateral dan Xueyadian (ditengah antara c6 dan c7). Posisi pasien duduk. Lama terapi 40 menit setiap hari selama 10 hari.
Dari semua bentuk vertigo, pemilihan titik pada akupunktur utama adalah GB 20 (Fengchi), karena letak titik inipaling dekat dengan organocorti. Titik fengchi terletak regio anterior leher, inferior os occipitalis, pada lekukan antara origo M.sternocleidomastoideus dan M.trapezius.
Berdasarkan penelitian/ pengalaman pemberian hasil kesembuhan yang cukup tinggi dalam akupunktur adalah penggunaan titik GB 20 pada terpi vertigo berguna untuk memperbaiki aliran darah yang menuju ke arah organ vestibular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar