Disini Limpa gambar dan keteranganya

 

Limpa




(c) decade3d Fotolia.comDEFINISI DAN FUNGSI

Limpa adalah organ dalam perut yang terletak pada perut bagian kiri atas. Limpa manusia berwarna merah kecoklatan. Organ limpa dapat diingat dengan rumus “1x3x5x7x9x11”, yakni berukuran 1 x 3 x 5 inci (1 inci= 2,54 cm) , memiliki berat 7 oz (200 gram), dan terletak di antara sela iga kiri ke 9 dan 11.
Meskipun terletak di dalam rongga perut, limpa tidak berperan pada sistem perncernaan makanan. Limpa adalah organ tubuh yang berfungsi menjalankan fungsi peredaran darah dan sistem pertahanan tubuh. Fungsi limpa adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat cadangan darah. Limpa mampu membendung darah sehingga saat tubuh mengalami perdarahan berat, limpa akan menyuplaikan darah tersebut;
  2. Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua;
  3. Mengatur siklus zat besi yang merupakan komponen sel darah merah;
  4. Tempat penyimpanan sel monosit yakni komponen sel darah putih yang berfungsi penting dalam melawan kuman, bakteri, dan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Operasi pengangkatan limpa atau hilangnya fungsi limpa akibat suatu hal tidak akan mengancam nyawa seseorang. Limpa bukan organ vital untuk kelangsungan kehidupan. Namun peneliti pernah mengamati dampak hilangnya fungsi limpa pada seseorang sebagai berikut:

  1. Terjadi peningkatan jumlah sel darah putih dan keping sel darah akibat hilangnya fungsi penyimpanan darah limpa;
  2. Terjadi peningkatan kerentanan terhadap infeksi;
  3. Tidak responnya beberapa jenis vaksin.


PENYAKIT

Beberapa penyakit dan kelainan yang dapat mengenai limpa antara lain:

  1. Splenomegali adalah kondisi kelainan pada limpa yang cukup sering ditemui. Splenomegali ialah kondisi dimana limpa berukuran lebih besar dari ukuran normal hingga dapat diraba dari permukaan perut. Banyak penyakit pada limpa yang dapat menyebabkan pembesaran limpa, seperti tumor, sumbatan saluran empedu, kanker dalam perut, dan sebagainya;
  2. Tumor;
  3. Trauma, seperti kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan limpa tergeser dari posisinya semula atau mengalami perlukaan.


PROTEKSI

Posisi limpa dalam rongga perut sebenarnya sudah cukup baik dan strategis. Letaknya dilindungi oleh tulang rusuk. Limpa juga jarang mengalami infeksi atau penyakit. Tidak ada makanan atau zat khusus untuk menjaga kesehatan organ limpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar