Pengenalan Ilmu Akupunktur, oleh Oei Gin Djing

AKUPUNKTUR TELAH MENJADI TREN TERAPI ALAMIAH YANG POPULER DAN DICARI BANYAK ORANG, DIKARENAKAN BERBAGAI KELEBIHAN YANG DIMILKINYA
Apakah yang dimaksud dengan Akupunktur?  

Akupunktur berasal dari  kata Acus dan punctura. Acus artinya jarum dan punctura artinya menusuk. Akupunktur dalam bahasa China dinamakan Zhen-Jiu atau di Indonesia lebih dikenal dengan kata Cen-Ciu. Arti kata akupunktur secara keseluruhan dapat diartikan penusukan menggunakan jarum akupunktur pada titik-titik terapi tertentu ditubuh seseorang dalam upaya untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.
Mengapa Akupunktur dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan penyakit.
Pada intinya dalam ilmu terapi akupunktur adalah YIN-YANG. Artinya penyakit seseorang timbul akibat dari terganggunya unsur Yin atau unsur Yang dalam tubuhnya.
Penusukan jarum-jarum akupunktur pada titik-titik terapi yang dipilih oleh seorang Akupunkturis, dimaksudkan untuk mempengaruhi aliran Chi atau Qi dalam tubuh penderita. Titik terapi pilihan Akupunkturis bisa berasal dari Meridian Umum, Meridian Istimewa ataupun titik-titik terapi diluar meridian. Pemilihan titik terapi dikaitkan dengan penyakit atau keluhan dari seseorang, dan dimaksudkan untuk mengembalikan keharmonisan unsur Yin dan Yang dalam tubuh penderita. Seimbangnya unsur Yin dan Yang seseorang, akan menghalau penyakit dan orang yang diterapi menjadi sehat kembali.
Akupunktur adalah suatu ilmu pengobatan alamiah yang berasal dari negara China. Ilmu ini telah ada sejak jaman Kaisar Kuning yaitu tahun 3667 Ssbelum Masehi. Kaisar Kuning atau Haung-Ti menyususn buku Huang Ti Nei Ching atau KItab Klasik Kedokteran Kaisar Kuning. Buku legendaris tersebut disususn bersama dengan Perdana Menteri yang menjadi orang kepercayaannya, yaitu Chi-Po. Ada pula yang menyebut Chi-Po. Menurut legenda Chi-Po memiliki kesaktian yang istimewa yaitu dapat melihat luar angkasa dan juga dapat melihat tembus dalam tubuh manusia sehingga Chi-Po dapat melihat aliran-aliran bioenergi tubuh manusia berupa 12 mereidian umum dan 2 meridian istimewa, dan juga titik-titik terapi yang ada dalam meridian.
Ilmu akupunktur disamping 12 Meridian umum dan meridian Istimewa, juga terdapat Akupunktur Telinga, Akupunktur Hidung yang termasuk dalamMuka/Wajah, Akupunktur kulit Kepala yang lebih dikenal sebagai Akupunktur Kepala, Akupunktur Tangan dan Akupunktur Kaki.
Meridian umum terdiri atas 12 Meridian, terdiri atas 2 jalur,yaitu:
Enam Meridian jalur TANGAN, terdiri atas 2 bagian.
Tiga Meridian dibawah ini, titik terapinya dimulai dari tangan menuju dada.
-. Meridian Paru-paru, 11 titik terapi
-. Meridian Jantung, 9 titik
-. Meridian Selaput Jantung/Perikardium, 9 titik
Tiga Meridian dibawah ini, titik terapinya dimulai dari tangan menuju kepala.
-. Meridian Usus Besar, 20 titik
-. Meridian Usus Kecil, 19 titik
-. Meridian Tri-Pemanas/San-Ciao, 23 titik
Enam Meridian jalur KAKI, terdiri atas 2 bagian.
Tiga Meridian yang titik terapinya dimulai dari kaki menuju dada.
-. Meridian Limpa, 21 titik
-. Meridian Ginjal, 27 titik
-. Meridian Hati, 14 titik
Tiga meridian yang titik terapinya dimulai dari kepala menuju kaki.
-. Meridian Lambung, 45 titik
-. Meridian Kandung Kemih, 67 titik
-. Meridian Kandung Empedu, 44 titik
Meridian Ren dimulai dari dagu menuju titik Hui-Yin di perineum (area antara dubur dan kemaluan) ada 24 titik.
Meridian Tu ada 28 titik terapi, dimulai dari atas dubur lalu naik ke kepala dan memutari kepala, berakhir pada gusi bagian atas dibelakan bibir atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar