BL-23 (Shenshu/ Shu Ginjal)

 Sumber: https://akupunkturelvida.wordpress.com/
Letak : Dua jari cun luar meridian GV, antara lumbal 2-3.
Cara menusuk : Tegak lurus sedalam 1-1.5 cun. Penusukan terlalu dalam dapat melukai ginjal.
Keistimewaan : titik shu belakang ginjal.
Aksi : 
  • Menguatkan ginjal dan membentengi Yang.
  • Bermanfaat untuk intisari.
  • Menutrisi yin ginjal.
  • Menguatkan qi ginjal
  • Mengatur saluran air dan bermanfaat untuk perkemihan
  • Bermanfaat untuk mata dan telinga.
  • Menguatkan daerah lumbar.
Indikasi :
  • Oedema, defisiensi taxation oedema, susah BAK, urin keruh, enuresis, sering BAK, BAK menetes, darah dalam tinja
  • Mani emisis, mani emisi dengan mimpi, urin mengandung semen, impotensi, ejakulasi dini, alat kelamin nyeri, nyeri hipogastrium akut.
  • Menstruasi tidak teratur, uterus dingin kronis, wanita kekurusan karena senggama saat menstruasi, leukorhea, leukorhea putih dan merah.
  • Diare dingin atau lembab (dong), borborygmus, sisa makanan dalam tinja, makan banyak tetapi tetap kurus, muntah dingin, lambung dingin dan kembung, iga lateral nyeri.
  • Sesak nafas kronis dan batuk, asma, qi berkurang.
  • Defisiensi ginjal --tuli, tinnitus, pandangan pusing, buta malam, pandangan buram
  • Five taxation dan seven injuries. Taxation lima organ zang, dingin kronis -- organ cang air (ginjal).
  • Kepala berat dengan tubuh berat, muka merah dan panas, kepala dan tubuh merah, warna muka kuning hitam, sakit kepala angin, demam dan menggigil berselingan, qi berlawanan -- nyeri jantung.
  • Area lumbar dan lutut nyeri dan kaku, sensasi dingin es di lumbar, kaki dingin, tulang terus dingin dan panas, winstroke, hemiplegia.
Pengobatan :
  • Kaki dingin : BL-23 shenshu, BL-64 jinggu, KI-2 rangu.
  • Ginjal lemah dan area lumbar lemah bergabung mani emisi : BL-23 shenshu,  BL-15 xinshu.
  • Nyeri lumbar: BL-23 shenshu, BL-24 qihaishu, BL-29 Zhonglushu.
  • Nyeri lumbar karena defisiensi ginjal : BL-23 shenshu, BL-40 weizhong, KI-3 taixi, BL-30 baihuanshu.
  • Impoten :BL-23 shenshu, KI-2 rangu, DU-4 mingmen, CV-6 qihai.
  • Alat kelamin nyeri : BL-23 shenshu, BL-52 zhishi, BL-64 jinggu, LR-3 taichong.
  • Tuli karena defisiensi ginjal : BL-23 shenshu dan GB-2 tinghui.
  • Mani emisi, putih keruh : BL-23 shenshu, CV-4 guanyuan, SP-6 sanyinjiao
Penjelasan :
BL-23 adalah titik shu belakang organ ginjal dimana qi ginjal muncul dari dalam tubuh ke permukaan, dan seperti titik shu belakang lainnya (khususnya organ yin cang), BL-23 memiliki aksi kuat dalam mengatur dan menguatkan organ ginjal di level terdalam. BL-23 adalah satu titk utama untuk menguatkan ginjal, membentengi Yang, menutrisi Yin dan bermanfaat untuk sari cing.
Menurut Spiritual Pivot : "Ginjal menyimpan intisari cing" dan "intisari cing adalah sumber kehidupan." Essential Questions menyatakan :"Esensi cing adalah akar tubuh manusia", sementara pepatah TCM menekankan :"Ginjal adalah akar sebelum kehidupan."  Baik esensi cing atau qi pre-natal bisa ekses, ginjal hanya dapat menderita bentuk penyakit defisiensi. Defisiensi ginjal dapat berasal dari bawaan atau berkembang dalam perjalanan hidup seperti terkena penyakit kronis, hubungan intim berlebihan, kerja berlebihan, usia tua, ketakutan jangka panjang, atau disharmoni organ zangfu jangka panjang yang akhirnya menular ke ginjal. Defisiensi ginjal dapat dibagi menjadi beberapa bentuk : 1) Qi ginjal tidak kuat; 2)kegagalan ginjal mengambil qi; 3) esensi ginjal kurang; 4) defisiensi Yang ginjal; 5) defisiensi Yin ginjal. BL-23 adalah titik penting untuk semua penyakit di atas.
Menurut Master Hua's Classic of the Central Viscera --> oleh Hua TUo, dokter dinasti Han, ginjal membantu kegunaan tutupnya esensi cing pada pria. Defisiensi qi ginjal, dapat menyebabkan bocornya esensi yang terwujud dalam mani emisi, mani emisi dengan mimpi, urin mengandung semen, dan ejakulasi dini. Ragamnya kebocoran ini dalam konteks defisiensi qi sendiri (tanpa bergabung dengan gejala panas atau dingin), atau bagian dari defisiensi Yang ginjal atau Yin ginjal, yang paling umum, terlebih dahulu karena qi adalah bentuk luas dari kategori Yang. Apapun bentuk penyakitnya, BL-23 adalah titik penting dalam menahan kuat dan mengumpulkan ginjal. 
Ginjal menguasai dua organ yin bawah (anus dan rahim) serta mengontrol buka tutupnya kandung kemih serta fungsi transformasi qi. Defisiensi qi ginjal (Qi ginjal tidak kuat) dapat mengganggu kemampuan ginjal dalam menahan kuat dan mengumpulkan urin sehingga menimbulkan gejala ngompol, sering BAK, BAK menetes, enuresis, urin keruh putih karena defisiensi dan kelelahan. 
Ginjal mengontrol pergerakan air di seluruh tubuh, dan meskipun limpa dan paru-paru juga berperan penting dalam sirkulasi cairan, Yang qi keduanya tergantung kepada ginjal. Ini tercermin dalam pernyataan bahwa : "Ginjal menguasai Yang seluruh tubuh dan memerintah air." Saat Yang ginjal gagal menggerakkan cairan tubuh akan terjadi oedema serta susah BAK. Menurut Supplement to the Thousand Ducat Formula :"BL-23 mengobati seratu penyakit oedema."
Rahim tergantung pada esensi cing ginjal untuk pertumbuhan, kematangan seksual dan nutrisi. Meridian chong dan ren  dinutrisi dan memiliki akar sama di ginjal. Menurut Essential Questions :"Meridian di rahim berhubungan dengan ginjal." BL-23 berindikasi untuk berbagai gangguan rahim termasuk menstruasi tidak teratur karena defisiensi ginjal; dingin kronis di rahim menyebabkan luka, kurus (wanita) karena senggama saat menstruasi dan leukorhea.
Hubungan intim antara Yang ginjal dan ming men (gerbang kehidupan) telah ditekankan dalam berbagai naskah. Menurut Classic of Difficulties :"Di bagian kiri adalah ginjal, di bagian kanan adalah mingmen." Sementara Li Dong Yuan menulis :"Qi yang dinamis bergerak antara ginjal adalah mingmen," Zahng Jing Yue dari dinasti Ming berkata :"Mingmen terletak di antara ginjal",  "mingmen adalah akar dari qi asli dan tempat tinggal air dan api; tanpa ying qi, lima organ zang tidak bisa tumbuh, yang qi lima organ zang tidak bisa berkembang." Sehingga Yang ginjal berhubungan dengan api mingmen dan sumber api di seluruh tubuh. Kegagalan Yang ginjal menghangatkan tubuh menimbulkan gejala seperti dingin kronis di rahim, area lumbar, kaki dan tulang. Kemerosotan Yang ginjal dan memudarnya api mingmen dapat mengakibatkan lemahnya fungsi seksual hingga impoten. Yang ginjal juga merupakan sumber Yang limpa. Saat Yang ginjal tidak mampu menghangatkan limpa dan lambung akan terjadi diare kronis karena dingin atau lembab, diare (masih ada sisa makanan), lambung dingin dan kembung dan muntah dingin. Diare bergabung dengan bentuk ini ditandai dengan terjadinya diare di pagi hari yang dikenal diare jam lima (fajar). Complete Works of Jing Yue menyatakan :" Buka dan tutupnya dua organ pengeluaran (kotoran) dikuasai oleh ginjal. Saat Yang qi ginjal tidak cukup, mingmen merosot dan yin penuh dengan dingin. Sehingga terjadi diare subuh saat Yang ginjal turun dan Yin qi mencapai puncak sehingga terjadi diare terus menerus."
Menurut Complete Works of Jing Yue :" Paru-paru adalah tuan/pemilik qi, ginjal adalah akar qi. Paru-paru menguasai pengeluaran qi sementara ginjal menguasai penerimaan qi. Hanya saat Yin dan Yang saling berkomunikasi, respirasi menjadi harmonis." Kutipan ini menekankan peranan penting ginjal dalam respirasi normal. Paru-paru adalah organ zang paling atas (tubuh) dengan fungsi penurunan qi (ke tubuh bawah) dan mengontrol penghembusan, sementara ginjal adalah orang zang terbawah(tubuh) dan fungsinya menangkap qi dan mengontrol penghirupan. JIka qi ginjal tidak cukup, dan tidak mampu menangkap dan menggenggam qi paru-paru, akan terjadi sesak nafas, asma atau batuk. Bentuk penyakit ini ditandai dengan sifat kronis dan biasanya terlihat bergabung dengan tanda defisiensi ginjal. Dalam kasus qi ginjal tidak kuat, bentuk ini dapat terlihat tanpa gejala panas atau dingin, atau dalam defisiensi Yang ginjal atau Yin ginjal.  
Menurut Essential Readings From the Medical Tradition :"Api dan air di tubuh manusia adalah yin dan yang, ... tanpa yang, yin tidak dapat timbul, tanpa yin, yang tidak dapat berubah." Sementara Complete Works of Jing Yue :"Yin dan Yang memiliki asal yang sama... api adalah penguasa air, air adalah sumber api..." Pernyataan ini menggarisbawahi hubungan yang tidak dapat terpisahkan antara yin dan yang ginjal dan membantu menjelaskan kenapa semua titik akupunktur yang mengobati ginjal selalu bermnafaat untuk Yin dan Yang ginjal. Walaupun indikasi BL-23 menekankan defisiensi qi ginjal atau Yang ginjal, karenanya juga memiliki aksi menutrisi Yin ginjal.  
Seperti Yang ginjal, Yin ginjal adalah akar dari Yin seluruh tubuh. Defisiensi yin ginjal dapat menimbulkan gangguan nturisi tubuh dan defisiensi api bergejolak, menimbulkan gejala seperti kurus, haus, serta muka dan tubuh merah panas.
Ini adalah sifat titik shu belakang Yin dimana titik shu menutrisi dan mengatur panca indra (berdasarkan organ zang masing-masing). Menurut Spiritual Pivot : "Ginjal berhubungan luar dengan telinga; jika ginjal harmonis, telinga dapat mendengar lima macam suara." Karena ginjal menyimpan esensi cing, memproduksi sumsum tulang yang mengisi otak dan menguasai Yin, Bl-23 berindikasi tidak hanya untuk gangguan telingaseperti tinnitus dan tuli, tetapi juga untuk pandangan buram, buta malam, dan pandangan pusing,ini semua karena defisiensi sumsum, esensi cing atau Yin.
Karena Yin ginjal dan Yang ginjal adalah akar dari yin cairan tubuh dan yang qi tubuh, ini menjelaskan aksi BL-23 dalam penyakit defisiensi kronis. BL-23 untuk penyakit five taxations and seven injuries, taxation dari lima organ zang,dan akumulasi jangan panjang dingin menyebabkan taxation. Lima taxation dibahas dalam Spiritual Pivot : 1) terlalu banyak menggunakan mata melukai darah, 2) terlalu banyak berbaring melukai qi, 3) terlalu banyak duduk melukai daging/oto; 4) terlalu banyak berdiri melukai tulang; 5) terllau banyak berjalan melukai tendon. Dalam naskah selanjutnya, konsep lima taxation juga digunakan meruju kepada taxation dari masing-masing organ zang, walaupun juga mengacu kepada gangguan alat kelamin pria. Tujuh luka dalam konteks ini adalah : 1) terlalu banyak makan melukai limpa; 2) marah besar melukai hati; 3) terlalu mengangkat berat atau duduk di tempat lembab melukai ginjal; 4) patogen dingin melukai paru-paru; 5) cemas dan khawatir melukai jantung; 6) angin, hujan, dingin dan panas melukai tubuh; &) terlalu takut melukai emosi. 
Menurut Essential Questions :"Ginjal menyimpan di sumsum tulang", "Ginjal tinggal di area lumbar", "Ginjal menghasilkan sumsum tulang", dan "...saat terjadi serangan internal, dan panas bermukim di ginjal, maka tulang mengering dan sumsum defisien, sehingga kaki tidak mampu menopang tubuh dan gangguan atrofi tulang tumbuh." Bentuk defisiensi ginjal apapun menyebabkan nyeri lumbar kronis dan lutut sakit lemah. Sementara dalam kasus defisiensi yin ginjal akan terdapat sensasi panas di tulang. Dalam kasus defisensi Yang ginjal, terdapat sensasi dingin di tulang. Terletak di area lumbar, dan memiliki tindakan langsung pada ginjal, BL-23 adalah titik utama untuk mengobati segala nyeri lumbar yang berakar dari defisiensi ginjal  juga gangguan atrofi defisiensi ginjal dan hemiplegia.
Terakhir, Illustrated Supplement to e Classic of Categories menyatakan bahwa BL-23 adalah satu di antara lima titik (BL-13 feishu, BL-18 ganshu, BL-20 pishu, BL-23 shenshu) untuk mengeringkan panas dari lima organ zang. 

Meridian Sao Yin Kaki Ginjal



Meridian Ginjal dimulai dari telapak kaki terus melingkar di mata kaki, naik di kaki bagian dalam sampai di pangkal paha, bercabang dua, sebuah cabangnya ke meridian luar sedangkan cabang yang lainnya masuk ke tulang ekor, naik menyusuri tulang tersebut sampai ke Ginjal, Kandung Kemih, Hati, Paru-paru dan sampai di pangkal lidah. Meridian luar menjalar ke atas di perut diantara meridian lambung dan garis tengah badan dan berakhir di tulang selangka.


Jumlah Titik     : 27 pasang


Pasangan Organ : Kandung Kemih


Elemen                        : Air


Panca indra     : Telinga


Rasa                : Asin


Jam Kerja Organ: 17.00-19.00


Titik Mu           : GB25 (Su Liao)


Titik Shu          : BL23 (Shen Su)


Titik Alarm      : GB25 (Su Liao)


Indikasi Umum Meridian Ginjal :


  • Mengatasi gangguan seksual

  • Mengatasi gangguan keturunan

  • Mengatasi  gangguan kecerdasan

  • Mengatasi gangguan tulang, pencernaan dan cairan

  • Mengatasi gangguan paru-paru


Kelainan pada Meridian Ginjal akan menyebabkan :


  • Penyakit kelamin pada wanita dan pria, frigiditas, beser mani, impotensi

  • Gangguan haid

  • Tulang belakang sampai dengan pantat terasa nyeri


Titik-titik Meridian Ginjal


1. KI1      : Yongguan / Yung Cuen


  • Jika mimisan letakkan parutan bawang merah pada kaki yang sealur keluarnya darah pada hidung


  • Dengan menggosok titik ini setiap pagi dan malam akan menurunkan tekanan darah tinggi, makin lama dipijat akan semakin baik dan sangat efektif


  • Titik Cin – Kayu dan Sedatif


  • Sifat : menghilangkan panas pada Ginjal, menentramkan dan menyadarkan yang pingsan dan syok


2. KI2      : Rangu / Ran Ku


  • Titik Yung – Api


  • Sifat : menguatkan Yang Ginjal


3.KI3      : Taixi / Tay Si


  • Titik Yuan dan Su – Tanah


  • Menguatkan Yin Ginjal


  • Untuk penyakit kelamin pria dan wanita


4. KI4      : Dazhong / Ta Cung


  • Titik Luo


  • Titik penenang


5. KI5      : Shuiquen / Sui Cuen


  • Titik Xi


6. KI6      : Zhaohai / Cao Hai


  • Untuk perut sakit setelah melahirkan


  • Penyakit-penyakit Ginjal


  • Titik induk Meridian Istimewa Yin Qiao


  • Titik Jauh Kaki, utk letak penyakit di tenggorokan


7. KI7      : Fuliu / Fu Liu


  • Keringat yang keluar berlebihan (untuk penghentian keringat titik ini dan LI4 di Tonifikasi dan KI7 di sedasi)


  • Pingsan tidak berkeringat (untuk perangsangan keringat, LI4 di Sedasi dan KI7 di Tonifikasi)


  • Sifat : mengatur pori-pori, menguatkan fungsi Ginjal, mengatur fungsi kandung kemih, menghilangkan lembab dan sumbatan-sumbatan, menyembuhkan penyakit yang sifatnya kering dan melancarkan darah


  • Titik Cing – Logam, Titik Tonifikasi dan Titik Penenang


8. KI8      : Jiaoxin / Ciao Sin


  • Titik Xi, Meridian Istimewa Yin Qiao


9. KI9      : Zhubin / Cu Pin


  • Titik Xi, Meridian Istimewa Yin Wei


10. KI10    : Yingu / Yin Ku


  • Sifat : menghilangka lembab, melancarkan kencing, menguatkan fungsi Ginjal, menjernihkan penyakit panas, membangunkan syok


  • Titik He - Air


11. KI11    : Henggu / Heng Ku


  • Titik pertemuan dengan meridian Istimewa Chon


12. KI12    : Dahe / Ta He


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


13. KI13    : Qixue / Ci Sie


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


14. KI14    : Siman / Se Men


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


15. KI15    : Zhongzhu / Cung Su (Mengalir di Tengah)


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


16. KI16    : Huangshu / Huang Su


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


17. KI17    : Shangqu / San Ci


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


18. KI18    : Shiguan / Se Kuan


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


20. KI19    : Yindu / Yin Tu


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


19. KI20    : Futonggu / Fu Tung Ku


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


21. KI21    : Youmen / Yiu Men


  • Titik pertemuan dengan Meridian Istimewa Chong


22. KI22    : Bulang / Pu Lang
23. KI23    : Shenfeng / Sen Fung
24. KI24    : Lingxu / Lin Si
25. KI25    : Shencang / Sen Cang
26. KI26    : Yuzhong / Hou Cung
27. KI27    : Shufu/Su Fu


sumber bacaan :

Ilmu Akupunktur RSCM

Pudji Hartanto, Seri Belajar Mandiri Terapi Holistik

Sim Kie Ji, Dasar Teori Akupunktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar