KI-6 (Zhao Hai/ Shinning Sea/ Samudera Terang)



 
Lokasi : Daerah lekukan, tepat di bawah mata kaki bagian dalam.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.3-0.5 cun.
Keistimewaan : titik induk meridian istimewa yinciao.
Aksi :
  • Bermanfaat untuk tenggorokan.
  • Menutrisi ginjal dan membersihkan defisiensi panas.
  • Mengatur meridian yinciao.
  • Menenangkan jiwa
  • Mengatur ciao bawah.
Indikasi :
  • Tenggorokan sakit dan bengkak, tenggorokan kering, plumstone qi (globus hystericus).
  • Mata merah dan nyeri berasal dari inner canthus, penglihatan terganggu dengan adanya titik-titik dan bintang, angin kepala, pusing.
  • Imsomnia, somnolence, epilepsi malam hari, sedih, takut, mimpi buruk , five palms (dada, telapak tangan dan kaki) kebat kebit dan panas.
  • Sering BAK, enuresis, BAK menetes pada wanita, disfungsi urin nyeri berdarah, oedema, konstipasi.
  • Menstruasi tidak teratur, amenorrhea, dysmenorrhea, dingin kronis di rami menyebabkan mandul, susah melahirkan, persistent flow of lochia, pusing sehabis melahirkan, nyeri di area perut sehabis melahirkan, leukorrhea putih dan merah, proleps rahim.
  • Alat kelamin gatal, tiba-tiba ereksi, mani emisi, gang shan, nyeri hipogastrium.
  • Sensasi panas atau dingin di perut bawah, sudden turmoil disorder, dada dan perut kembung penuh, rasa sesak dan tekanan di tubuh.
  • Tungkai kaki dalam kencang dan kontraksi, tangan dan kaki nyeri atau lelah, qi kaki dingin lembab, defisiensi pada orang tua, kaki dan tangan kram, hemiplegia.
Pengobatan :
  • Untuk semua tipe tenggorokan sakit akut : DU-20 baihui, LR-3 taichong, KI-6 zhaohai, SP-6 sanyinjiao
  • Tenggorokan bengkak dan tidak bisa menelan : KI-6 zhaohai, SI-2 qiangu, LR-4 zhongfeng.
  • Somnolence : KI-6 zhaohai, KI-3 taixi, DU-20 baihui, GB-21 tianjing, LR-2 erjian, LI-3 sanjian, ST-45 litui, BL-18 ganshu.
  • Proleps rahim : KI-6 zhaohai, BL-62 shenmai, KI-5 shuiquan, LR-8 ququan.
  • Gangguan shan dingin : KI-6 zhaohai dan LR-1 dadun.
  • Hipogastrium panas dan nyeri : KI-6 zhaohai, KI-3 taixi, CV-4 guanyuan, BL-40 weizhong.
  • Konstipasi : KI-6 zhaohai, SJ-6 zhigou.
Penjelasan :
KI-6 adalah titik induk meridian yinciao, dan menurut bagian isi buku “Great Compendium of Acupuncture and Moxibustion”, KI-6 juga merupakan titik luo meridian yinciao. Meridian yinciao melintasi aspek medial tungkai kaki, perineum, dada dan tenggorokan; sementara meridian utama ginjal melintasi perut, berhubungan dengan rahim, bergabung dengan jantung dan naik sepanjang tenggorokan. Aksi KI-6 dapat dipahami dalam kaitannya dengan tiga fungsi utama :
  1. Menutrisi yin dan membersihkan defisiensi panas dari tenggorokan, jantung, usus, rahim dan alat kelamin.
  2. Mengatur meridian yinciao dan meridian ginjal.
  3. Mengatur ciao bawah.
Dalam buku “Ode of the Obstructed River”, penggunaan KI-6 disebut satu dari delapan metode terapi. Dalam hal ini, deskripsi dari penggunaan 8 titik induk meridian istimewa untuk gejala dan area tubuh tertentu, KI-6 digunakan untuk angin tenggorokan (nyeri dan bengkak disertai sulit menelan). Meridian yinciao dan meridian ginjal melewati tenggorokan. Saat panas berasal dari defisiensi Yin membakar tenggorokan, akan terjadi tenggorokan bengkak, kering, merah dan nyeri. Jenis sakit tenggorokan ini ditandai dengan sifat kronis dan lama sembuh, semakin parah saat malam dan capek; KI-6 adalah titik utama untuk mengobati penyakit ini, memiliki afinitas untuk area tenggorokan, walaupun (karena kemampuannya untuk membersihkan dan mengatur kedua meridian), KI-6 juga harus dipilih untuk berbagai jenis nyeri tenggorokan, baik defisiensi atau ekses. KI-6 juga berindikasi untuk plumstone qi (globus hystericus), sensasi blokade tenggorokan yang semakin buruk atau baik tergantung dari fluktuasi keadaan emosi dan biasanya berkaitan dengan stagnasi qi dan reak.

Meridian yinciao berhubungan dengan meridian yangciao di mata, di BL-1 jingming; dan KI-6 berindikasi untuk gangguan mata seperti inner canthus merah dan nyeri serta gangguan penglihatan oleh titik-titik dan bintang-bintang.
Menurut Spiritual Pivot ,” Saat meridian taiyang masuk ke otak, terbagi menjadi yinciao dan yangciao, di sini tempatnya yin dan yang bertemu; Yang masuk ke yin dan yin bergerak ke luar ke Yang, bertemu di sudut dalam mata.” Saat Yang penuh, mata menatap terbuka, saat yin penuh, mata tertutup. Kutipan ini untuk menjelaskan penggunaan KI-6 untuk insomnia (mata terbuka ekses) dan somnolence (mata tertutup ekses). KI-6 juga secara klasik berindikasi untuk epilepsi malam hari, dan BL-62, titik induk meridian istimewa yangciao untuk epilepsi siang hari.
Meridian utama ginjal masuk ke jantung yang menyimpan jiwa, sementara ginjal menyimpan hasrat. Saat fungsi ginjal dan jantung harmonis, jiwa dan hasrat saling mendukung satu sama lain. Karena mampu mengobati epilepsi dan masalah tidur, KI-6 digunakan untuk memulihkan komunikasi antara ginjal dan jantung (khususnya saat panas berasal dari defisiensi yin ginjal dan mengacaukan jiwa) menyebabkan berbagai gejala mental dan emosional seperti sedih, takut, insomnia dan mimpi buruk.
Di ciao bawah, KI-6 mengatur fungsi rahim, alat kelamin dan dua organ yin (anus dan urethra). KI-6 menutrisi yin dan membersihkan defisiensi ppanas; seperti banyak titik meridian ginjal lainnya, KI-6 juga mampu menguatkan Yang dan menghangatkan dingin.
Menurut Essential Questions :”Pembuluh darah rahim berhubungan dengan rahim.” Ginjal menguasai perkembangan seksual dan sumber meridian CV dan chong, serta fungsi normal rahim tergantung pada instansi pertama keharmonisan fungsi ginjal. KI-6 berindikasi untuk berbagai gangguan menstruasi (menstuari tidak teratur, amenorrhea, dysmenorrhea), kesuburan (dingin kronis di rahim menyebabkan mandul), dan kelahiran (susah melahirkan, mengalirnya lokia terus menerus, pusing dan nyeri sehabis melahirkan).
Dalam pengobatan gangguan alat kelamin, KI-6 terutama berindikasi untuk tipe panas yang terwujud dalam alat kelamin gatal, tiba-tiba ereksi, leukorrhea dan mani emisi. Dalam pengobatan gangguan perkemihan, KI-6 berindikasi untuk sering pipis, atau pipis menetes, enuresis dan oedema, yang merupakan perwujudan dari defisiensi qi ginjal atau Yang ginjal. Wang Tao dari dinasti Tang dalam buku “Secrets of a Frontier Official” menyebutkan secara khusus penggunaan KI-6 untuk mengobati pipis menetes pada wanita.
Indikasi penting lainnya dari KI-6 adalah konstipasi. Karena sifatnya menutrisi ginjal dan membersihkan defisiensi panas terutama berindikasi untuk konstipasi karena defisiensi yin yang membakar cairan tubuh dari panas berkepenjangan di usus. KI-6 sering dicantumkan dalam pengobatan kombinasi klasik, terungkap bahwa telah lama dianggap sebagai titik penting untuk segala jenis konstipasi.
Terakhir, KI-6 untuk mengobati gangguan sepanjang meridian ginjal dan yinciao, seperti tungkai kaki dalam yang ketat dan kontraksi (gangguan tradisional meridian yinciao) serta perut dan dada penuh kembung.

KI-5 (Shui Quan/ Water Spring/ Mata Air)

Lokasi : satu cun di bawah Ki-3, pada lekukan tepi calcaneus bagian dalam.
Cara menusuk : miring sedalam 0.3-0.5 cun.
Keistimewaan : titik xi meridian ginjal.
Aksi :
  • Mengatur meridian chong dan CV dan bermanfaat untuk menstruasi,
Indikasi :
  • Amenorrhea, menstruasi tidak teratur, dysmenorrhea, menstruasi terlambat dengan tekanan dan nyeri di bawah jantung, proleps uterus (hernia).
  • Pandangan berkabut, rabun jauh, perut sakit, susah BAK, BAK menetes.
Pengobatan :
  • Menstruasi tidak teratur : KI-5 dan ST-25 tianshu.
  • Proleps uterus : KI-5, KI-6 zhaohai, BL-62 shenmai, LR-8 ququan
  • Amenorrhea dengan tekanan dan nyeri kuat di bawah jantung :  KI-5 dan KI- zhaohai.
Penjelasan :
KI-5 adalah titik xi meridian ginjal. Titik xi adalah titik dimana qi dan darah mengalir relatif dangkal sepanjang meridian dari titik jin, bergabung dan terjun ke arah yang lebih dalam. Titik xi secara umum berindikasi untuk penyakit akut dan nyeri, sementara titi xi Yin memiliki aksi dalam mengobati penyakit darah.
Terdapat hubungan intim antara ginjal, rahim, darah dan menstruasi. Essential Questions berkata :”Pembuluh rahim berhubungan dengan ginjal”, dan “Pada umur 14, sifat tian gui, CV mengalir, meridian chong mengisi, menstruasi datang pada waktunya, sehingga pembuahan terjadi.” Perkembangan normal rahim, CV dan meridian chong tergantung dari sehatnya fungsi ginjal dan matangnya esensi ginjal. Di waktu yang sama, menstruasi harmonis tergantung dari jumlah formasi darah yang cukup, khususnya darah hati yang mengalir ke CV dan meridian chong untuk membentuk darah menstruasi. Sementara ginjal berperan penting dalam pembentukan darah, dinyatakan dengan tegas dalam buku Disease Mechanisms oleh Master Sha, bahwa “sumber darah berasal dari ginjal.”
Jika ginjal defisien, maka fungsi meridian CV dan chong akan terganggu dan pembentukan darah terganggu. KI-5, titik xi meridian ginjal mampu mengobati gangguan darah, mengatur qi dan darah di meridian ginjal, CV dan chong. KI-5 berindikasi untuk berbagai gangguan menstruasi seperti amenorrhea, menstruasi tidak teratur, dysmenorrhea, dan telat menstruasi (dengan rasa sakit dan tekanan di bawah jantung saat menstruasi), ditandai dengan gejala defisiensi (darah atau qi) atau ekses (darah statis).


KI-4 (Dazhong/ Great Bell/ Lonceng Besar)

Lokasi : Di bawah KI-3, di depan perlekatan tendon achilus.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.3-0.5 cun.
Keistimewaan : titik luo meridian ginjal.
Aksi :
  • Memperkuat ginjal.
  • Menangkap qi dan bermanfaat untuk paru-paru.
  • Menguatkan keinginan dan menghilangkan ketakutan.
Indikasi :
  • Batuk berdarah, sesak nafas karena qi kurang, asma, mengi, suara berderak di tenggorokan, batuk, nafas pendek, dada dan perut tertekan dan kembung, muntah.
  • Mulut panas, lidah kering, tenggorokan sakit dengan susah menelan.
  • Palpitasi, agitasi jantung dengan rasa penuh dan muntha, agitasi, dementia, keterbelakangan mental, ngantuk, ingin marah, ketakutan dan tidak bahagia, ingin pulang ke rumah.
  • Konstipasi, perut kembung, susah BAK, retensi urin dan urin menetes saat BAK, malaria dengan dingin dan sedikit panas, menstruasi tidak teratur.
  • Pinggang kaku dan sakit, tumit bengkak dan sakit.
Pengobatan :
  • Mulut panas : KI-4 dazhong, HT-9 shaochong.
  • Bicara capek dan mengantuk : KI-4 dazhong dan PC-4 ximen.
  • Susah BAB : KI-4 dazhong dan KI-18 shiguan.
  • Agitasi jantung dengan rasa penuh dan muntah : KI-4 dazhong dan KI-3 taixi.
Penjelasan :
KI-4, titik luo meridian ginjal, mengatur fungsi ginjal dalam dua cara utama. Pertama, menguatkan kembali dan mengatur hubungan antara ginjal dan paru-paru; kedua, KI-4 memiliki efek kuat dalam membangun emosi.
Menurut Complete Works of Jing Yue, “Paru-paru adalah pemilik Qi, ginjal adalah akar Qi. Paru-paru menguasai pengeluaran qi, sementara Ki menguasai penerimaan qi. Hanya saat Yin dan Yang saling berkomunikasi, pernafasan menjadi harmonis.” Dalam diskusi dyspnea (sulit bernafas), menurut ‘Case Histories from the Guide to Clinical Pattern’ oleh Ye Tian Shi menyatakan :”Bila dalam paru-paru adalah ekses, bila dalam ginjal adalah defisien.” Pernyataan selanjutnya, walaupun penyederhanaan yang berlebihan, namun menekankan gangguan pernafasan akut dalam tipe ekses, di mana paru-paru harus diobatin. Dan saat kronis dan sifatnya defisien, pengobatan terhadap ginjal harus diutamakan. KI-4 memiliki aksi dalam mengharmoniskan hubungan antara paru-paru dan ginjal.  KI-4 berindikasi saat qi ginjal kurang dalam menerima dan menangkap qi dari paru-paru, sehingga menimbulkan batuk, mengi, asma, nafas pendek , dll. Atau saat yin ginjal defisien dan tidak mampu melembabkan dan mendinginkan paru-paru, mulut dan tenggorokan sehingga menimbulkan mengi, batuk berdarah, tenggorokan kering, nyeri dll. Kedua situasi ini diarahkan untuk penyakit “ekses di atas dan defisiensi di bawah”. Bandingkan dengan KI-3 taixi, KI-4 memiliki efek lebih kuat dalam mengobati penyakit di badan atas, dan aksi lebih lemah dalam menutrisi ginjal.
Umumnya dengan titik luo lainnya, KI-4 memiliki aksi kuat dalam emosi. Menurut ‘Spiritual Pivot’ :”Defisiensi qi di meridian ginjal dapat menimbulkan rentan ketakutan.” Saat qi ginjal tidak bergerak, hasrat kemauan akan defisiensi dan pasien gampang menderita ketakutan dan kurang percaya diri, yang akan semakin parah saat mereka menarik diri dan enggan keluar rumah. Saat esensi congenital defisien, atau dimakan oleh usia tua, pasien cenderung ketakutan, fungsi atau perkembangan mental buruk, atau penurunan kemampuan mental. Gampang ketakutan bukan karena defisiensi ginjal, khususnya sari ginjal, tetapi juga kelemahan dan defisiensi qi dan darah yang gagal menutrisi dan menyokong jiwa, atau defisiensi liver dan kandung empedu. KI-4 adalah titik penting dalam pengobatan ketakutan karena defisiensi ginjal, juga berperan penting dalam mengobati berbagai jenis penyakit karena hubungan dekat ginjald engan ketakutan.
Keinginan untuk terus tidur berlebihan dapat karena hasil dari defisiensi limpa dengan akumulasi reak dan lembab, atau dari defisiensi Yang ginjal atau esensi ginjal. KI-4 adalah titik penting untuk penyakit mengantuk ingin tidur karena defisiensi ginjal.
Meridian luo ginjal naik dari KI-4 ke tulang lumbar, menekankan hubungan dekat antara ginjal ke area ini, dan titik ini berindikasi untuk area lumbar nyeri dan kaku. Seperti KI-3, KI-4 juga digunakan untuk nyeri tumit.
Terakhir, menurut ‘Great Conpendium of Acupuncture and Moxibustion’ memberikan indikasi spesifik untuk penyakit ekses dan defisiensi dari titik luo. Dalam kasus KI-4, retensi urine  untuk ekses dan nyeri lumbar untuk defisiensi.

KI-3 (Taixi/ Supreme Steam/ Sungai Besar)

Lokasi : antara mata kaki bagian dalam dan tendon achilus, setinggi bagian tertinggi mata kaki bagian dalam.
Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 0.3 cun.
Keistimewaan :
  • titik shu wushu
  • titik Yuan ginjal
  • Titik tanah meridian ginjal
Aksi :
  • Menutrisi yin ginjal dan membersihkan defisiensi panas
  • Menguatkan Yang ginjal
  • Melabuhkan qi dan bermanfaat untuk paru-paru
  • Menguatkan tulang lumbar
Indikasi :
  • Tuli, tinnitus, sakit kepala dan pusing, sakit gigi, mimisan, tenggorokan sakit, sensasi panas di mulut, dahak di mulut terus seperti lem, diabetes, penyakit panas dengan keringat banyak, malaria kronis, kekurusan.
  • Batuk, batuk berdarah, batuk dan tidak nafsu makan, mengi, sesak nafas, asma, nyeri dada.
  • Mani emisi, impoten, ejakulasi dini, sexual taxation, menstruasi tidak teratur.
  • Nyeri lumbar, nyeri perut dan iga lateral, terluka oleh dingin yang menyerang ke kaki dan tangan, kaki dingin, kaki nyeri dan kesemutan, mata kaki bengkak dan nyeri, lutut bengkak dan nyeri.
  • Insomnia, mimpi ekses, ingatan lemah, sensasi panas di telapak tangan, nyeri menusuk di jantung.
  • Sering BAK dan urin banyak, enuresis, hipogastrium panas dengan urin kuning, perut kembung, susah BAB, gangguan shan dingin,  kulit luka  lembab gatal dan paha dalam lembab gatal.
Pengobatan :
  • Tenggorokan panas, mulut kering, air liur seperti lem : KI-3 taixi dan SI-1 shaoze
  • Tenggorokan dalam bengkak : KI-3 taixi dan KI-2 rangu.
  • Ngantuk : KI-3 taixi, KI-4 dazhong, LI-13 shouwuli, KI-6 zhaohai, LI-2 erjian.
  • Susah BAB : KI-3 taixi, BL-57 chengshan.
  • Penis sakit : KI-3 taixi, LU-10 yuji, CV-3 zhongji, SP-6 sanyinjiao
  • Urin kuning tua : KI-3 taixi, KI-10 yingu, BL-23 shenshu, CV-6 qihai, BL-28 pangguangshu, CV-4 guanyuan.
Penjelasan :
Ginjal menempati posisi unik di antara organ zangfu, menyimpan intisari Yin serta melestarikan dan mengendalikan api mingmen. Sehingga ginjal adalah akar dari Yin dan Yang seluruh tubuh. Karena peran mendasar, defisiensi ginjal dapat menyebabkan dan menghasilkan disharmoni pada organ zangfu lain.Spiritual Pivot bab 6 merekomendasikan penggunaan titik shu wushu dalam pengobatan gangguan organ zang, sementara di bab 1 berkata : “Saat lima organ zang terganggu, pilihlah 12 titik yuan.” KI-3 taixi, titik shu wusshu dan titik yuan, merupakan titik utama meridian ginjal untuk mengobati disharmoni organ ginjal, karena sifat unik ginjal yang selalu meliputi defisiensi, terutama Yin atau Yang ginjal.Defisiensi yin ginjal dapat mempengaruhi ginjal sendiri, atau kegagalan menutrisi hati, jantung atau paru-paru, yang semuanya diraih oleh meridian ginjal, mempengaruhi organ-organ zang ini juga. Defisiensi yin ginjal mungkin terwujud dalam dua cara utama : kegagalan menutrisi dan melembabkan, atau kegagalan mengendalikan api. Seni mengobati defisiensi yin terletak pada ketelitian menafsir kepentingan hubungan dari dua aspek, dan menempatkan penekanan dalam menutrisi Yin dan mendinginkan api.
KI-3 adalah titik utama untuk mengobati defisiensi Yin yang mempengaruhi bagian tubuh yang dilewati oleh meridian ginjal atau dikuasai organ ginjal, terutama usus, otak, tenggorokan, gigi dan telinga. Meridian utama ginjal naik ke tenggorokan, dan jika panas dari defisiensi membakar dan mengeringkan area ini, akan terjadi sakit tenggorokan tingkat bawah kronis yang semakin parah saat lelah, dan malam hari. Ginjal menguasai dua organ yin bawah (anus dan urethra), dan jika defisiensi cairan dan panas mengeringkan usus, akan terjadi susah BAB, diilustrasikan oleh Wu Ju Tong dalam gambar grafik di buku ‘Systematic Differentiation of Warm Diseases’ : ” Saat cairan kurang, maka tidak ada air yang cukup untuk membuat kapal bergerak.” Spiritual Pivot menyatakan :”Otak adalah lautan sumsum tulang.” Esensi cing ginjal menghasilkan sumsum untuk otak dan saraf tulang belakang; dalam kasus sumsum yang kurang, akan terdapat gejala sakit kepala dan pusing. Menurut pepatah kuno :”Gigi adalah surplus dari tulang.” Jika ginjal gagal menutrisi gigi dan panas dari defisiensi naik ke gigi, maka terjadi sakit gigi kronis bergabung dengan hilangnya gigi. Spiritual Pivot berkata :”Ginjal berhubungan luar dengan telinga. Saat ginjal harmonis, telinga dapat mendengar lima macam suara.” Defisiensi ginjal dapat menghasilkan tinnitus dan tuli. Dalam semua kasus, KI-3 adalah titik utama untuk menguatkan dan menutrisi ginjal.
Hubungan intim antara Yin ginjal dan Yin hati; esensi ginjal dengan darah hati, ditekankan dalam perkataan :”Ginjal dan hati berbagi sumber yang sama”, dan pernyataan ‘Comprehensive Medicine According to Master Zhang’ :”Saat esensi cing tidak bisa keluar, maka akan kembali ke hati dan berubah menjadi darah jernih.” KI-3 umumnya digunakan dalam resep untuk mengobati disharmoni ginjal-hati (karena kegagalan air menutrisi kayu, atau ginjal terluka karena sakit liver berkepanjangan) yang memiliki gejala seperti sakit kepala, pusing, tinnitus dan tuli.
Ginjal berunsur air dan jantung berunsur api, dan keduanya merupakan meridian shaoyin. Jantung menyimpang jiwa dan ginjal menyimpan hasrat. Saat ginjal dan jantung berfungsi harmonis, api jantung dan air ginjal, jiwa dan hasrat, akan saling mendukung. Saat ginjal dan jantung tidak harmonis, Yang jantung tidak mampu turun menghangatkan ginjal, dan yin ginjal tidak mampu menutrisi Yin jantung dan menahan api jantung. Kehilangan kontak antara api dan air mengganggu jiwa dan menyebabkan insomnia, mimpi berlebihan, ingatan lemah, biasanya kronis dan parah. KI-3 adalah titik penting untuk mendukung ginjal dan mampu mendukung jantung juga.
Paru-paru adalah kanopi dan ginjal adalah akarnya. Paru-paru menurunkan qi dan cairan ke ginjal. Ginjal menangkap qi dan mengukus cairan untuk melembabkan paru-paru. Disharmoni ginjal paru-paru umumnya terwujud dalam 2 cara utama : 1) Defisiensi yin ginjal gagal melembabkan dan mendinginkan paru-paru menyebabkan gejala mengi, batuk kering dan dahak berdarah; 2) ginjal gagal menerima dan menangkap qi dari paru-paru menimbulkan gejala sesak nafas, batuk dan asma. KI-3 berindikasi untuk dua jenis batuk ekses di atas dan defisiensi di bawah, yang secara khusus direkomendasikan oleh Sun Si Miao dalam ‘Supplement To The Thousand Ducat Formulas’ untuk batuk ginjal.
Walaupun dibagi menjadi Yin ginjal dan Yang ginjal, tentu hanya satu organ ginjal saja. Meskpun dalam praktek, defisiensi yin atau Yang biasanya mendominasi, saat salah satu aspek ginjal defisien, itu sering terjadi bahwa aspek yang lain akan menjadi defisien juga. Ini diuraikan dengan jelas dalam buku Essential Questions yang menyatakan :”Luka pada yin akan mencapai Yang, dan luka pada Yang akan mencapai ke Yin.” Dan ‘Essential Readings in Medicine’ menyatakan :”Tanpa Yang, Yin tidak dapat timbul; tanpa Yin, Yang tidak bisa berubah.”
Saat Yang ginjal gagal menghangatkan tubuh dan mengubah cairan, akan terjadi area kaki dingin, sakit punggung, dan gangguan perkemihan seperti urin banyak dan sering, tidak bisa menahan BAK. Hubungan dekat antara ginjal dan libido serta fungsi seksual ditekankan dalam aplikasi KI-3 untuk penyakit impoten, mani emisi dan sexual taxation (kehabisan dan kelelahan karena aktivitas seksual ekses).
Menurut Essential Questions :”Ginjal menguasai hibernasi, dan ginjal adalah akar dari tempat penyimpanan dan rumah esensi; mempengaruhi pertumbuhan rambut dan tulang.” Meridian ginjal utama, meridian luo dan meridian otot ginjal naik melewati tulang belakang, dan apapun bentuk defisiensi ginjal dapat menyebabkan malnutrisi di otot, tendon dan tulang, khususnya area lumbar, tempat “rumah ginjal”. KI-3 sudah lama dipergunakan untuk mengobati defisiensi ginjal: nyeri lumbar, nyeri tumit yang bisa disebabkan oleh defisiensi ginjal, trauma luka, atau obstruksi nyeri. Dalam pengobatan nyeri tumit, KI-3 harus ditusuk untuk memperoleh sensasi kuat sampai ke tumit.
Meridian chong dan CV dinutrisi oleh ginjal, dan memiliki akar di ginjal, serta ‘Essential Questions’ menulis :”Meridian di uterus berhubungan dengan ginjal.” KI-3 dapat digunakan saat defisiensi ginjal menyebabkan disharmoni kedua meridian istimewa ini yang menyebabkan menstruasi tidak teratur. Menarik untuk dicatat bahwa tidak ada catatan di teks kuno bahwa KI-3 untuk mengobati penyakit ginekologi, dan ini adalah indikasi untuk saat ini (modren).
Terakhir, KI-3 tercatat dalam ‘Song of the Nine Needles’ untuk mengembalikan hilangnya Yang dalam pengobatan koleps Yang yang ditandai dengan pingsan, tidak suka dingin, dingin mengalir ke tangan kaki, bibir ungu, dll.

KI-2 (Rangu/ Blazing Valley/ Jurang hancur)

Lokasi  : lekukan di bawah tulang naviculare, satu cun dari titik limpa.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.5-1 cun.
Keistimewaan : titik yung wushu, titik api meridian ginjal.
Aksi :
  • Membersihkan defisiensi panas
  • Mengatur ginjal
  • Mengatur ciao bawah
Indikasi :
  • Tenggorokan sakit, air liur kurang untuk melembabkan tenggorokan, tidak bisa bicara, berkeringat spontan, keringat malam, asma, sesak nafas, qi yang berkurang, batuk berdarah, diabetes, sakit kuning, lidah yang menjulur, ketakutan seperti mau ditangkap, gampang takut, nyeri jantung menusuk-nusuk.
  • Alat kelamin gatal, emisi noktural, impoten, mani emisi, rahim jatuh, menstruasi tidak teratur, gangguan Shan, susah BAK, diare dingin/lembab (dong)
  • Satu kaki dingin dan lainnya panas, tungkai kaki bawah nyeri dan tidak bisa berdiri lama, kaki nyeri dan bengkak.
Pengobatan :
  • Nyeri jantung menusuk : KI-2, SJ-6 zhigou, KI-3 taixi.
  • Impoten : KI-2, DU-4 mingmen, BL-23 shenshu, CV-6 qihai
  • Lidah kaku : KI-2, KI-10 yingu, DU-15 yamen, LU-11 shaoshang, LU-10 yuji, LI-2 erjian, PC-9 zhongchong.
  • Suara hilang : KI-2, CV-22 tiantu, HT-4 tingdao, KI-10 yingu, KI-7 fuliu, ST-40 fenglong.
  • Mani emisi dan penis masuk ke dalam : KI-2, KI-12 dahe.
Penjelasan :
KI-2 adalah titik yung wushu dan titik api meridian ginjal. Menurut Classic of Difficulties titik yung untuk ‘panas di tubuh’ dan dalam kasus, titik yung paling banyak ditekankan untuk membersihkan panas ekses dan api ekses. Ginjal adalah unik,  ginjal tidak menderita penyakit ekses, karena ginjal menyimpan Yin dan Yang sejati sehingga tidak pernah bisa mengalami bentuk ekses. Sehingga KI-2 adalah titik utama meridian ginjal untuk membersihkan panas yang berasal dari defisiensi yin ginjal.
Ginjal adalah akar dari Yin dan Yang tubuh. Yin ginjal memiliki fungsi menutrisi dan melembabkan serta menyeimbangkan dan menahan api mingmen. Saat yin ginjal defisien, fungsi ginjal dalam menutrisi dan melembabkan terganggu serta api mingmen berkobar tak terkontrol. Keahlian KI-2, seperti arti namanya, berfungsi membersihkan defisiensi panas, daripada menutrisi yin ginjal. KI-2 beridnikasi untuk panas seperti (1) naiknya panas sepanjang meridian ginjal ke tenggorokan menyebabkan nyeri tenggorokan, tenggorokan kering dengan air liur sedikit dan tidak bisa berbicara; (2) panas mengapung ke tubuh luar menjadi keringat malam; (3) mengganggu paru-paru sehingga sesak nafas dan batuk berdarah. Panas dari defisiensi yin dapat menimbulkan diabetes, serta kaki panas dan gelisah.
KI-2 memiliki aksi khusus di ciao bawah. Defisiensi Yin dan akibat panas menyebabkan alat kelamin gatal. Saat Yin ginjal gagal menutrisi meridian CV dan Chong, akan terjadi menstruasi tidak teratur dan mandul (wanita). Saat defisiensi panas mengacaukan gerbang esensi cing pria, akan terjadi mani emisi atau noktural emisi, dengan/tanpa mimpi. Pada pria maupun wanita, bisa juga terdapat keinginan hubungan intim ekses. Jika qi ginjal kurang, bisa terjadi jatuhnya uterus.
Menurut Complete Works of Jingyue :”Yin dan Yang memiliki sumber yang sama. Api adalah penguaasi air, air adalah sumber api….”  Bukan karena defisiensi ginjal, bukan juga Yang ginjal ada di isolasi, dan ini tercermin dalam fakta bahwa KI-2 juga secara jelas menguatkan aksi menguatkan Yang ginjal. Ini sebagian digambarkan oleh indikasi tradisional, tetapi ini lebih jelas terlihat di berbagai naskah kombinasi. KI-2 dapat juga dimoksa untuk kasus berkeringat spontan, kaki dingin, diare dingin, oedema dan impoten.
Terakhir, emosi berkaitan dengan ginjal adalah ketakutan. Dan saat ginjal defisien, gampang muncul rasa takut dan perasaan terus menerus seolah-olah akan ditangkap, KI-2 berindikasi untuk berbagai perasaan firasat.

KI-1 (Yongquan/ Gushing Spring/ Telaga Buruh)

Letak  : Di tengah-tengah telapak kaki, 1/3 panjang kaki ke arah jari-jari kaki.
Teknik menusuk  : Tegak lurus sedalam 0.5 – 1 cun.
Keistimewaan  : Titik jin wushu dan titik  berunsur kayu meridian ginjal.
Aksi  :
  • Menurunkan ekses dari kepala
  • Menenangkan jiwa
  • Membuat sadar kembali dan menyelamatkan Yang.
Indikasi :
  • Tidak sadar dari windstroke, pingsan.
  • Epilepsi, childhood fright wind, pusing, pandangan pusing, pandangan berkabut, sakit kepala ubun-ubun, hipertensi, tenggorokan sakit, sakit tenggorokan dan tidak bisa menelan, suara hilang, lidah kering, mimisan, warna muka hitam, running piglet qi.
  • Agitasi, insomnia, ingatan lemah, cenderung takut, marah dan ingin membunuh orang, marah, nyeri jantung.
  • Batuk, sesak nafas, muntah dan batuk berdarah.
  • Ruam angin, otot kontraksi, gangguan gejolak tiba-tiba dengan kram.
  • Konstipasi, nyeri lumbar dan susah BAB, susah BAK, nyeri perut bawah pada wanita hamil dan susah BAK, perut bawah penuh, nyeri periumbilical, gangguan shan, mandul, impoten, gangguan karena hubungan intim ekses, daerah iga lateral penuh, sakit kuning, qi yang berkurang.
  • Paralysis kaki, qi kaki kronis, kaki nyeri dan bengkak, rasa dingin di kaki dan tulang kering, telapak kaki panas, nyeri kronis dan kesemutan di kaki, lima jari kaki nyeri dan tidak bisa berdiri.
Pengobatan :
  • Sakit dan pandangan pusing  : KI-1, ST-2 sibai dan BL-11 dazhu.
  • Lima macam epilepsi : KI-1, PC-8 laogong.
  • Epilepsi angin : KI-1 dan DU-6 jizhong.
  • Ruam angin : KI-1 dan GB-30 huantiao.
  • Suara hilang : KI-1, LI-4 hegu dan GB-35 yangjiao.
  • Mandul : KI-1, BL-32 ciliao, SP-5 shangqiu.
  • Nyeri tenggorokan dan tidak bisa makan : KI-1 dan KI-4 dazhong.
Penjelasan :
KI-1 adalah satu-satunya titik yang terletak di telapak kaki, titik paling bawah di tubuh, dan titik kayu meridian ginjal air. Menurut Classic of Difficulties :”Dalam kasus defisiensi, kuatkanlah ibunya; dalam kasus ekses, lemahkanlah anaknya”. Sebagai titik anak meridian ginjal, KI-1 memiliki efek yang sangat kuat dalam melemahkan ekses di atas dengan “mengembalikan akar yang rusak ke sumbernya”, tercermin dari pernyataan di Ode to Elucidate Mysteries :”Yongqian KI-1 bergema di bumi,” dan nama lain titik ini adalah “hentakan bumi” (dichong) dan “bumi raya” (dichong).
Saat ginjal defisiensi di bawah, patologisnya adalah Qi dan Yang naik, defisiensi panas atau angin menyerbu ke tubuh atas mengacaukan kepala. Efek tenaga dari KI-1 dalam menurunkan dan membersihkan ekses tertulis dalam cerita Huatuo yang mengobati jenderal Wei Tai Cu (Jendral dinasti Wei) untuk angin kepala, pikiran yang bimbang, dan pandangan pusing. Mengikuti prinsip memilih titik-titik di tubuh bawah untuk mengobati tubuh atas, Huatuo memilih KI-1 dan Jendral segera sembuh.
Dalam praktek klinis, KI-1 terutama digunakan untuk : (1) naiknya Yang hati, api hati atau angin hati, (2) ketidakharmonisan jantung dan ginjal (3) gangguan tenggorokan.
Ginjal adalah akar dari Yin semua organ zangfu. Memiliki hubungan khusus dengan hati, jantung dan paru-paru yang semuanya dilewati oleh meridian ginjal. Menurut pepatah TCM :”Ginjal dan hati berbagi sumberl yang sama.” Air ginjal adalah ibunya kayu hati, dan yin ginjal adalah sumber yin hati. Saat air ginjal gagal menutrisi kayu hati, Yang hati akan menjadi garang dan tak terkendali naik ke kepala menyebabkan gejala sakit kepala di ubun-ubun, pusing, pandangan pusing, pandangan berkabut, hipertensi dan mimisan. Jika ekses Yang hati menghasilkan angin, akan terjadi epilepsi atau windstroke. KI-1 mampu mengatur ginjal, akar gejala ini, dan mengobati manifestasi dengan kuat menurunkan qi ke bawah dan patologis ekses.
Ginjal berunsur air dan jantung berunsur api. Ginjal dan jantung dikatakan saling mendukung satu sama lain. Yin ginjal menutrisi dan melembabkan yin jantung dan menangkap api jantung; serta Yang jantung turun menghangatkan ginjal. Keharmonisan antara ginjal dajntung adalah salah satu prasyarat untuk jiwa yang stabil dan damai. Saat Yin ginjal defisien dan defisien api jantung berkobar, atau hubungan ginjal dan jantung terputus, jiwa menjadi kacau, menyebabkan berbagai macam gangguan emosi mulai dari yang ringan (agitasi, insomnia, ingatan lemah, gampang takut), hingga parah (marah, ingin membunuh orang).
Ki-1 direkomendasikan dan secara luas digunakan di Cina untuk penderita insomnia dengan cara memijit KI-1sebelum tidur, atau memasukkan kaki dalam baskom panas untuk menurunkan ekses Yang.
Kemampuan KI-1 menahan naiknya defisiensi panas dan Yang liver, menenangkan jiwa, melunakkannya, khususnya cocok untuk mengobati gangguan menopause yang ditandai dengan hot flushes, keringat malam, insomnia, agitasi, cemas dan sakit kepala.
Meridian ginjal naik ke tenggorokan dan akar lidah. Saat api ganas dari defisiensi ginjal naik sepanjang meridian ginjal; menghanguskan cairan tubuh dan mengakibatkan tenggorokan mampet dan bengkak, tenggorokan sakit dan tidak bisa menelan serta lidah kering. Karena kemampuan KI-1 menurunkan panas dan api di area tenggorokan, KI-1 digunakan untuk mengobati tenggorokan nyeri dan bengkak karena berbagai sebab. Menurut Spiritual Pivot :”Meridian ginjal berujung di CV-23 lianquan, titik penting untuk mengobati gangguan lidah, dan KI-1 juga berindikasi untuk suara hilang, karena PPL atau windstroke. KI-1 juga digunakan untuk (1) gangguan paru-paru, (2) running piglet qi, (3) pingsan, (4) gangguan dua organ Yin.
Menurut pepatah TCM :”Paru-paru adalah kanopi dan ginjal adalah akarnya”. Sebagai organ zang paling atas, paru-paru menerima qi surga (qing qi) dalam cara yang sama, seperti hutan, paru-paru menerima cahaya dan oksigen yang penting bagi ginjal, qi turun ke bawah lewat pernafasan menuju akar. Jika ginjal defisien dan gagal menangkap qi, maka terjadi sesak nafas (dyspnoea) dan batuk.
Running piglet qi terutama naik saat qi stagnan berubah menjadi panas, atau saat defisiensi Yang ginjal menyebabkan akumulasi dingin di ciao bawah. Dalam kedua kasus ini, Qi dengan hebat dibuang dan bergegas ke atas sepanjang meridian chong mai.  Aksi KI-1 dalam mengharmoniskan ginjal dan hati serta mengarahkan patologis qi yang naik ke atas untuk turun ke bawah tercermin dalam penggunaannya dalam pengobatan gangguan ini.
KI-1 adalah titik jin wushu meridian ginjal, dan seperti titik jin meridian lainnya yang memiliki aksi kuat dalam membuka portal dan menyadarkan koleps untuk windstroke atau pingsan. Tercatat di dalam buku Song of the Nine Needles for Returning the Yang untuk pengobatan koleps Yang, ditandai dengan pingsan, tidak suka dingin, dingin mengalir ke tangan dan kaki, bibir ungu, dsb.
Ginjal mengatur dua organ yin bawah, anus dan saluran kencing. KI-1 digunakan untuk mengobati konstipasi, kshususnya saat defisiensi Yin dan berakibat kekeringan, serta susah BAK.
KI-1 adalah titik penting dalam praktek qigong. Mengarahkan pikiran ke KI-1, atau praktek masuk dan keluar nafas melewati titik ini, qi berakar dan turun di dantian bawah, membantu tubuh menyerap energi yin bumi. Umumnya, penggunaan dalam praktek akupunktur, khususnya untuknya Yang ekses menyerang ke jantung, paru-paru atau kepala.
Terakhir, KI-1 telah menjadi subjek dari banyak penelitian modren ke dalam aplikasi herbal untuk titik akupunktur ini. Berbagai zat herbal digiling menjadi pasta dan digunakan dalam titik ini untuk gangguan seperti sariawan dan hipertensi.

BL-67 (Zhiyin/ Reaching Yin/ Mencapai Yin)

Lokasi : sisi lateral jari kelingking kaki,0.1 cun bagian belakang sudut kuku.
Teknik menusuk : Tegak lurus/miring sedalam 0.1-0.2 cun, atau buang darah.
Keistimewaan : titik jin wushu  dan titik logam.
Aksi :
  • Membuang angin dan membersihkan kepala dan mata.
  • Memutar arah fetus dan mendorong melahirkan.
Indikasi :
  • Sakit kepala ubun-ubun, sakit kepala oksipital, kepala berat, leher nyeri, hidung tersumbat, mimisan, mata nyeri, inner canthus nyeri, superficial visual obstruction, tuli dan tinnitus, dada dan iga samping nyeri, agitasi jantung.
  • Retensi plasenta, letak fetus yang terbalik, masa melahirkan yang terlambat, susah melahirkan.
  • Susah BAK, gangguan nyeri perkemihan, mani emisi, malaria dingin, angin dingin dimulai dari ujung kaki kelingking, tidak berkeringat, panas di telapak kaki, kram, clonic spasm, lutut bengkak.
Pengobatan :
  • Untuk mempercepat kelahiran : BL-67 zhiyin dan ST-36 zusanli.
  • Sakit kepala ubun-ubun : BL-67 zhiyin, DU-20 baihui dan SI-3 houxi.
  • Gatal dan nyeri : BL-67 zhiyin dan ST-15 wuyi.
Penjelasan :
BL-67 adalah titik jin wushu dan titik logam meridian kandung kemih. Tidak seperti 11 titik jin meridian lainnya, BL-67 tidak memiliki catatan aksi jelas dalam memulihkan kesadaran dalam kasus koma atau koleps. Serta sama seperti titik jin meridian lain, BL-67 memiliki kemampuan terbatas untuk membersihkan panas dan penuh dari kepala.
Spritual Pivot berkata :”Untuk penyakit di kepala, pilihlah titik di kaki”, sementara buku Song to Keep Up Your Sleeve berkata :”BL-67 berindikasi untuk gangguan di muka dan kepala.” BL-67 terutama untuk sakit kepala ubun-ubun dan oksipital, baik karena PPL angin atau disharmoni interior, juga untuk gangguan di leher, mata, hidung dan telinga. Sebagai titik terakhir meridian BL, BL-67 khususnya dinamis dalam aksi, dalam praktek klinik, digunakan untuk gangguan akut daripada kronis.
Penggunaan utama dari BL-67, bagaimanapun dalam pengobatan bayi sungsang, sangat terkenal. Untuk memutar posisi bayi sungsang, diobati dengan moksa selama 15-20 menit di kedua kaki, atau batang moksa (lima sampai sepuluh batang setiap titik) satu sampai dua kali sehari. Wanita harus membuka bajunya dan  duduk dengan setengah berbaring. Praktek ini umum terjadi di Cina untuk mendemonstrasikan metode ini kepada wanita hamil ditambah beberapa moksa untuk pengerjaan di rumah. Hasil terbagus diraih saat pengobatan dimulai saat kandungan berusia 34 minggu. Penting untuk dicatat bahwa saat janin sudah memutar balik, moksa tidak boleh dilanjutkan lagi. Sebaliknya jika belum, janin sungsang harus terus dirangsang. Efek BL-67 di rahim meluas sampai untuk kelahiran yang terlambat, mempercepat bayi keluar dalam proses melahirkan, serta memaksa keluar plasenta sehabis melahirkan.
Menarik untuk dicatat bahwa walaupun hubungan intim antara ginjal dan rahim, titik yang bergabung dengan meridian BL, khususnya BL-67 dan BL-60 kunlun, daripada titik-titik meridian ginjal, dalam mendorong kelahiran. Menurut teori Yin Yang, Yang bergerak, Yin diam; Yang mendorong kelahiran, Yin untuk pertumbuhan/perkembangan”, dan “Saat Yin mencapai maksimum, Yin akan selalu berubah menjadi Yang.” Yin ginjal menutrisi dan menguasi perkembangan dan pertumbuhan janin melalui kandungan selama berbulan-bulan. Saat waktu kelahiran dekat, Yin mencapai puncaknya, Yang harus tumbuh untuk menurunkan bayi dan menyiapkan proses kelahiran yang kuat. Jika, saat menuju waktu kelahiran, tidak ada kecukupan aktivitas Yang dalam rahim, baik karena defsiensi atau stagnasi, Yang harus dirangsang dan didorong. BL-67 adalah titik akhir meridian BL, dimana qi berubah kutub dan masuk ke meridian Yin ginjal, tercermin dalam nama “Meraih Yin”. BL-67 adalah titik paling dinamis untuk mengaktifkan rahim dan memutar janin dan mendorong kelahiran khsusunya saat dirangsang dengan panas moksa.
Terakhir, BL-67 adalah satu dari sedikit titik meridian BL yang berindikasi untuk gangguan perkemihan, khususnya disfungsi nyeri perkemihan, dan susah BAK. Namun secara klinis, beberapa titik meridian BL jarang digunakan untuk penyakit ini.



BL-65 (Shugu/ Restraining Bone/ Tulang Shu)

Letak : Bagian belakang bawah dari kepala tulang metatarsal 5, batas warna kulit.
Keistimewaan : titik shu wushu dan titik kayu meridian BL.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.3-0.5 cun.
Aksi :
  • Membersihkan kepala dan mata.
  • Membersihkan panas dan melenyapkan bengkak.
  • Mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Sakit kepala, sakit kepala oksipitas, leher kaku, tuli, pandangan pusing, mata merah dan nyeri, inner canthus merah dan erosi, mata kuning.
  • Demam menggigil, tidak suka angin dan dingin, tubuh panas, malaria, depresi mania, carbuncular bengkak di punggung, wasir, diare.
  • Area lumbar dan punggung nyeri, paha nyeri.
Pengobatan :

  • Nyeri pinggul : BL-65 shugu, GB-30 huantiao, KI-8 jiaoxin, SP-6 sanyinjiao, KI-10 yingu.
  • Leher kaku dan takut angin : BL-65 shugu dan BL-10 tianzhu.
  • Nyeri lumbar dimana patah : BL-65 shugu, BL-58 feiyang dan BL56 chengjin.

Penjelasan :
Classic Difficulties menyatakan : “Dalam kasus defisiensi, kuatkanlah ibunya. Dalam kasus ekses, lemahkanlah anaknya.” BL-65 adalah titik kayu meridian BL dan menurut ‘teori ibu dan anak’, BL-65 mampu menurunkan ekses di meridian BL (kayu adalah anak, meridian BL adalah air), khususnya daerah kepala panas dan penuh. Meridian BL naik dari inner canthus melewati ubun-ubun, berhubungan dengan titik meridian GV dan GB di kepala, dan turun ke area oksipital dan leher. BL-65, oleh karena itu, berindikasi untuk mata dan inner canthus merah dan nyeri, sakit kepala (khususnya area oksipital), dan leher kaku.
Aksi membersihkan panas BL-65 untuk meredakan demam, khususnya diserang oleh angin, dan menghilangkan panas dari area anal dalam mengobati wasir. Seperti BL-40, BL-65 berindikasi untuk carbuncular bengkak di punggung dan clove sores (luka bernanah kecil, keras dan tajam).

BL-64 (Jinggu/ Capital Bone/ Tulang Besar)




Letak : lekukan di bawah tonjolan tulang metacarpal ke-5, batas warna kulit.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.3 – 0.5 cun.
Keistimewaan : titik yuan meridian kandung kemih.
Aksi :
  • Menenangkan jiwa.
  • Membersihkan kepala dan mata serta mengusir angin.
  • Merilekskan otot, mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Kepala berat dan nyeri dengan kaki dingin, kepala berat sekali, kepala panas, kepala berguncang, inner canthus merah, obstruksi visual luar, pandangan pusing, rhinitis dengan mimisan tidak berhenti, malaria, demam menggigil, tidak nafsu makan.
  • Debar jantung, nyeri jantung, depresi mania, epilepsi, cenderung takut.
  • Leher kaku, nyeri punggung dan sisi tubuh, nyeri lumbar, tidak suka dingin dan nyeri punggung, kaki pecah dan kering, qi kaki lembab dingin.
Pengobatan :

  • Tungkai kaki kontraksi :BL-64 jinggu, BL-56 chengjin, BL-57 chengshan, SP-5 shangqiu.
  • Alat kelamin nyeri : BL-64 jinggu, BL-23 shenshu, BL-52 zhishi, LR-3 taichong.
  • Kaki dingin : BL-64 jinggu, BL-65 shugu.
  • Kepala panas dan rhinitis dengan mimisan : BL-64 jinggu, BL-60 kunlun, BL-58 feiyang, BL-57 chengshan, SP-1 yinbai

Penjelasan :
BL-64 adalah titik yuan meridian kandung kemih, dan seperti titik meridian BL lainnya, BL-64 juga untuk mengobati kepala yang penuh. Kepala yang penuh dapat karena serangan PPL angin atau angin panas, angin dalam puting beliung, naiknya Yang karena defisiensi ginjal, atau disharmoni tubuh atas dan tubuh bawah. Adanya ekses di tubuh atas berwujud kepala panas, nyeri dan berat; kepala berat sekali, kepala berguncang, rhinitis dengan mimisan terus menerus, dll; sementara defisiensi memberikan gejala kaki dingin.
Meridian BL naik ke inner canthus dan BL-64 berindikasi untuk berbagai gangguan mata seperti pandangan pusing, inner canthus merah dan obkstruksi pandangan dangkal.
Meridian utama BL masuk ke otak, sementara meridian divergen kandung kemih masuk ke jantung, dan seperti beberapa titik BL lainnya, BL-64 untuk mengobati debar jantung, nyeri jantung, epilepsi, dan depresi mania.
Terakhir, BL-64 untuk mengobati nyeri, kaku dan kontraksi sepanjang meridian BL dari leher sampai kaki.

BL-63 (Jinmen/ Golden Gate/ Gerbang Emas)

Lokasi : daerah depan bagian bawah batas depan mata kaki luar, antara BL-62 dan BL-64.
Keistimewaan :
  • Titik xi meridian kandung kemih
  • Titik pertemuan meridian kandung kemih dan Yang Wei
Cara menusuk : Tegak lurus sedaam 0.3 – 0.5 cun.
Aksi :
  • Mengusir angin
  • Menenangkan kondisi akut
  • Merilekskan otot, mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Epilepsi, ketakutan (angin) pada anak-anak, sakit gigi, pingsan.
  • Gangguan shan tiba-tiba dan hebat, gangguan gejolak dengan kram (tiba-tiba), malaria, gemetar dan tidak bisa berdiri lama.
  • Nyeri lumbar, nyeri lutut, obstruksi nyeri di kaki, white tiger angin sendi, nyeri maleolus eksternal.
Pengobatan :

  • Otot kram : BL-63 jinmen dan GB-40 qiuxu.
  • Tuli : BL-63 jinmen, GB-41 zulinqi, LI-4 hegu
  • Tuli bilateral karena terluka dingin : BL-63 jinmen dan GB-2 tinghui.

Penjelasan :
BL-63 adalah titik xi meridian kandung kemih, Titik xi adalah titik dimana qi dan darah mengalir relatif dangkal sepanjang meridian dari titik jin, berkumpul dan terjun lebih dalam, berlaku dalam mengobati kondisi akut dan nyeri. BL-63 berindikasi untuk serangan tiba-tiba pada gangguan shan yang berat, gangguan gejolak tiba-tiba dengan kram, epiolepsi dengan nyeri sendi white tiger, manifestasi dari obstruksi nyeri yang ditandai dengan nyeri yang amat parah seperti digigit harimau.
Meskipun statusnya sebagai titik xi meridian BL, BL-63 (seperti titik meridian lainnya) secara traditional tidak memiliki aksi terhadap gangguan perkemihan. Dalam hal ini, titik meridian BL mirip dengan titik meridian SI, LI dan SJ yang titiknya memiliki aksi sedikit terdapat organ fu mereka.

BL-62 (Shen Mai/Extending Vessel/Meridian Melebar)

Lokasi : Daerah lekukan langsung di bawah batas mata kaki luar.
Cara menusuk : Tegak lurus sedalam 0.3 – 0.5 cun.
Keistimewaan :
  • Titik meridian istimewa yangciao
  • Titik setan Sun Si Miao
Aksi :
  • Mengusir angin dalam dan angin luar
  • Bermanfaat untuk kepala dan mata
  • Membuka dan mengatur meridian yangciao
  • Mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Demam menggigil, tidak suka angin dengan keringat spontan dan sakit kepala.
  • Angin pusing, angin kepala, sakit kepala, sakit kepala lateral dan tengah, angin kepala guntur, opisthotonos, mata menatap ke atas, mulut kejang, epilepsi, windstroke tidak bisa berbicara &hemiplegia; mulut, mata dan muka miring; qi berlawanan arah.
  • Mata merah, sakit mata yang berasal di inner canthus, mimisan, tuli, tinnitus.
  • Mania depresi, palpitasi, insomnia, jantung ketakutan.
  • Tengkuk kaku, Punggung kaku dan susah direntangkan, obstruksi nyeri dingin di area lumbar dan panggul; kaki dan pinggang nyeri; lutut susah ditekuk dan direntangkan; lateral malleolus  bengkak dan merah; straw shoe wind (tungkai kaki merah, nyeri dan bengkak).
  • Nyeri qi xue (wanita), dada penuh, leher dan ketiak bengkak.
Pengobatan :
  • Epilepsi malam hari : BL-62 shenmai dan KI-6 zhaohai (moksa).
  • Angin kepala dan sakit kepala : BL-62 shenmai dan BL-63 jinmen.
  • Angin kepala, pandangan pusing, tengkuk kaku : BL-62 shenmai, LI-10 shousanli, BL-63 jinmen.
  • Ketiak bengkak : BL-62 shenmai, GB-42 diwuhui, BL-39 weiyang, GB-38 yangfu, PC-1 tianchi, GB-41 toulinqi.
  • Sumsum tulang nyeri dan dingin : BL-62 shenmai, BL-11 dazhu, GB-39 xuanzhong, BL-23 shenshu, ST-45 lidui, KI-7 fului.
Penjelasan :
Dalam Ode of Obstructed River, penggunaan BL-62 disebut sebagai salah satu dari “delapan metode terapi”. Dalam deskripsi ini penerapan delapan titik meridian istimewa mempengaruhi gejala spesifik dan area tubuh tertentu, BL-62 berindikasi untuk “mengusir dingin dan panas serta mengobati sakit migrain dan angin kepala….”
BL-62 adalah titik taiyang meridian kandung kemih dan titik induk meridian istimewa Yangciao , sehingga memiliki nama lain “Yang Qiao”. Meridian kandung kemih mengalir dari kepala dan seluruh badang belakang, area tubuh Yang. Meridian kandung kemih berhubungan dengan meridian GV di DU-13 taodao, DU-14 dazhui, DU-17 naohu, DU-20 baihui, yang kemudian masuk ke otak. Meridian Yang qiao melintasi daerah sisi tubuh dan kepala, berhubungan dengan meridian kandung empedu di GB-20 fengchi dan masuk ke otak di DU-16 fengfu. Lebih jauh, meridian divergen kandung kemih masuk ke jantung. Jalur jaringan meridian membantu menjelaskan aksi utama dan indikasi dari titik ini.
Angin adalah faktor patogen Yang, ditandai dengan serangan tiba-tiba, cepat berubah, pergerakan konstan atau abnormal dan cenderung menyerang kepala serta tubuh bagian atas dan luar. Meridian taiyang adalah meridian terluar dari enam meridian dan umumnya pertama kali yang diserang oleh PPL angin. BL-62 khususnya berindikasi untuk bentuk umum serangan PPL angin (biasanya bergabung dengan panas atau dingin) dengan demam menggigil,tidak suka angin, leher kaku dan sakit kepala. Angin dingin, sebaliknya, muncul dari ketidakhamornisan interior, terutama hati. Angin dingin menyerang naik, mengganggu otak dan menimbulkan gejala seperti kejang mulut, opisthotonus, mata menatap ke atas, mulut dan mata miring, windstroke dan hemiplegia. Kemampuan BL-62 untuk menghilangkan angin dalam dan mengobati manifestasi refleksi dari sifat Yang ekstrim dari titik ini dan meridian ini ke kepala dan otak, daripada tindakan apapun di organ hati. Dengan kata lain, BL-62 mengobati manifestasi angin daripada akarnya.
BL-62 titik istimewa meridian Yangciao terkenal mengobati epilepsi di siang hari, sebaliknya KI-6 zhaohai (titik istimewa meriidan yinciao) secara terkenal untuk mengobati epilepsi malam hari. Epilepsi terutama mencakup 3 faktor, yaitu angin bergejolak, kekacauan jantung dan otak, serta reak. Fakta bahwa meridian utama kandung kemih masuk ke jantung dan meridian divergen kandung kemih berhubungan dengan jantung, digabungkan dengan kemampuan BL-62 untuk menghilangkan angin, menjelaskan efek khusus terhadap epilepsi. Nama lain BL-62m Guilu (jalan setan), BL-62 termasuk dalam 13 titik setan yang dikemukakan oleh Sun Si Miao untuk mengobati epilepsi dan mania. BL-62 lebih jauh berindikasi untuk gangguan jantung dan jiwa seperti palpitasi, insomnia dan depresi mania.
Spiritual Pivot berkata :”Saat meridian taiyang (kandung kemih) masuk ke otak, dibagi menjadi yinciao dan yangciao. Ini adalah tempat di man yin dan yang bertemu, Yang masuk ke Yin dan Yin bergerak keluar ke Yang, bertemu di sudut dalam mata. Saat Yang penuh, mata akan terbuka lebar; saat Yin penuh, mata akan tertutup rapat.”Dan “Saat wei qi tidak masuk ke yin, wei qi akan tetap kembali ke Yang. Saat weiqi kembali ke Yang, Yang qi akan penuh, meridian Yangciao akan penuh. Saat weiqi tidak masuk ke Yin, yin qi menjadi defisien dan mata tidak akan menutup.” Kutipan ini menjelaskan lebih jauh tentang kemampuan BL-62 mengobati insomnia.
BL-62 berbagi dengan titik meridian kandung kemih lain memiliiki kemampuan membersihkan panas ddan ekses dari kepala, baik karena PPL, api ekses, naiknya Yang atau angin ribut. BL-62 berindikasi untuk angin kepala dan sakit kepala yang mempengaruhi meridian di tengah (meridian BL), dan lateral (meridian Yangciao); pusing, mimisan, tuli dan tinnitus, dan khususnya gangguan mata, sebagaimana meridian BL dan meridian Yangciao berhubungan dengan inner canthus.
BL-62 dapat ditusuk untuk berbagai gangguan kesehatan lain yang berpengaruh terhadap meridian kandung kemih dan Yangciao. Contoh : nyeri area lumbar (meridian BL) dan pinggul (meridian yangciao)>
Terakhir, BL-62 berindikasi untuk ketiak dan leher bengkak. Indikasi ini dapat dijelaskan oleh jalannya meridian otot kandung kemih yang naik ke ketiak dan muncul di supraclavicular fossa dan melintasi leher.

BL-60 (Kunlun/ Kunlun Mountains/ Tinggi Besar)

Lokasi : Lekukan antara tonjolan mata kaki luar dan tendon akhilus.
Teknik menusuk : Tegak lurus sedalam 0.3-0.5 cun. Kontraindikasi untuk orang hamil.
Keistimewaan :
  • Titik jing (logam) wushu dan titik api
  • Titik Ma Dan Yang bintang surga.
Aksi :
  • Membersihkan panas dan Yang bawah
  • Menghilangkan angin dan menurunkan ekses.
  • Mengaktifkan seluruh meridian kandung kemih dan mengurangi nyeri.
  • Merilekskan otot dan menguatkan area lumbar.
  • Mendorong kelahiran.
Indikasi :
  • Epilepsi anak-anak, epilepsi, marah, kejang mulut, sakit kepala, kepala panas, pandangan pusing, mata merah, nyeri dan bengkak; mata nyeri meledak, gigi atas sakit, rhinitis dengan mimisan.
  • Leher kaku, bahu dan punggung kontraksi, nyeri jantung yang menjalar ke punggung, nyeri lumbar, nyeri sacrum, nyeri tulang ekor, nyeri panggul menjalar ke lutut belakang, nyeri mata kaki, hemiplegia.
  • Dada penuh, sesak nafas, malaria, batuk, malaria dengan keringat banyak.
  • Susah melahirkan, retensi plasenta, susah hamil, alat kelamin bengkak, nyeri perut, susah BAB.
Pengobatan :
  • Kepala sakit dan pusing : BL-60 kunlun, LR-8 ququan, BL-58 feiyang, SI-2 qiangu, SI-1 shaoze, HT-5 tongli.
  • Angin kepala : BL-60 kunlun, GB-43 xiaxi, DU-23 shangxing, DU-2 qianding, DU-20 baihui, SI-5 yanggu, LI-4 hegu, SJ-1 guanchong.
  • Epilepsi angin dengan mata menatap ke atas : BL-60 kunlun, DU-20 baihui, SJ-23 shizukong.
  • Mata kaki dan tumit nyeri : BL-60 kunlun, GB-39 xuanzhong, GB-40 qiuxu.
  • Windstroke satu sisi, badan layu dan nyeri terus menerus : BL-60 kunlun, LI-15 jianyu, GB-39 xuanzhong, KI-3 taixi, ST-36 zusanli, LI-11 quchi.
  • Straw shoe wind (kaki merah, nyeri dan bengkak) : BL-60 kunlun, BL-62 shenmai dan KI-3 taixi.
Penjelasan :
BL-60 adalah titik api meridian taiyang kandung kemh dan merupakan titik penting untuk membersihkan dan menurunkan ekses angin, api dan Yang dari tubuh bagian ata. Untuk mengerti lebih dalam tentang aksi titik ini, tiga faktor harus dimasukkan : 1) Sebagai titik api, BL-60 mampu membersihkan panas, api dan Yang ekses.  2) Meridian taiyang adalah meridian Yang terluar dari enam meridian. 3) BL-60 terletak di kaki, menuju akhir dari jalur meridian BL yang melintasi seluruh (yang) tubuh bagian belakang.
Prinsip “Untuk penyakit di kepala, pilihlah titik di kaki” berlaku baik untuk titik ini. BL-60 mampu membersihkan panas dan menurunkan Yang ekses dari kepala dalam kasus sakit kepala, kepala panas; mata merah, nyeri dan bengkak; nyeri mata meledak, mimisan dan sakit gigi, dan mengusir angin dari kepala dalam kasus epilepsi dan kejang mulut. Memang pada masa lalu abad 3 “Systematic Classic of Acupuncture and Moxibustion” menyatakan BL-60 :”menghilangkan angi dari kepala sampai kaki.” Walaupun BL-60 prinsipnya untuk mengobati sakit kepala oksipital, perlu diketahui bahwa meridian BL utama bertemu dengan meridian GV dan GB di DU-20 baihui di ubun-ubun, DU-24 shenting, GB-15 toulinqi menuju kepala depan, dan GB-7 qubin melewati GB-12 wangu di sisi kepala. Karena alasan inilah, BL-60 sering digunakan untuk nyeri di area kepala manapun.
Sangat menarik bahwa banyak indikasi yang bisa diobati oleh BL-60, ditandai dengan naiknya Yang, api yang bergejolak, dan angin ribut, menunjukkan gambaran klinis ketidakharmonisan hati. Sementara BL-60 tidak memiliki aksi langsung terhadap hati,sehingga tidak mampu mengobati akar gangguan tersebut, tetapi memiliki aksi besar dalam meredamkan gejala. Di waktu sama, ada paralel antara BL-60, titik api meridian “Yang tertinggi” dengan kualitas Yang hati yang sengit, kuat dan gigih.
Kemampuan BL-60 untuk mengaktifkan seluruh jalur meridian kandung kemih untuk mengendurkan otot dan menguatkan tulang belakang lumbar, menjadikan titik penting dalam pengobatan nyeri dan kontraksi di area mana saja sepanjang meridian. BL-60 adalah titik utama dalam mengobati sakit kepala oksipital dan sering dikombinasikan dengan SI-3 houxi untuk penyakit ini. Ini sama pentingnya dengan pengobatan di puunggung dan tulang belakang dari leher turun ke tulang ekor. BL-60 adalah salah satu titik yang mampu mengobati gangguan punggung atas dan tengah, sekali lagi sering dikombinasikan dengan SI-3 houxi. BL-60 secara khusus berindikasi untuk nyeir jantung yang menjalar dari dada ke punggung atas, cerminan dari jalannya meridian divergen kandung kemih yang menuju ke jantung. Dalam gangguan nyeir lumbar, di mana defisiensi ginjal sering sebagai akarnya, BL-60 dapat digabungkan dengan menusuk KI-3 Taixi. Ma Dan Yang, sinshe hebat dinasi Jin, memasukkan BL-60 dalam “sebelas titik bintang surga” untuk “area lumbar dan sakrum yang kram…. tidak bisa berjalan bahkan melangkah, serta mengerang kesakitan saat bergerak.” BL-60 sama berharganya untuk mengobati obstruksi meridian kandung kemih di tungkai kaki, khususnya nyeri panggul menjalar ke tungkai kaki belakang, yang sering dikombinasikan dengan titik BL-36 chengfu, BL-40 weizhong sebagai “rantai dan kunci”, gabungan titik untuk nyeri dan kaku, seperti beberapa titik kandung kemih yang mampu mengobati nyeri tumit.
Kemampuan BL-60 untuk mendorong kelahiran adalah cerminan lain dari kedua aksi (pergerakan) turun yang kuat, dan hubungan pasangan antara kandung kemih dan ginjal, yang mendominasi rahim. BL-60 dapat digabungkan dengan LI-4 hegu, SP-6 sanyinjiao dan BL-67 zhiyin untuk merangsang kelahiran,  mempercepat proses kelahiran yang lama, mengontrol nyeri dan mendorong pengeluaran paksa plasenta. Untuk alasan inilah, BL-60 kontraindikasi untuk orang hamil. Great Compendium of Acupuncture & Moxibustion menyarankan titik ini untuk merangsang kehamilan.
Terakhir, menarik untuk dicatat bahwa BL-60 untuk dada penuh, sesak nafas, dan batuk , sementara indikasi ini tidak memliki hubungan yang jelas terhadap meridian kandung kemih, ini tercermin dari titik jing yang menurut Classic Difficulties, mengobati sesak nafas dan batuk.

BL-58 (Feiyang/ Soaring Upwards/ Melayang)

Letak : 1 cun di bawah lateral BL-57, luar otot gastronemius.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.8-1.5 cun.
Keistimewaan : titik luo meridian kandung kemih.
Aksi :
  • Menyelarasakan tubuh atas dengan tubuh bawah.
  • Mengusir angin dari meridian taiyang.
  • Mengobati wasir
  • Mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Kepala panas, pusing, pandangan pusing, sakit kepala, leher dan tengkuk nyeri, kepala dan punggung nyeri, rhinitis, rhinitis dengan nyeri dan obstruksi di leher dan punggung, mimisan, hidung tersumbat, mania, epilepsi.
  • Demam menggigil, demam tanpa keringat, malaria, malaria tanpa haus.
  • Nyeri lumbar, tubuh berat dan tidak mampu duduk atau berdiri, gemetar dan tidak mampu duduk atau berdiri lama, gangguan atrofi kaki, tubuh bagian bawah dingin, kaki lemah, susah berjalan, kaki bengkak dan nyeri, sciatica, nyeri dan obstruksi angin di sendi, tidak bisa mengalir atau memanjangkan jari kaki.
  • Wasir, wasir bengkak dan nyeri, wasir berdarah.
Pengobatan :
  • Pusing dan nyeri mata : BL-58 feiyang dan SI-5 yanggu.
  • Sakit kepala dan pusing : BL-58 feiyang, BL-60 kunlun, LR-8 ququan, SI-2 qiangu, SI-1 shaoze, HT-5 tongli.
  • Nyeri leher, sendi dan berkeringat : BL-58 feiyang, KI-1 yongquan, GB-4 hanyan.
Penjelasan :
BL-58 adalah titik luo meridian kandung kemih. Pengujian antara aplikasi modren dengan indikasi tradisional mengungkapkan perbedaan yang signifikan. Secara klinis BL-58 paling umum digunakan saat ini adalah untuk gangguan anggota tubuh bawah dan nyeri pinggang, khususnya nyeri pinggung yang terletak sepanjang meridian kandung kemih dan kandung empedu atau di antara dua meridian tersebut. Ini tercermin dari lokasi BL-58 di meridian kandungkemih, yang bergerak menurun di kaki bagian belakang di BL-36 chengfu, melewati sisi meridian kandung empedu di kaki bawah.
Indikasi tradisional menunjukkan aplikasi yang lebih luas, ditandai dengan ekses di area atas, kadang-kadang bergabung dengan defisiensi di bagian bawah (bentuk yang menjelaskan kenapa diberi nama “Soaring upwards” dan nama alternatif “Yang terbang”).
Dari BL-58 titik luo bertemu meridian ginjal, menguatkan hubungan antara kedua meridian. Menurut Guide to the Classics of Acupuncture :”Titik luo terletak di antara dua meridian… Jika titik luo ditusuk, gejala kedua meridian berhubungan luar dalam dapat terobati.” Saat ginjal terkuras maka timbul defisiensi di tubuh bawah, seperti nyeri lumbar, tubuh bawah dingin, tidak bisa berdiri dan kaki lemah.
Aliran meridian kandung kemih dari kepala menuju kaki, titik-titik yang semakin diindikasikan untuk gangguan jiwa seperti mania, dan BL-58 adalah yang pertama untuk gangguan jiwa. Meridian kandung kemih utama berhubungan dengan meridian GV di DU-13 taodao dan DU-14 dazhui, DU-17 naohu, DU-20 baihui, yang masuk ke otak, sementara meridian divergen kandung kemih masuk ke jantung. Karena otak dan jantung telah dikutip sebagai tempat tinggal jiwa dalam tradisi TCM yang berbeda, kedua jalan meridian ini menjelaskan kemampuan BL-58 untuk menenangkan jiwa dan mengobati gangguan otak seperti mania dan epilepsi.
Saat faktor patogen, terutama PPL angin menyerang meridian taiyang, dapat memberikan gejala demam menggigil dengan tidak munculnya keringat, serta berbagai gejala lain yang mempengaruhi kepala seperti leher dan tengkuk nyeri, kepala panas, hidung tersumbat dan rhinitis, mimisan serta pusing. BL-58 adalah titik terpencil di meridian kaki taiyang, mampu mengusir patogen dari meridian, membebaskan PPL dan membersihkan tubuh atas (meridian).
Meridian divergen kandung kemih mengelilingi area anal, dan seperti BL-56 chengjin dan LB-57 chengshan, BL-58 klasik digunakan untuk mengobati wasir, wasir bengkak dan nyeri serta wasir berdarah.
Terakhir, Great Conpendium of Acupuncture and Moxibustion memberikan indikasi spesifik untuk tipe ekses dan defisiensi dari titik luo. Dalam kasus BL-58, dimana ada rhinitis dengan obstruksi dan nyeri di kepala dan punggung berarti ekses; sedangkan rhinitis dengan mimisan berarti defisiensi.

BL-57 (Support The Mountain/ Chengshan/ Bukit)

Letak : tengah garis hubung antara BL-40 dan ujung tumit tendon akhilus (daerah lekukan).
Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 1-2 cun.
Keistimewaan : titik bintang surga Ma Dan Yang.
Aksi :
  • Merilekskan otot, mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
  • Bermanfaat untuk betis dan tumit
  • Mengobati wasir.
Indikasi :
  • Wasir, wasir berdarah, wasir bengkak dan nyeri, konstipasi, rektum jatuh.
  • Area lumbar kaku dan nyeri, sciatica, susah duduk dan berdiri, tidak bisa berdiri dalam waktu lama, kram, otot nyeri dan mengkerut, qi kaki dengan lutut bengkak, kaki berat, atrofi kaki dan lemah, tumit nyeri, sensasi panas di telapak kaki dengan tidak sanggup berdiri lama.
  • Gemetar, malaria, mimisan, tenggorokan sakit, kepala panas.
Pengobatan :
  • Sembilan jenis wasir (dengan perdarahan) : BL-57 chengshan dan DU-1 changqiang.
  • Lima jenis wasir : BL-57 chengshan, BL-40 weizhong, BL-58 feiyang, GB-38 yangfu, KI-7 fuliu, LR-3 taichong, GB-43 xiaxi, CV-6 qihai, CV-1 huiyin, DU-1 changqiang.
  • Susah BAB : BL-57 chengshan dan KI-3 taixi.
  • Telapak kaki panas dengan tidak mampu berdiri lama : BL-57 chengshan, BL-56 chengjin, ST-38 tiaokou, ST-36 zusanli.
  • Angin usus (dengan darah di tinja) : BL-57 chengshan dan DU-1 changqiang.
Penjelasan :
BL-57 dimasukkan oleh Ma Dan Yang, sinshe hebat dinasti Jing, ke dalam 11 titik bintang surga, titik akupunktur paling penting. Secara klinis, BL-57 digunakan dalam tiga situasi utama : 1) wasir; 2) bebas nyeri dan mengkerut; 3) nyeri tumit.
Meridian divergen kandung kemih mengitari sekitar area dubur. Secara klinis, BL-57 diperhitungkan sebagai titik distal utama untuk mengobati semua penyakit wasir. Contoh: Dalam buku Song to Keep Up Your Sleeve berkata :”Untuk lima jenis wasir karena darah panas, pilihlah BL-57 dan tunggulah penyakit hilang tanpa jejak”, sementara Ma Dan Yang merekomendasikan BL-57 untuk “wasir dan susah defekasi”.
Betis nyeri dan mengkerut dapat karena cedera traumatik, obstruksi nyeri, atau gangguan gejolak tiba-tiba,tetapi paling umum ditemui dalam konteks ini adalah defisiensi darah liver. Essential Questions berkata :”Saat seseorang tidur, darah kembali ke liver”. Betis nyeri dan mengkerut cenderung terjadi di malam hari, saat tubuh sedang istirahat, darah kembali ke liver dan darah relatif kurang sehingga sirkulasi darah tidak mampu menutrisi dan melembutkan otot dan tendon di tangan dan akki. Gejala ini lebih sering muncul pada pasien yang menderita defisiensi darah khususnya wanita karena kehilangan darah dalam menstruasi, dan orang tua karena penurunan esensi cing dan darah disebabkan faktor usia. Walaupun tidak memiliki aksi dalam darah liver, BL-57 adalah titik lokal penting untuk mengobati gangguan ini.
Nyeri tumit dapat terjadi karena cedera traumatik, obstruksi nyeri atau defisiensi ginjal. BL-57 adalah titik penting proksimal untuk gangguan ini dan bisa ditambahkan titik yang coock dalam mengobatinyeri tumit karena penyebab apapun.
Terakhir, Ma Dan Yang dan sumber naskah terkenal lainnya menekankan penggunaan BL-57 dalam mengobati nyeri lumbar. Secara klinis, BL-57 sering digunakan untuk nyeri pinggul menjalar ke betis.


BL-49 (Yishe/ Abode Of Thought/ Rumah Emosi)

Lokasi : tiga cun lateral dari batas bawah TH-11, setinggi BL-20 pishu.
Cara menusuk : miring sedalam 0.3-0.5 cun.
Aksi :
  1. Membersihkan panas lembab
  2. Mengatur limpa dan lambung
Indikasi :
  1. Perut kembung dan penuh, dada dan iga lateral kembung dan nyeri, diare licin, susah menelan, muntah, urin kuning merah, tubuh panas dengan muka dan mata kuning.
  2. Nyeri punggung, diabetes, tidak suka angin dingin.
Pengobatan :
  1. Diabetes dengan ingin minum : BL-49 yishe, SJ-1 guanchong, KI-2 rangu.
  2. Diabetes karena defisiensi ginjal, tidak bekeringat, susah menggerakkan tulang lumbar, perut kembung dan iga lateral nyeri : BL-49 yishe, BL-29 zhonglushu.
  3. Mata kuning : BL-49 yishe, BL-48 yanggang, DU-17 naohu, BL-19 danshu.
Penjelasan :
BL-49 setingkat dengan BL-20 pishu, titik shu belakang limpa. Meskipun namanya (rumah emosi), indikasi psikologis dan emosi yang penting tidak tertulis dalam naskah-naskah utama. BL-49 mampu membersihkan panas lembab (urin kuning-merah, tubuh panas dengan muka dan mata kuning) dan mengatur keharmonisan lambung (muntah, susah menelan) dan limpa (perut penuh dan kembung, diare licin).
Karena kedekatannya dengan pankreas, sangat menarik untuk dicatat bahwa titik ini sering dicantumkan dalam pengobatan diabetes.
Menurut Essential Questions, lima titik luar kandung kemih yang setingkat titik shu belakang organ zang (BL-42 pohu, BL-44 shentang, BL-47 hunmen, BL-49 yishe, BL-52 zhishi) membersihkan panas dari lima organ zang, tindakan bersama oleh titik shu belakang organ zang.

BL-54 (Zhi Bian/ Order’s Limit/ Batas Perintah)

Lokasi : Tiga cun sisi lateral batas bawah sacrum-4.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 2-3 cun.
Aksi :

  1. Bermanfaat untuk area lumbar, mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
  2. Mengatur perkemihan dan mengobati wasir.

Indikasi :

  • Nyeri dan dingin di area lumbar dan sacrum, sakit lumbar defisiensi ginjal, pantat nyeri, sciatica, gangguan atrofi dan obstruksi nyeri di kaki.
  • Susah BAK, retensi urin, warna urin gelap, susah BAB, mani emisi, wasir, leukorhea keruh, alat kelamin keruh.

Pengobatan :

  • Retensi urin : BL-54 zhibian, BL-53 baohuang.
  • Tidak suka dingin di punggung dan tulang belakang kaku serta susah dibungkukkan : BL-54 zhibian, BL-46 geguan, BL-64 jinggu.

Penjelasan :
BL-54 adalah titik yang harus ada dalam pengobatan nyeri area lumbar, sacrum, pantat dan sciatica. Bersama BL-53 baohuang dan GB-30 huantiao, BL-54 adalah salah satu titik yang harus diraba dan ditusuk jika lembek, dalam semua kasus jika nyeir menjalar ke pantat dan kaki.
Menurut Investigation Into Points Along The Channels oleh Yan Zhen Shi, dinasti Ming, BL-54 berindikasi untuk “defisiensi ginjal nyeri lumbar, mani emisi dan leukorhea keruh”. Pernyataan ini menekankan bahwa BL-54 dalam pengobatan nyeri lumbar tidak terbatas pasa kasus stagnasi (seperti obstruksi nyeri), tetapi diperluas ke nyeri lumbar karena ginjal lemah.
Kesamaan dengan banyak titik di area sacrum yang terbentang antara kandung kemih dan usus, BL-54 mampu mengatur BAK dan BAB yang terhambat dan susah . BL-54 juga disebutkan dalam beberapa naskah untuk pengobatan lima macam wasir dengan bengkak.

BL-52 Zhishi (Residence of Will/ Rumah Hasrat)

Lokasi : Tiga cun lateral bawah lumbal 2, setinggi BL-23.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.5-1 cun. Penusukan terlalu dalam melukai ginjal.
Aksi :
  • Menguatkan ginjal dan bermanfaat untuk esensi cing.
  • Mengatur perkemihan.
  • Menguatkan area lumbar.
Indikasi :
  • Iga lateral nyeri dan penuh, muntah, susah BAK, perut dan hipogastrium penuh, gangguan gejolak tiba-tiba.
  • Lumbar nyeri dan kaku, nyeri punggung, BAK menetes, oedema, impoten, ejakulasi dini, mani emisi dengan mipi, alat kelamin nyeri dan bengkak.
Pengobatan :

  • Alat kelamin nyeri dan bengkak : BL-52 zhishi dan BL-53 baohuang.
  • BAK menetes : BL-52 zhishi , BL-39 weiyang, BL-33 zhongliao
  • Nyeri lumbar dengan tekanan di tulang belakang : BL-52 zhishi, GB-25 jingmen.
  • Kolik ginjal, disfungsi perkemihan dengan nyeri, darah dan batu saat BAK disertai muntah : BL-52 zhishi, BL-23 shenshu, BL-25 dachangshu, GB-25jingmen, ST-25 tianshu, SP-15 daheng, SP-6 sanyinjiao, PC-6 neiguan.

Penjelasan :
BL-52 setingkat dengan BL-23 shenshu, titik shu belakang ginjal. Walaupun namanya “rumah hasrat”, tidak ada referensi yang jelas di dalam naskah-naskah kuno penting dalam penggunaan titik ini untuk pengobatan emosional atau psychological.
BL-52 dikenal juga sebagai jinggong (rumah esensi), tercermin dalam kemampuan BL-52 untuk membentengi qi ginjal dan Yang, menguatkan fungsi seksual dan mengontrol pengeluaran mani/semen, ditunjukkan dengan indikasi untuk impoten, ejakulasi dini dan mani emisi.
BL-52 mampu menguatkan qi ginjal dan mengatur perekmihan dan BL-52 berindikasi untuk susah BAK atau BAK menetes dan oedema. BL-52 juga digunakan untuk pengobatan nyeri menjalar luas ke otot area lumbar karena keseleo, obstruksi nyeri atau defisiensi dan penyakit ginjal, contoh : renal colic. Tidak seperti BL-23,  penggunaan BL-52 terbatas untuk bentuk penyakit defisiensi ginjal dan kemampuannya tidak sehebat BL-23 dalam memelihara dan menguatkan ginjal.
Menurut Essential Questions, lima titik terluar kandung kemih yang setingkat limat titik shu belakang organ zang (BL-42 pohu, BL-44 shentang, BL-47 hunmen, BL-49 jishe dan BL-52 zhsihi) menghilangkan panas dari lima organ zang, berbagi aksi dengan titik shu belakang organ zang.

BL-43 (Gaohuangshu/ Vital Region Shu/ Energi Utama)

Letak : Tiga cun lateral meridian GV, di antara TH 4-5, setinggi BL-14 jueyinshu.
Cara menusuk : Serong sedalam 0.5-0.8 cun.
Aksi :
  • Menguatkan dan menutrisi paru-paru, jantung, ginjal, limpa dan lambung.
  • Menutrisi yin dan membersihkan panas.
  • Menenangkan jiwa
  • Memelihara qi asli
  • Menghilangkan reak
Indikasi :
  • Semua jenis defisiensi, defisiensi taxation paru-paru, defisiensi taxation, lima taxation dan tujuh luka, asma, batuk berdarah, keringat malam, keringat spontan, konsumsi, kurus, steaming bone disorder
  • Ingatan lemah, jantung berdebar, insomnia, mania api reak.
  • Mani emisi, mani emisi dengan mimpi, impoten.
  • Limpa dan lambung lemah dan defisien, makanan tidak tercerna (dalam tinja), penyempitan esofagus, muntah darah, kaki dan tangan lemah.
  • Pandangan pusing, pusing, penyakit reak, punggung dan bahu nyeri.
Pengobatan :
  • Ingatan lemah : BL-43 gaohuangshu, DU-11 shendao, KI-21 youmen, LU-7 lieque.
  • Ratusan gejala defisiensi taxation : moxa BL-43 gaohuangshu, Huanmen dan empat bunga (BL-17 geshu dan BL-19 danshu).
  • Keringat spontan : moxa BL-43 gaohuangshu.
Penjelasan :
“Gaohuang” bisa diartikan area vital. Konsep ini menyiratkan salah satu yang terdalam dan paling mendasar di area tubuh, pertama kali disebutkan di Master Zuo Jiu’s Tradition of the Spring and Autumn Annals (580 BCE), salah satu teks referensi  paling awal untuk akupuntur Pangeran Jin yang sedang sakit parah, yang dikirim ke sinshe terkenal Yihuan. Setelah memeriksa pasien, dokter Huan menyatakan bahwa penyakit telah berdiam di area gaohuang (antara jantung dan diafragma) sehingga “tidak dapat dibersihkan, tidak dapat dicapai (dengan jarum), obat-obatan tidak bisa menembusnya, tidak ada yang bisa dilakukan.”
BL-43 dibahas lebih luas dan menyeluruh di buku “Method of Moxibustion at Gaohuangshu” oleh Zhuang Zhuo 1128. Zhuang terinspirasi menulis buku ini setelah sembuh dari berbagai penyakit termasuk malaria dan beri-beri, dengan 300 batang moksa dibakar di BL-43. Dia mengukur lokasi BL-43 dari berbagai ukuran tubuh pasien dan memberikan diagram dan intruksi khusus tentang lokasi titik.
Dalam diskusi titik ini, Sun Si Miao dalam buku “Thousand Ducat Formulas” dengan sederhana menyatakan :”BL-43, tidak ada gangguan yang tidak bisa diobati”, dan “satu moksa penuh, membuat Yang qi pasien menjadi sehat dan penuh.” Banyak teks dalam buku-buku kuno menyatakan bahwa BL-43 kontraindikasi di tusuk dan menekankan pengobatan dengan moksibasi, contoh dalam Illustrated Acupuncture Point on the Bronze Man merekomendasikan penggunaan moksa dari 100 hingga 300 batang di BL-43. Naskah lebih awal, menekankan setelah moksa di BL-43, moksa harus dilakukan di bawah pusar, seperti CV-6 Qihai dan CV-4 guanyuan agar mengalir ke bawah sehingga panas dihasilkan.
Pemeriksaan yang cermat dari indikasi klasik titik ini menunjukkan kiprahnya di paru-paru, jantung, ginjal, limpa dan lambung; seperti BL-13 feishu dan BL-42 pohu, BL-43 mampu mengobati defisiensi parah (khususnya Yin) paru-paru, dan berindikasi untuk konsumsi paru-paru, batuk, batuk berdarah, gangguan steaming bone, keringat malam dan kekurusan. Dengan menutrisi dan menenangkan jantung, BL-43 mampu mengobati ingatan lemah, jantung berdebar, insomnia, dan mania api reak. Tindakannya di ginjal, mampu mengobati defisiensi dan kelemahan di limpa dan lambung, makanan tidak tercerna dalam tinja dan kelelahan empat anggota gerak. Begitu besar aksi menguatkan dari BL-43, dan dikatakan BL-43 mampu menguatkan qi asli dan mengobati setiap jenis defisiensi, lima jenis taxation dan tujuh macam luka. Terakhir, adalah sangat menarik untuk dicatat bahwa BL-43 mampu mengobati penyakit reak. Sun Si Miao dalam “Supplement to the Thousand Formulas” berkata BL-43 mampu menghentikan penyakit reak dalam penyakit kronis. Reak merupakan faktor patologis besar dalam penyakit sulit dan kronis sudah lama didokumentasikan dan tercermin dalam pepatah :”Ratusan penyakit semua berhubungan dengan reak”, “Penyakit reak sering mencakup reak”, dan “Tidak ada tempat yang tidak dapat diraih reak”.

BL-42 (Pohu/ Door of the Corporeal Soul/ Pelindung Semangat)

Lokasi : Tiga cun dari lateral meridian GV, setinggi TH-3/ BL-13 feishu.
Cara menusuk : Miring sedalam 0.3-0.5 cun. Dilarang penusukan tegak lurus, dapat menyebabkan pneumothorax.
Aksi :
  • Menguatkan dan menutrisi paru-paru
  • Meringankan sesak nafas dan mengurangi batuk.
  • Mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Atrofi paru-paru, konsumsi paru-paru, defisiensi-taxationtaxation batuk dengan panas di tubuh, batuk, asma, takut dingin, sesak nafas.
  • Bahu, belikat dan punggung  nyeri; dada dan punggung nyeri; leher kaku.
  • Muntah dengan agitasi dan penuh, hilang kesadaran, three corpse possession disorder
Pengobatan :
  • Tidak bisa memutar leher : BL-42 pohu dan GB-21 jianjing.
  • Batuk dengan qi melawan, sesak nafas, muntah busa dan gigi terkatup : BL-42 pohu, LI-18 futu, SI-17 tianrong, CV-23 lianguan, ST-11 qishe, BL-45 yixi.
  • Konsumsi paru-paru : BL-42 pohu dan BL-43 gaohuangshu.
Penjelasan :
BL-42 terletak di bagian luar dari titik BL-13 feishu (titik shu belakang LU). Nama dari titik ini (Door of the Corporeal Soul) menganjurk titik ini efektif dalam mengobati gangguan jiwa jasmani (po) dan emosi yang berkaitan dengan ketidakharmonisan paru-paru. Kenyataannya, dengan pengecualian “tiga gangguan posisi mayat”, indikasi kuno titik ini didominasi mencerminkan penggunaan dalam menutrisi dan menguatkan paru-paru. “Three corpse possession disorder” adalah konsep tao yang mengacu pada pembentukan “kepunyaan” dan dibagi menjadi “mayat atas” menyerang mata, “mayat tengah” menyerang lima organ zang, dan “mayat bawah” menyerang kehidupan manusia.
Gambaran klinis dominan menyatakan indikasi yang terkenal luas untuk titik ini adalah kelelahan paru-paru yang parah. BL-42 untuk mengoati atrofi paru-paru, `konsumsi paru-paru, defisiensi taxation, taxation batuk dengan panas di tubuh, dll. BL-42 mampu menguatkan paru-paru di tingkat terdalam, sama dengan BL-43 gaohuangshu, walaupun kurang terkenal.
Menurut Essential Questions, lima titik luar yang setingkat dengan titik shu belakang lima organ zang (BL-42 pohu, BL-44 shentang, BL-47 huanmen, BL-49 yishe, BL-52 zhishi) menghilangkan panas dari lima organ zang, berbagi aksi dengan lima titik shu belakang organ zang.

BL-40 (Weizhong/ Middle of The Crook/ Tengah Poptilea)

Letak : Di tengah lipatan lutut bagian belakang, antara tendon otot biseps femoris dan otot semitendinosus.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 1-1.5 cun, atau mengeluarkan darah.
Keistimewaan :
  • Titik he dan titik tanah meridian kandung kemih
  • Titik perintah Gao Wu
  • Titik bintang surga Ma Dan Yang
Aksi :
  • Bermanfaat untuk area lumbar dan kaki
  • Mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri
  • Mendinginkan darah
  • Membersihkan panas dan menghentikan muntah dan diare.
  • Bermanfaat untuk kandung kemih.
Indikasi :
  • Tulang lumbar kaku dan nyeri, area lumbar dan pantat berat, rasa dingin di tulang sakrum, ekor dan paha; lutut nyeri sampai ibu jari kaki, susah meregangkan panggul dan lutut, kontraksi otot di sekitar popliteal fossa, kaki lemah, gangguan atrofi dan obstruksi nyeri di kaki, obstruksi nyeri angin, windstroke, hemiplegia.
  • Terluka oleh panas, demam tanpa keringat, terluka oleh dingin dengan panas di kaki dan tangan, demam menggigil berselingan, malaria, haus terus menerus, perut bawah penuh, muntah diare, disentri.
  • Enuresis, susah BAK, urin gelap, hypogastrium nyeri dan kembung.
  • Mimisan, gigi bawah nyeri, sakit kepala, tenggorokan nyeri, epilepsi, nyeri wasir.
  • clove sores, erysipelas, eczema, urticaria.
Pengobatan :
  • Area lumbar dan kaki nyeri : BL-40 weizhong dan DU-26 renzhong.
  • Nyeri lumbar karena defisiensi ginjal : BL-40 weizhong, BL-23 shenshu, KI-3 taixi, BL-30 baihuanshu.
  • Nyeri lumbar : BL-40 weizhong, GB-30 huantiao; jika nyeri menjalar ke punggung atas tambah BL-60 kunlun.
  • Nyeri lumbar dan susah bergerak : BL-40 weizhong, GB-31 fengshi, LR-2 xingjian.
  • Nyeri punggung menjalar ke pinggang : BL-40 weizhong, BL-30 baihuanshu.
  • Obstruksi nyeri angin lembab : BL-40 weizhong , LI-8 xialian.
  • Kaki lemah : BL-40 weizhong, ST-36 zusanli, BL-57 chengshan.
  • Lima jenis wasir : BL-40 weizhong, BL-57 chengshan, BL-58 feiyang, GB-38 yangfu, KI-7 fuliu, LR-3 taichong, GB-43 xiaxi, CV-6 qihai, CV-1 huiyin, DU-1 changqiang.
  • Enuresis : BL-40 weizhong, ST-22 guanmen, HT-7 shenmen
  • Mimisan tidak berhenti : BL-40 weizhong, CV-24 chengjiang.
  • MImisan terus menerus dan parah : BL-40 weizhong dan SP-1 yinbai.
Penjelasan :
BL-40 adalah titik he bawah meridian kandung kemih dan sudah lama dianggap sebagai salah satu titik akupunktur terpenting. Menurut Ma Dan Yang, sinshe hebat dinasti Jin, BL-40 adalah satu dari 11 titik bintang surga, berindikasi untuk “nyeri lumbar dengan tidak mempu diluruskan, nyeri lumbar parah yang menjalar ke punggung dengan otot dan tulang nyeri kaku, obstruksi angin nyeri, yang sering berulang, serta lutut yang susah dilipat dan diluruskan.” Penulis Gao Wu dari dinasti Ming “Glorious Anthology of Acupuncture and Moxibustion” memasukkan BL-40 dalam “empat titik komando” dengan aksi khusus dalam nyeri lumbar. Sun Si Miao dalam Thousand Ducat Formula berkata BL-40 untuk nyeri lumbar dan tulang belakang yang hampir mencapai kepala; dalam kasus berat dan nyeri di area lumbar dan kaki, keluarkan darah.
BL-40 sama efektifnya untuk nyeri lumbar akut atau kronis, apapun penyebabnya, serta untuk nyeri panggul menjalar ke bawah (meridian BL); BL-40 merupakan titik penting untuk gangguan atrofi dan obstruksi nyeri di kaki. Dalam kasus nyeri lumbar akut, BL-40 dapat ditusuk atau dibuang darah. Area BL-40 diperiksa ( di sisi yang terpengaruh jika keseleo di satu sisi, atau di kedua sisi jika keseleo bilateral). Jika pembuluh darah menghitam dan membesar terlihat di area sekitar titik tersebut, minta pasien untuk berdiri (tangan ditaruh di ranjang), pembuluh darah terjatuh, membesar dan mendorong aliran darah, segeralah membasuh dengan alkohol dan buang darah di titik tersebut.
BL-40 juga titik lokal penting dalam mengobati gangguan lutut yang tidak nyaman terletak di depan atau belakang lutut; tusuklah titik ini ke dalam sendi.
Nama lain untuk BL-40 dalam beberapa naskah kuno adalah Xue xi (darah xi). Menurut Spiritual Pivot, “Meridian Taiyang penuh dengan darah dan qi…. sehingga cocok untuk mengeluarkan dan mengeringkan darah di taiyang…” Ini tidak hanya menjelaskan efek kuat dari pembuangan darah di BL-40 untuk menghentikan darah statis dalam sakit keseleo lumbar akut, tetapi BL-40 mampu mendinginkan darah dalam kasus mimisan dan berbagai gangguan kulit, dalam kasus ini juga dapat dibuang darah. Menariknya, satu dari dua meridian yang penuh dengan darah dan qi menurut Spiritual Pivot adalah meridian Jue yin, dan ini dapat menjelaskan secara langsung kemiripan antara BL-40 weizhong dan PC-3 quze, titik he meridian perikardium jueyin.Kedua titik ini ( terletak di pergelangan tangan dan kaki masing-masing) dengan cara dikeluarkan darah untuk membersihkan panas di tingkat/level darah dan digunakan untuk mengobati stroke (panas), gangguan gejolak tiba-tiba dengan panas di kedua tangan dan kaki, haus terus menerus, muntah dan diare. BL-40 bukan hanya untuk demam (musim panas), tetapi juga demam tanpa keringat, terluka oleh dingin dan panas di keempat kaki dan tangan, demam menggigil berselingan, serta malaria.
Spiritual Pivot menyatakan :” Saat penyakit di antara Yin dengan Yang (kulit), tusuklah titik he meridian Yang”. Sementara ini bukan prinsip universal yang berlaku, LI-11 quchi dan BL-40, tiitk he usus besar dan kandung kemih, adalah 2 titik paling penting dalam pengobatan penyakit kulit. BL-40 untuk penyakit erysipelas (cinnabar toxin), eczema dan urticaria.
Secara keseluruhan beberapa titik meridian BL mengobati organ fu, terutama BL-28 pangguangshu (titik shu belakang BL), BL-23 shenshu (titik shu belakang KI), BL-39 (titik he bawah sanciao) dan titik-titik yang berdekatan dengan kandung kemih di punggung bawah. BL-40 berindikasi untuk berbagai gangguan perkemihan dengan ciri-ciri enuresis, susah BAK, warna urin gelap, nyeri hipogastrium dan kembung, dan ini mungkin sebagian dapat dijelaskan kedekatannya dengan BL-39 weiyang.
Meridian divergen kandung kemih terpisah dari meridian utamanya di popliteal fosaa dan naik mengelilingi sekitar anus. BL-40 berindikasi dan termasuk dalam kombinasi klasik untuk pengobatan perdarahan, sering dikombinasikan dengan LB-57 chengshan yang dianggap sebagai titik utama untuk tujuan ini.
Terakhir, menurut Essential Questions, BL-40 adalah satu dari delapan titik untuk menghilangkan panas dari kaki dan tangan (walaupun faktanya hanya 7 titik yang disebutkan), yaitu LU-2 yunmen, LI-15 jianyu, BL-40 weizhong, DU-2 yaoshu.

BL-39 (Weiyang/ Outside of the Crook/ Luar Poptilea)

Lokasi : Di sebelah sisi luar lipatan lutut bagian belakang pada batas tendon otot biseps femoris.
Cara menusuk : Tegak lurus sedalam 1-1.5 cun.
Keistimewaan : titik he bawah sanciao.
Aksi :
  • Menyelaraskan sanciao dan mengatur perkemihan
  • Mengaktifkan meridian dan mengurangi nyeri.
Indikasi :
  • Susah BAK, retensi urin, disfungsi nyeri perkemihan, enuresis.
  • Tulang belakang lumbar kaku dan nyeri, nyeri lumbar menjalar ke perut, kaki kontraksi dan nyeri
  • Rasa penuh di dada, ketiak nyeri dan bengkak, perut bawah kembung dan penuh, wasir, konstipasi
Pengobatan :
  • BAK menetes : BL-39 weiyang, BL-52 zhishi, BL-33 zhongliao
  • Ketiak bengkak : BL-39 weiyang, PC-1 tianshi.
  • Nyeri di lumbar dengan tidak mampu meluruskan dan membengkokkan : BL-39 weiyang, BL-37 yinmen, SP-3 taibai, SP-9 yinlingquan, LR-2 xingjian.
Penjelasan :
Buku Spiritual Pivot menyatakan :”Titik he untuk mengobati organ fu dalam.” Tiga meridian Yang tangan (sanciao, usus kecil dan usus besar) memiliki titik he di meridian masing-masing (SJ-10 tianjing, LI-11 quchi, dan SI-8 xiaohai). Ini terbukti, saat seseorang menguji indikasi dari tiap-tiap titik, dan titik he (di tangan) memiliki aksi sedikit terhadap organ fu. Ini tidak terduga mengingat fakta bahwa jalur meridiannya terdapat di lengan, sedangkan dalam kasus di usus, organ fu-nya terdapat di ciao bawah. Dalam bab yang sama di Spiritual Pivot, memperbaiki kontradiksi dengan menunjuk titik he bawah di tungkai kaki dari meridian Yang tangan (BL-39 weiyang, ST-37 shangjuxu dan ST-39 xiajuxu).
BL-39 sebagai titik he bawah sanciao, memiliki aksi khusus dalam mengobati gangguan perkemihan. Spiritual Pivot menekankan hubungan dekat antara sanciao, kandung kemih dan ginjal serta menyatakan adanya hubungan langsung antara BL-39 dan organ kandung kemih. Menurut Essential Questions :”Sanciao bertanggung jawab atas pembuangan air dan mengontrol saluran air”, sementara buku dinasti Ming  Introduction to Medicine menguraikan “ciao bawah mendominasi dalam pergerakan dan pembuangan urin dan feses, dan di waktu yang tepat membuangnya…. sehingga dikatakan bahwa ciao bawah seperti pipa saluran.” Spiritual Pivot mengatakan BL-39 —”Saat ekses terjadi retensi urin, saat defisiensi terjadi enuresis. Saat enuresis, dikuatkan; saat retensi, dilemahkan.” Dan “Dalam penyakit tipe sanciao, maka teradapat perut terus penuh, perut bawah keras dan tidak bisa BAK, menyebabkan penderitaan ekstrim, air akan melimpah dan menyebabkan oedema, dan perut kembung, maka pilihlah BL-39″.
Sebagai titik he bawah sanciao di meridian kandung kemih, BL-39 secara khusus beraksi dalam mengubah qi di kandung kemih (terakhir dikontrol oleh ginjal) sehingga BL-39 merupakan titik penting dalam mengobati retensi urin atau susah berkemih serta enuresis.
Sebuah indikasi menarik di naskah kuno untuk titik ini adalah nyeri dan bengkak di ketiak. Ini bisa dijelaskan oleh jalannya meridian otot kandugn kemih atau lebih tepatnya gejala meridian sanciao.


BL-36 (Chengfu/Hold and Support/ Menunjang Dengan Kuat)

Lokasi : Di bagian bawah lipatan bokong-paha.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 1-2 cun.
Aksi :

  • Mengaktifkan meridian, melemaskan tendon dan mengurangi nyeri
  • Mengatur ciao bawah
  • Mengobati wasir

Indikasi :

  • Nyeri lumbar, nyeri di area sakrum dan tulang ekor, nyeri pantat, panggul ngilu, gangguan atrofi dan nyeri di kaki.
  • Susah BAB, susah BAK, alat kelamin nyeri, mani emisi, uterus dingin, ketiak bengkak.
  • Wasir kronis, wasir berdarah.

Pengobatan :

  • Sciatica : BL-36, BL-32 ciliao, BL-54 zhibian, BL-40 weizhong, BL-60 kunlun.
  • Wasir, ketiak bengkak : BL-36, BL-56 chengjin, BL-40 weizhong, SI-5 yanggu.
  • Susah BAK dan mani emisi : BL-36, SP-7 lougu, CV-3 zhongji, LR-5 ligou, BL-67 zhiyin.

Penjelasan :
BL-36 sangat banyak digunakan untuk nyeri yang menjalar sampai meridian kandung kemih, dari area lumbar dan pantat. BL-37 khusus digunakan untuk nyeri pantat dan panggul yang semakin buruk saat duduk. Penerapan kedua sebagai titik yang berdekatan untuk pengobatan wasir.

BL-32 (Ci Liao/ Second Crevice/ Tulang Kedua)

Letak : satu jari dari luar meridian GV, setinggi BL-27.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 0.5-1 cun. Wanita hamil dilarang ditusuk.
Keistimewaan : titik pertemuan meridian kandung kemih dan kandung empedu.
Aksi :
  • Mengatur ciao bawah dan memudahkan BAK dan BAB.
  • Mengatur menstruasi dan menghentikan leukorhea.
  • Bermanfaat untuk area lumbar dan kaki.
Indikasi : 
  • Disfungsi nyeri urin, urin gelap, retensi urin, susah BAK dan BAB, enuresis, konstipasi, borborygmus, diare air, gangguan shan, area di bawah jantung keras dan kembung.
  • Leukorhea putih dan merah, dysmenorrhea, menstruasi tidak teratur, mandul, nyeri persalinan.
  • Nyeri lumbar, nyeri sakrum, mati rasa dari area lumbar sampai kaki, sensasi dingin di area lumbar, nyeri lumbar menjalar ke area kelamin, sciatica, kaki nyeri,  hemiplegia.
 Pengobatan : 
  • Mandul : BL-32 ciliao, KI-1 yongquan, SP-5 shangqiu.
  • Nyeri di area lumbar dan tidak suka dingin : BL-32 ciliao, BL-53 baohuang, BL-56 chengjin
  • Sciatica (panggul ngilu) : BL-32 ciliao, BL-36 chengfu, BL-54 zhibian, BL-40  weizhong, BL-60 kunlun.
Penjelasan :

Titik BL-31 Shangliao, BL-32, BL-33 zhongliao, BL-34 xiaoliao sering dianggap sebagai sebuah grup dan dikenal sebagai baliao (delapan celah). Dalam hal aksi dan indikasi, semuanya (8 liao) adalah sangat mirip, berbagi sifat sama dalam mengatur berbagai gangguan di ciao bawah, khususnya : 1) sistem perkemihan. BL-32 dan BL-33 adalah yang terkuat dalam aksi sistem perkemihan, berindikasi untuk disfungsi nyeri perkemihan, retensi urin, enuresis, susah BAK, dll. 2) Usus. Semua empat titikmengobati susah BAB, BL-34 memiliki aksi paling luas dalam usus, dalam buku Great Conpendium of Acupuncture and Moxibustion  untuk mengobati :”borborygmus dan diare, luka dalam oleh dingin lembab, darah dalam tinja. 3) Gangguan kelamin seperti dysmenorrhea, mandul, menstruasi tidak teratur, dan leukorhea, dimana BL-34 juga adlaah terkuat untuk gangguan kelamin (penis nyeri dan bengkak, leurkorhea hijau terus menerus dengan nyeri vagina, testis bengkak). 4) Menguatkan aliran qi dan dan darah di meridian dan kolateral di area lokal dan anggota gerak bawah, dengan BL-32 dan BL-33 yang memiliki aksi terkuat dalam kemampuan mengobati gangguan seperti nyeri lumbar, nyeri sakrum, gangguan atrofi, dan kaki bawah nyeri, dll.
BL-33 berindikasi untuk “lima taxations, tujuh luka, dan enam ekstrim.” Semua adalah bentuk kelelahan ekstrim. Ini menggarisbawahi aspek selanjutnya dari aksi delapan liao secara keseluruhan, yang menguntungkan, menghangatkan, menguatkan dan melengkapi ginjal, memiliki indikasi untuk impoten, mandul, mani emisi dan keputihan yang terus menerus. Semua delapan liao secara khusus berindikasi untuk untuk susah BAK dan/atau BAB. Defisiensi ginjal adalah bentuk penting yang menggarisbawahi gangguan ini, yang sering terlihat pada orang tua dan pasien lemah. Sun Si Miao, sebagai contoh, dalam buku Thousand Ducat Formula memberikan moksa di seluruh delapan liao untuk susah BAB dan BAK.

Dalam praktek, BL-32 paling sering digunakan di antara empat titik ini, memiliki indikasi paling luas cakupannya. BL-32 sering digunakan dalam pengobatan dysmenorrhea yang menjalar ke area sakrum, juga nyeri pinggang selama persalinan. Untuk membebaskan nyeri persalinan, menusuk BL-32 digabungkan dengan elektro-akupunktur. Gagang jarum dibengkokan 90 derajat dan ditempel di kulit supaya wanita dapat berbaring.

BL-28 (Pangguangshu/Shu Kandung Kemih)

Letak : dua jari sisi luar meridian GV, setinggi S-2 dan S-3
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 1-1.5 cun.
Keistimewaan : titik shu belakang meridian kandung kemih.
Aksi :
  • Mengatur kandung kemih
  • Membersihkan panas lembab di ciao bawah.
  • Menghentikan stagnasi dan menghilangkan massa (keras)
  • Bermanfaat untuk area lumbar dan kaki
Indikasi :
  • Susah BAK, urin tua dengan aliran tidak lancar, retensi urin, enuresis, disfungsi nyeri BAK disertai urin keruh.
  • Mani emisi, alat kelamin luar nyeri dan bengkak, Alat kelamin koreng, gatal lembab, vagina bengkak dan nyeri, defisiensi bengkak pada penis.
  • Diare, diare dengan nyeri perut, susah BAB, konstipasi, massa perut keras (ji ju), diabetes, qi kurang.
  • Tulang sakrum dan ekor kaku dan nyeri, tulang lumbar nyeri dan kaku menjalar sampai ke epigastrium, susah untuk bungkuk, lumbar nyeri kaku taxation angin, tidak sanggup duduk lama, kaki bawah kontraksi dan dingin, kaki kesemutan, gangguan atrofi, kaki berat, sciatica.
Pengobatan :

  • Enuresis : BL-28 pangguangshu, HT-5 tongli, LR-1 dadun, SP-11 jimen, LR-3 taichong, BL-40 weizhong, HT-7 shenmen.
  • Rektum jatuh : BL-28 pangguangshu, CV-8 shengque, DU-8 baihui.
  • Warna urin tua : BL-28 pangguangshu, GB-12 wangu, BL-27 xiaochangshu, BL-30 baihuanshu.
  • Area pinggang kaku dan nyeri : BL-28 pangguangshu, BL-27 xiaochangshu, BL-40 weizhong, DU-2 yaoshu, KI-1 yongquan.
Penjelasan :

BL-28 adalah titik shu belakang kandung kemih dimana qi kandung kemih muncul dari dalam tubuh ke permukaan tubuh. Aksi utamanya adalah mengeringkan panas lembab ekses dari kandung kemih dan sistem kelamin. Panas lembab kandung kemih dapat karena : 1) serangan PPL (panas lembab atau dingin lembab yang berubah menjadi panas), khususnya hasil dari memakai pakaian yang tidak baik (basah, tipis) atau duduk di lantai lembab; 2) terlalu banyak makan makanan panas lembab (pedas, berminyak, manis, alkohol, dll); 3) api jantung menyebar turun lewat usus kecil ke kandung kmeih; 4) panas lembab hati mengalir ke kandung kemih; 5) hubungan intim ekses atau tidak menjaga kebersihan.
Panas lembab kandung kemih secara khusus berwujud dalam nyeri BAK, susah BAK, BAK ragu-ragu dan sering BAK dengan urin warna gelap dan sedikit. Sebagai titik shu belakang kandung kemih, BL-28 memiliki aksi langsung terhadap organ kandung kemih, bukan hanya titik penting mengeringkan panas lembab kandung kemih tetapi lebih luas untuk berbagai gangguan perkemihan.
Penggunaan BL-28 tidak terbatas untuk kandung kemih saja. Adalah prinsip pengobatan penting dalam TCM bahwa panas lembab di bagian tubuh mana saja khususnya di ciao bawah, dibersihkan dengan pengeringan melalui BAK. BL-28 aktif mendorong BAK, sehingga berindikasi untuk panas lembab yang mempengaruhi : 1) area usus menyebabkan diare; 2) area kelamin menimbulkan gejala alata kelamin luar nyeri dan bengkak, alat kelamin koreng dan lembab gatal, vagina bengkak dan nyeri, dll.
Aksi penting kedua BL-28 adalah mengobati berbagai gangguan area lumbar, sakrum, pantat dan tulang ekor, tungkai kaki serta untuk gangguan ekses dan defisiensi di area tersebut. BL-28 secara klasik mengobati “wind taxation” nyeri lumbar, kaki dan lutut lemah, mani emisi dan qi yang kurang. Indikasi ini tercermin dalam kenyataan bahwa sebagai titik shu belakang kandung kemih, BL-28 memiliki aksi dalam menguatkan ginjal. Sejauh mengenai gangguan ekses di area lumbar dan kaki BL-28 secara khusus untuk mengobati nyeri punggung, gangguan atrofi, dan kaki berat karena panas lembab.
Terakhir, BL-28 mampu mengatasi stagnasi di perut bawah (nyeri perut,  susah BAB, konstipasi, perut penuh), dan mengatasi abdomen (jiaju) mengumpul dan mengeras pada wanita.

BL-27 (Xiaochangshu/Shu Usus Kecil)

Letak : dua jari luar dari sisi luar meridian GV, setinggi SC1-2.
Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 0.5-1 cun.
Keistimewaan : titik shu belakang organ usus kecil.
Aksi :

  • Memisahkan yang murni dari yang keruh.
  • Mengatur usus dan kandung kemih.
  • Mengeringkan lembab keruh dan membersihkan panas lembab.
  • Mengatur qi usus kecil.

Indikasi :

  • Diare, disentri, darah dan lendir di tinja, perdarahan, nyeri perdarahan, konstipasi.
  • Urin kuning tua, enuresis, retensi urin, susah BAK dan BAB, urin berdarah, leukorrhea, mani emisi.
  • Nyeir perut bawah, gangguan shan nyeri, nyeri testis yang menjalar ke area lumbar.
  • Diabetes, mulut kering dan susah menelan, agitasi jantung dengan nafas pendek, kaki bengkak.

Pengobatan :

  • Susah BAB dan BAK, urin menetes (gerimis) dan retensi urin : BL-27 xiaochangshu dan DU-1 changqiang.
  • Warna urin gelap : BL-27 xiaochangshu, BL-28 pangguangshu, SI-4 wangu, BL-30 baihuanshu, BL-48 yanggang.
  • Borborygmus, perut kembung dan diare air : BL-27 xiaochangshu, BL-22 sanjiaoshu, BL-34 xialiao, BL-49 yishe, LR-13 zhangmen.
Penjelasan :
BL-27 adalah titik shu belakang usus kecil, dimana qi usus kecil muncul dari dalam tubuh ke permukaan. Menurut Introduction to Medicine oleh Li Ting dari dinasti Ming :”Usus kecil memisahkan yang murni dari yang keruh; air masuk ke bukaan atas kandung kemih dan ampas masuk ke pintu atas usus beasr.”
Pernyataan ini menekankan peran usus kecil sebagai perantara antara lambung “pengolah makanan” padat dan cair, serta usus besar dan kandung kemih membuang ampas padat dan cair. Usus kecillah yang mengontrol proses memisahkan yang murni dari yang keruh. Walaupun BL-27 adalah titik shu belakang usus kecil, tetapi dalam praktek, aksinya menjangkau di usus besar dan kandung kemih.
Dalam gangguan usus, BL-27 terutama mengeringkan lembab keruh dan membersihkan panas lembab serta dapat digunakan dalam pengobatan diare, disentri, serta darah dan lendir di tinja karena berbagai penyebab. BL-27 dapat digunakan untuk konstipasi dan wasir yang disertai nyeri.
Dalam gangguan kandung kemih, BL-27 juga mengeringkan lembab dan panas lembab, membersihkan panas yang ditularkan dari jantung (berhubungan luar dalam dengan usus kecil) yang berupa urin kuning tua, enuresis, retensi urin, darah di ruin dan agitasi jantung. Mengikuti prinsip bahwa lembab dan panas lembab dikeringkan dari tubuh melalui BAK, BL-27 juga berindikasi untuk panas lembab mengenai bagian lain dari ciao bawah degan gejala seperti leukorhea dan mani emisi. Jika panas lembab tenggelam ke kaki, akan menyebabkan kaki bengkak.
Terakhir, BL-27 dapat digunakan dalam berbagai jenis nyeri qi usus kecil. Bentuk nyeri dari gangguan shan yang mungkin timbul karena pola makan tidak tepat, stagnasi qi hati atau terpapar dingin, mengakibatkan obstruksi sirkulasi qi di usus kecil. Ini ditandai dengan gejala nyeri perut bawah atau nyeri testis yang menjalar sampai area lumbar.

BL-26 (Guanyuanshu/ Gate of Origin Shu/ Shu Urogenitalis)

Lokasi : dua jari dari sisi luar meridian GV antara L-5 dan S-1.
Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 1-1.5 cun.
Aksi : 
  • Menguatkan area lumbar
  • Mengatur ciao bawah 
Indikasi : 
  • Nyeri lumbar, nyeri lumbar wind-taxation 
  • Perut kembung, kembung–defisiensi, perut (jiaju) keras berkumpul pada wanita, sering BAK, susak BAK,dan diabetes.  
Pengobatan : 
  • Nyeri lumbar wind-taxation : BL-26 guanyuanshu dan BL-28 pangguangshu. 
Penjelasan :
BL-26, karena kedekatannya dengan tulang lumbar-5, sangat sering digunakan dalam pengobatan nyeri lumbar. Berbagai naskah pengobatan tradisional cina secara spesifik menggunakan titik ini dalam pengobatan nyeri lumbar wind-taxation, contoh : nyeri lumbar karena serangan dan terluka oleh PPL yang menginap di punggung dan dalam waktu lama menyebabkan defisiensi. Ini adalah perkembangan umum nyeri pinggang karena obstruksi nyeri dan mencerminkan kenyataan bahwa bukan hanya defisiensi ginjal yang dapat mengakibatkan punggung lemah sehingga terserang PPL, tetapi juga dapat karena retensi faktor patogen jangka panjang, khususnya saat tulang terluka, dapat melemahkan ginjal. 
Sehingga dalam Standards of Patternas and Treatment berkata :” Dalam sakit punggung, angin, lembab, dingin, panas, keseleo, darah statis, stagnasi qi, semuanya adalah cerminan dari akumulasi, akarnya selalu defisiensi ginjal.” Sementara  Essential Questions berkata “Dalam obstruksi nyeri tulang kronis dimana PPL berulang kali menyerang, yang akan mecapai dan tinggal di dalam ginjal”. Aksi dari BL-26 dalam nyeri lumbar, sangat penting/berharga sehingga dalam praktek sering digunakan dalam bentuk penyakit apapun, tidak hanya defisiensi, dan titik ini harus diraba, dan ditusuk jika lembek, dan untuk semua kasus sakit punggung/pinggang.  
Aksi menguatkan BL-26 tersirat dalam namanya “Gate of Origin Shu”. BL-26 lebih berindikasi untuk gangguan defisiensi seperti diabetes, defisiensi–kembung, diare dan gangguan perkemihan, yang semuanya ditandai oleh defisiensi ginjal.  

BL-25 (Dachangshu/Shu Usus Besar)

Letak : dua jari luar meridian GV, antara L 4-5.
Cara menusuk : tegak lurus sedalam 1-1.5cun.
Keistimewaan : titik shu belakang usus besar.
Aksi : 
  • Mengatur usus
  • Mengubah stagnasi dan mengurangi nyeri.
  • Menguatkan area lumbar dan kaki. 
Indikasi : 
  • Borborygmus, diare dingin/lembab (dong), sisa makanan dalam tinja, disentri, darah di tinja, usus bernanah, susah BAB dan BAK, konstipasi, rektum jatuh.
  • Perut nyeri dan kembung, nyeri hipogastrium, hipogastrium penuh dan kembung, nyeri terbalik di perut bawah, nyeri terpotong di area pusar, tidak mampu makan dan minum, tetap kurus walau makan banyak
  • Nyeri lumbar, tulang belakang lumbar kaku, obstruksi kaki nyeri, gangguan atrofi, dysmenorrhea.
Pengobatan :

  • Feses yang tidak tertahankan : BL-25 dachangshu dan CV-4 guanyuan
  • Borborygmus : BL-25 dachangshu, SP-3 taibai, SP-4 gongsun, BL-22 dachangshu.
  • Rektum jatuh (anak-anak) : BL-25 dachangshu, DU-20 baihui, DU-1 changqiang.
  • Nyeri usus bernanah : BL-25 dachangshu, ST-43 xiangu, SP-3 taibai.

Penjelasan :
BL-25 adalah titik shu belakang usus besar, dimana qi usus besar muncul dari dalam ke permukaan tubuh. Ini adalah titik penting untuk mengatur fungsi organ usus bebsar dan penggunaannya sangat luas.
Saat limpa defisiensi, atau terserang lembab, akan terjadi diare, sisa makanan (di tinja), darah di tinja, loose stools, borborygmus dan tidak bisa menambah berat badan walau makan sering dan banyak. Dalam kombinasi dengan titik-titik untuk menguatkan limpa dan lambung, BL-25 adalah titik penting untuk menguatkan usus. Saat terjadi stagnasi (darah, qi, panas lembab, panas beracun, dll) di area usus, akan terdapat nyeri kembung, nyeri terpotong, rasa penuh, konstipasi, usus bernanah dll. Dalam kombinasi dengan titik yang sesuai, BL-25 mampu mengatur qi dan menghilangkan stagnasi. Saat qi pusat kurang, atau panas lembab tenggelam ke bawah, akan terjadi prolaps rektum. BL-25 adalah titik berdekatan yang berhargaa untuk mengobati gangguan di atas, dengan kombinasi titik sepeti DU-20Baihui, dan DU-1 Changqiang, serta mengobati disharmoni.
Terakhir, BL-25 adalah titik lokal penting dalam mengobati nyeri lumbar dan seperti banyak tiitk lainnya di daerah lumbar bawah juga berindikasi untuk nyeri dan obstruksi serta gangguan atrofi di kaki.  

BL-23 (Shenshu/ Shu Ginjal)

Letak : Dua jari cun luar meridian GV, antara lumbal 2-3.
Cara menusuk : Tegak lurus sedalam 1-1.5 cun. Penusukan terlalu dalam dapat melukai ginjal.
Keistimewaan : titik shu belakang ginjal.
Aksi : 
  • Menguatkan ginjal dan membentengi Yang.
  • Bermanfaat untuk intisari.
  • Menutrisi yin ginjal.
  • Menguatkan qi ginjal
  • Mengatur saluran air dan bermanfaat untuk perkemihan
  • Bermanfaat untuk mata dan telinga.
  • Menguatkan daerah lumbar.
Indikasi :
  • Oedema, defisiensi taxation oedema, susah BAK, urin keruh, enuresis, sering BAK, BAK menetes, darah dalam tinja
  • Mani emisis, mani emisi dengan mimpi, urin mengandung semen, impotensi, ejakulasi dini, alat kelamin nyeri, nyeri hipogastrium akut.
  • Menstruasi tidak teratur, uterus dingin kronis, wanita kekurusan karena senggama saat menstruasi, leukorhea, leukorhea putih dan merah.
  • Diare dingin atau lembab (dong), borborygmus, sisa makanan dalam tinja, makan banyak tetapi tetap kurus, muntah dingin, lambung dingin dan kembung, iga lateral nyeri.
  • Sesak nafas kronis dan batuk, asma, qi berkurang.
  • Defisiensi ginjal –tuli, tinnitus, pandangan pusing, buta malam, pandangan buram
  • Five taxation dan seven injuries. Taxation lima organ zang, dingin kronis — organ cang air (ginjal).
  • Kepala berat dengan tubuh berat, muka merah dan panas, kepala dan tubuh merah, warna muka kuning hitam, sakit kepala angin, demam dan menggigil berselingan, qi berlawanan — nyeri jantung.
  • Area lumbar dan lutut nyeri dan kaku, sensasi dingin es di lumbar, kaki dingin, tulang terus dingin dan panas, winstroke, hemiplegia.
Pengobatan :
  • Kaki dingin : BL-23 shenshu, BL-64 jinggu, KI-2 rangu.
  • Ginjal lemah dan area lumbar lemah bergabung mani emisi : BL-23 shenshu,  BL-15 xinshu.
  • Nyeri lumbar: BL-23 shenshu, BL-24 qihaishu, BL-29 Zhonglushu.
  • Nyeri lumbar karena defisiensi ginjal : BL-23 shenshu, BL-40 weizhong, KI-3 taixi, BL-30 baihuanshu.
  • Impoten :BL-23 shenshu, KI-2 rangu, DU-4 mingmen, CV-6 qihai.
  • Alat kelamin nyeri : BL-23 shenshu, BL-52 zhishi, BL-64 jinggu, LR-3 taichong.
  • Tuli karena defisiensi ginjal : BL-23 shenshu dan GB-2 tinghui.
  • Mani emisi, putih keruh : BL-23 shenshu, CV-4 guanyuan, SP-6 sanyinjiao
Penjelasan :
BL-23 adalah titik shu belakang organ ginjal dimana qi ginjal muncul dari dalam tubuh ke permukaan, dan seperti titik shu belakang lainnya (khususnya organ yin cang), BL-23 memiliki aksi kuat dalam mengatur dan menguatkan organ ginjal di level terdalam. BL-23 adalah satu titk utama untuk menguatkan ginjal, membentengi Yang, menutrisi Yin dan bermanfaat untuk sari cing.
Menurut Spiritual Pivot : “Ginjal menyimpan intisari cing” dan “intisari cing adalah sumber kehidupan.” Essential Questions menyatakan :”Esensi cing adalah akar tubuh manusia”, sementara pepatah TCM menekankan :”Ginjal adalah akar sebelum kehidupan.”  Baik esensi cing atau qi pre-natal bisa ekses, ginjal hanya dapat menderita bentuk penyakit defisiensi. Defisiensi ginjal dapat berasal dari bawaan atau berkembang dalam perjalanan hidup seperti terkena penyakit kronis, hubungan intim berlebihan, kerja berlebihan, usia tua, ketakutan jangka panjang, atau disharmoni organ zangfu jangka panjang yang akhirnya menular ke ginjal. Defisiensi ginjal dapat dibagi menjadi beberapa bentuk : 1) Qi ginjal tidak kuat; 2)kegagalan ginjal mengambil qi; 3) esensi ginjal kurang; 4) defisiensi Yang ginjal; 5) defisiensi Yin ginjal. BL-23 adalah titik penting untuk semua penyakit di atas.
Menurut Master Hua’s Classic of the Central Viscera –> oleh Hua TUo, dokter dinasti Han, ginjal membantu kegunaan tutupnya esensi cing pada pria. Defisiensi qi ginjal, dapat menyebabkan bocornya esensi yang terwujud dalam mani emisi, mani emisi dengan mimpi, urin mengandung semen, dan ejakulasi dini. Ragamnya kebocoran ini dalam konteks defisiensi qi sendiri (tanpa bergabung dengan gejala panas atau dingin), atau bagian dari defisiensi Yang ginjal atau Yin ginjal, yang paling umum, terlebih dahulu karena qi adalah bentuk luas dari kategori Yang. Apapun bentuk penyakitnya, BL-23 adalah titik penting dalam menahan kuat dan mengumpulkan ginjal. 
Ginjal menguasai dua organ yin bawah (anus dan rahim) serta mengontrol buka tutupnya kandung kemih serta fungsi transformasi qi. Defisiensi qi ginjal (Qi ginjal tidak kuat) dapat mengganggu kemampuan ginjal dalam menahan kuat dan mengumpulkan urin sehingga menimbulkan gejala ngompol, sering BAK, BAK menetes, enuresis, urin keruh putih karena defisiensi dan kelelahan. 
Ginjal mengontrol pergerakan air di seluruh tubuh, dan meskipun limpa dan paru-paru juga berperan penting dalam sirkulasi cairan, Yang qi keduanya tergantung kepada ginjal. Ini tercermin dalam pernyataan bahwa : “Ginjal menguasai Yang seluruh tubuh dan memerintah air.” Saat Yang ginjal gagal menggerakkan cairan tubuh akan terjadi oedema serta susah BAK. Menurut Supplement to the Thousand Ducat Formula :”BL-23 mengobati seratu penyakit oedema.”
Rahim tergantung pada esensi cing ginjal untuk pertumbuhan, kematangan seksual dan nutrisi. Meridian chong dan ren  dinutrisi dan memiliki akar sama di ginjal. Menurut Essential Questions :”Meridian di rahim berhubungan dengan ginjal.” BL-23 berindikasi untuk berbagai gangguan rahim termasuk menstruasi tidak teratur karena defisiensi ginjal; dingin kronis di rahim menyebabkan luka, kurus (wanita) karena senggama saat menstruasi dan leukorhea.
Hubungan intim antara Yang ginjal dan ming men (gerbang kehidupan) telah ditekankan dalam berbagai naskah. Menurut Classic of Difficulties :”Di bagian kiri adalah ginjal, di bagian kanan adalah mingmen.” Sementara Li Dong Yuan menulis :”Qi yang dinamis bergerak antara ginjal adalah mingmen,” Zahng Jing Yue dari dinasti Ming berkata :”Mingmen terletak di antara ginjal”,  “mingmen adalah akar dari qi asli dan tempat tinggal air dan api; tanpa ying qi, lima organ zang tidak bisa tumbuh, yang qi lima organ zang tidak bisa berkembang.” Sehingga Yang ginjal berhubungan dengan api mingmen dan sumber api di seluruh tubuh. Kegagalan Yang ginjal menghangatkan tubuh menimbulkan gejala seperti dingin kronis di rahim, area lumbar, kaki dan tulang. Kemerosotan Yang ginjal dan memudarnya api mingmen dapat mengakibatkan lemahnya fungsi seksual hingga impoten. Yang ginjal juga merupakan sumber Yang limpa. Saat Yang ginjal tidak mampu menghangatkan limpa dan lambung akan terjadi diare kronis karena dingin atau lembab, diare (masih ada sisa makanan), lambung dingin dan kembung dan muntah dingin. Diare bergabung dengan bentuk ini ditandai dengan terjadinya diare di pagi hari yang dikenal diare jam lima (fajar). Complete Works of Jing Yue menyatakan :” Buka dan tutupnya dua organ pengeluaran (kotoran) dikuasai oleh ginjal. Saat Yang qi ginjal tidak cukup, mingmen merosot dan yin penuh dengan dingin. Sehingga terjadi diare subuh saat Yang ginjal turun dan Yin qi mencapai puncak sehingga terjadi diare terus menerus.”
Menurut Complete Works of Jing Yue :” Paru-paru adalah tuan/pemilik qi, ginjal adalah akar qi. Paru-paru menguasai pengeluaran qi sementara ginjal menguasai penerimaan qi. Hanya saat Yin dan Yang saling berkomunikasi, respirasi menjadi harmonis.” Kutipan ini menekankan peranan penting ginjal dalam respirasi normal. Paru-paru adalah organ zang paling atas (tubuh) dengan fungsi penurunan qi (ke tubuh bawah) dan mengontrol penghembusan, sementara ginjal adalah orang zang terbawah(tubuh) dan fungsinya menangkap qi dan mengontrol penghirupan. JIka qi ginjal tidak cukup, dan tidak mampu menangkap dan menggenggam qi paru-paru, akan terjadi sesak nafas, asma atau batuk. Bentuk penyakit ini ditandai dengan sifat kronis dan biasanya terlihat bergabung dengan tanda defisiensi ginjal. Dalam kasus qi ginjal tidak kuat, bentuk ini dapat terlihat tanpa gejala panas atau dingin, atau dalam defisiensi Yang ginjal atau Yin ginjal.  
Menurut Essential Readings From the Medical Tradition :”Api dan air di tubuh manusia adalah yin dan yang, … tanpa yang, yin tidak dapat timbul, tanpa yin, yang tidak dapat berubah.” Sementara Complete Works of Jing Yue :”Yin dan Yang memiliki asal yang sama… api adalah penguasa air, air adalah sumber api…” Pernyataan ini menggarisbawahi hubungan yang tidak dapat terpisahkan antara yin dan yang ginjal dan membantu menjelaskan kenapa semua titik akupunktur yang mengobati ginjal selalu bermnafaat untuk Yin dan Yang ginjal. Walaupun indikasi BL-23 menekankan defisiensi qi ginjal atau Yang ginjal, karenanya juga memiliki aksi menutrisi Yin ginjal.  
Seperti Yang ginjal, Yin ginjal adalah akar dari Yin seluruh tubuh. Defisiensi yin ginjal dapat menimbulkan gangguan nturisi tubuh dan defisiensi api bergejolak, menimbulkan gejala seperti kurus, haus, serta muka dan tubuh merah panas.
Ini adalah sifat titik shu belakang Yin dimana titik shu menutrisi dan mengatur panca indra (berdasarkan organ zang masing-masing). Menurut Spiritual Pivot : “Ginjal berhubungan luar dengan telinga; jika ginjal harmonis, telinga dapat mendengar lima macam suara.” Karena ginjal menyimpan esensi cing, memproduksi sumsum tulang yang mengisi otak dan menguasai Yin, Bl-23 berindikasi tidak hanya untuk gangguan telingaseperti tinnitus dan tuli, tetapi juga untuk pandangan buram, buta malam, dan pandangan pusing,ini semua karena defisiensi sumsum, esensi cing atau Yin.
Karena Yin ginjal dan Yang ginjal adalah akar dari yin cairan tubuh dan yang qi tubuh, ini menjelaskan aksi BL-23 dalam penyakit defisiensi kronis. BL-23 untuk penyakit five taxations and seven injuries, taxation dari lima organ zang,dan akumulasi jangan panjang dingin menyebabkan taxation. Lima taxation dibahas dalam Spiritual Pivot : 1) terlalu banyak menggunakan mata melukai darah, 2) terlalu banyak berbaring melukai qi, 3) terlalu banyak duduk melukai daging/oto; 4) terlalu banyak berdiri melukai tulang; 5) terllau banyak berjalan melukai tendon. Dalam naskah selanjutnya, konsep lima taxation juga digunakan meruju kepada taxation dari masing-masing organ zang, walaupun juga mengacu kepada gangguan alat kelamin pria. Tujuh luka dalam konteks ini adalah : 1) terlalu banyak makan melukai limpa; 2) marah besar melukai hati; 3) terlalu mengangkat berat atau duduk di tempat lembab melukai ginjal; 4) patogen dingin melukai paru-paru; 5) cemas dan khawatir melukai jantung; 6) angin, hujan, dingin dan panas melukai tubuh; &) terlalu takut melukai emosi. 
Menurut Essential Questions :”Ginjal menyimpan di sumsum tulang”, “Ginjal tinggal di area lumbar”, “Ginjal menghasilkan sumsum tulang”, dan “…saat terjadi serangan internal, dan panas bermukim di ginjal, maka tulang mengering dan sumsum defisien, sehingga kaki tidak mampu menopang tubuh dan gangguan atrofi tulang tumbuh.” Bentuk defisiensi ginjal apapun menyebabkan nyeri lumbar kronis dan lutut sakit lemah. Sementara dalam kasus defisiensi yin ginjal akan terdapat sensasi panas di tulang. Dalam kasus defisensi Yang ginjal, terdapat sensasi dingin di tulang. Terletak di area lumbar, dan memiliki tindakan langsung pada ginjal, BL-23 adalah titik utama untuk mengobati segala nyeri lumbar yang berakar dari defisiensi ginjal  juga gangguan atrofi defisiensi ginjal dan hemiplegia.
Terakhir, Illustrated Supplement to e Classic of Categories menyatakan bahwa BL-23 adalah satu di antara lima titik (BL-13 feishu, BL-18 ganshu, BL-20 pishu, BL-23 shenshu) untuk mengeringkan panas dari lima organ zang. 

BL-22 (Sanjiaoshu/Shu-sanciao)

Lokasi : dua jari dari luar meridian GV, antara lumbal 1-2.
Cara menusuk : serong sedalam 0.5-1 cun. Dilarang penusukan tegak lurus karena dapat menyebabkan pneumothorax.
Keistimewaan : titik shu belakang sanciao.
Aksi :
  • Menggerakkan dan mengatur sanciao.
  • Mengatur limpa dan lambung dan mengatasi lembab.
  • Mengatur saluran air dan mendorong perkemihan.
Indikasi :
  • Borborygmus, diare, sisa makanan dalam tinja, disentri, penyempitan esofagus, muntah, susah mencerna.
  • Perut kembung dan kurus, perut (zheng ju) keras dan kurus (wanita), zangfu (ji ju) berkumpul, hipogastrium keras dan besar (jiju).
  • Oedema, susah BAK, urin putih keruh, darah dalam urin.
  • Sakit kepala, pandangan pusing, demam dan menggigil berselingan, rasa pahit di mulut dan lidah retak, sakit kuning.
  • Tulang lumbar nyeri dan kaku, bahu dan punggung kaku.
Pengobatan :
  • Borborygmus : BL-22 sanjiaoshu, BL-25 dachangshu, SP-3 taibai, SP-4 gongsun.
  • Borborygmus, perut kembung dan diare air : BL-22 sanjiaoshu, BL-27 xiaochangshu, BL-34 xialiao, BL-49 yishe, LR-13 zhangmen.
  • Sisa makanan dalam tinja : BL-22 sanjiaoshu, ST-36 zusanli, BL-25 dachangshu, SP-6 sanyinjiao, CV-10 xiawan, DU-5 xuanshu, ST-21 liangmen.
Penjelasan :
BL-22 adalah titik shu belakang sanciao, dimana qi sanciao muncul dari dalam ke permukaan tubuh. Sanciao menyatukan dan menyelaraskan ciao atas, tengah dan bawah serta menguasai kebebasan aliran qi dan cairan melalui tiga ciao ini. Terletak di antara BL-21 weishu dan BL-23 shenshu, BL-22 memiliki aksi mengatur qi hanya di ciao tengah dan bawah. BL-22 menyatukan aktivitas limpa dan lambung di ciao tengah; ginjal, kandung kemih dan usus di ciao bawah; sehingga mengatur transformasi, transportasi dan pengeluaran makanan dan cairan.
Classic of Difficulties menyatakan :”Sanciao adalah jalan air dan biji (makanan).” Essential Questions menyatakan :”Sanciao adalah dinas dari tugas pengeringan dan pengaturan jalan air,” serta Introduction to Medicines berkata :”Ciao tengah menguasai perubahan rasa air dan bijian… sehingga dikatakan ciao tengah seperti busa. Ciao bawah menguasai pergerakan dan pengeringan urin dan feses dan di waktu yang tepat mengeluarkannya…. sehingga dikatakan ciao bawah seperti got/pipa saluran.”
Dalam kasus dimana harmonisasi hilang antara limpa dan lambung di ciao tengah serta usus di ciao bawah, menimbulkan gejala seperti gangguan perut, borborygmus, diare, disentri, sisa makanan (feses), susah menelan, penyempitan esofagus, dan muntah. Dalam kasus parah terdapat sembelit dan akumulasi dimana massa perut keras atau hipogastrium bengkak. BL-22  secara khusus efektif dalam mengaktifkan dan mengharmoniskan qi di ciao tengah dan ciao bawah, mengatasi lembab dan menghilangkan statis, dan satu yang paling penting dalam naskah kuno yaitu massa perut berkumpul (mengeras).
Dalam kasus hilang keselarasan antara limpa di ciao tengah dan ginjal serta kandung kemih di ciao bawah, akan terdapat oedema dengan susah BAK, urin berdarah, urin putih keruh karena defisiensi dan kelelahan. BL-22 mampu mengobati gangguan ini karena kemampuannya menggerakkan cairan dan mengaktifkan fungsi transformasi qi kandung kemih. 
Terakhir, meridian sanciao termasuk  shaoyang, dan meskipun tidak pada titik meridian sanciao, BL-22 digunakan untuk mengobati demam dan menggigil berselingan, tubuh panas, rasa pahit di mulut, sakit kepala dan pandangan pusing, semuanya adalah manifestasi bentuk penyakit shaoyang. 

BL-21 (Weishu/ Shu Lambung)

Letak : dua jari dari luar meridian GV, antara TH-12 dan TH-13.
Keistimewaan : titik shu belakang lambung.
Cara menusuk : miring sedalam 0.5-1 cun, dilarang penegakan  tegak lurus karena dapat menyebabkan pneumothorax.
Aksi :
  • Mengatur lambung dan menurunkan arus yang berlawanan.
  • Menyelaraskan ciao tengah.
Indikasi :
  • Nyeri dada, nyeri punggung dan mengerut, sakit kuning, malaria, (ji) massa perut jangka panjang, pandangan remang, rektum jatuh.
  • Borborygmus, diare, makanan tidak tercerna (tinja).
  • Nyeri epigastrium, lambung dingin dan lemah, lambung dingin dan kembung, perut dan epigastrium penuh dan kembung, area iga lateral penuh, oedema dan drum distention.
  • Tubuh kurus walau makan banyak, lapar tetapi tidak sanggup makan, kurang nafsu makan, susah menelan, muntah, muntah cairan jernih, muntah di pagi hari (makan di hari sebelumnya), otot kontraksi, kurang gizi(anak-anak), diare, regurgitasi susu pada anak-anak, sudden turmoil disorder, lambung surut.
Pengobatan :
  • Banyak makan tetapi tetap kurus : BL-21 weishu dan BL-20 pishu.
  • Nyeri perut dan tidak ingin makan : BL-21 weishu dan BL-20 pishu.
  • Lambung dingin dengan tinja (makanan tidak tercerna) : BL-21 weishu dan BL-47 hunmen.
Penjelasan :
BL-21 adalah titik shu belakang lambung, dimana qi muncul dari dalam keluar permukaan tubuh, dan titik ini bertenaga untuk mengobati semua penyakit lambung, termasuk mengatur ciao tengah. Menurut Spiritual Pivot :”Lambung adalah lautan air dan bijian.” Fungsinya adalah menerima makanan dan minuman “membusuk dan mematangkan” dan mendorong ke usus kecil. Kebanyakan patologi lambung, meliputi gangguan fungsi penurunan. Ini karena defisiensi qi lambung atau yin lambung, dingin ekses, panas atau lembab baik berasa dari luar atau dalam, darah statis di lambung, stagnasi makanan atau serangan qi hati dan kandung empedu ke lambung. Kegagalan fungsi turun (qi turun ke ciao bawah) mengakibatkan stagnasi qi serta perut dan epigastrium kembung, penuh dan nyeri; sementara arus qi lambung yang berlawanan naik ke atas mengakibatkan lambung refluks, mual dan muntah. Apapun bentuk penyakitnya, saat defisiensi, ekses, panas atau dingin, BL-21 adalah titik utama untuk membangun kembali keharmonisan lambung.
Adalah menarik untuk membandingkan titik BL-21 dengan ST-36 zusanli, titik he bawah meridian lambung. Keduanya memliki aksi kuat yang sama dalam mengatur gangguan organ lambung, tetapi BL-21 tidak memiliki kemampuan seperti ST-36 dalam menguatkan dan menutrisi qi dan darah di seluruh tubuh.
Limpa dan lambung berhubungan luar dalam, qi lambung turun ke bawah dan qi limpa naik ke atas, bersama-sama mendominasi seluruh proses pencernaan. Berdasarkan hubungan dekat ini, BL-21 mampu mengatur keharmonisan limpa dan lambung, menyebabkan qi lambung naik abnormal (muntah), qi lambung turun abnormal (diare), dan kegagalan fungsi transformasi dan transportasi limpa (borborygmus dan oedema).
Nafsu makan yang baik adalah tanda keharmonisan fungsi limpa dan lambung, dan BL-21 berindikasi untuk berbagai gangguan mempengaruhi nafsu makan. Nafsu makan kurang dapat karena defisiensi limpa dan lambung dimana kurang tenaga untuk “menghancurkan dan menghasilkan intisari” serta transportasi dan transformasi makanan; atau berbagai bentuk ekses yang menyebabkan stagnasi makanan di lambung sehingga kurang nafsu dan tidak mampu menerima makanan. Lapar dan tidak sanggup makan karena kurangnya yin lambung sehingga timbulnya defisiensi panas; panas merangsang ingin makan. Defisiensi Yin menimbulkan kering sehingga tidak mampu mencerna makanan. Makan berlebihan tanpa kenaikan berat badan adalah tanda panas lambung, dengan atau tanpa defisiensi limpa. BL-21 digunakan untuk semua kasus ini

BL-20 (Pishu/ Shu Limpa Pankreas)

Keistimewaan : Titik shu belakang limpa.
Lokasi  : Dua jari dari luar meridian GV, antara TH 11-12
Cara menusuk : serong sedalam 0.5 cun. Penusukan tegak lurus dapat menyebabkan pneumothorax.
Aksi :
  • Menguatkan qi dan Yang limpa.
  • Mengatasi lembab
  • Meningkatkan qi limpa dan menahan darah.
  • Mengatur dan menyelaraskan qi di ciao tengah.
Indikasi :
  • Perut nyeri dan kembung, perut keras (massa), kurang nafsu makan, tetap kurus walau makan banyak, qi limap dingin, sisa makanan dalam tinja, diare, disentri, angin ketakutan kronis pada anak-anak,  gangguan gizi pada anak-anak, sakit kuning, tubuh kunin dengan perut penuh dan muntah, iga lateral nyeri.
  • Darah di tinja dan urin, muntah darah, menorhagia, perdarahan kronis, prolaps rahim.
  • Oedema, somnolence, tubuh lesu dan berat dengan tidak ingin bergerak, tidak ingin menggerakkan tangan dan kaki.
  • Malaria dengan demam menggigil, sakit lumbar, punggung dan bahu nyeri, menguap, batuk, sakit kulit, urin putih keruh, clonic spasm.
Pengobatan :
  • Banyak makan tetapi tetap kurus : BL-20 pishu dan BL-21 weishu.
  • Defisiensi limpa dengan makanan tidak tercerna (dalam tinja) : BL-20 pishu dan BL-28 pangguangshu.
  • Kehilangan penggunaan empat anggota gerak : BL-20 pishu, HT-1 jiquan, GB-24 riyue.
Penjelasan :
BL-20 adalah titik shu belakang organ limpa, dimana qi limpa muncul dari dalam ke permukaan tubuh, dan seperti semua titik shu belakang organ zang, BL-20 memiliki aksi kuat dalam mengatur dan menguatkan organ zangfu terkait di level terdalam.
Menurut Complete Works of JingYue :”Mingmen adalah lautan esensi dan darah, limpa adalah lautan air dan biji-bijian, keduanya adalah akar dari lima organ zang dan enam organ fu.” Fungsi utama organ limpa adalah menguasai transportasi dan transformasi makanan dan minuman. Aktivitas vital ini, dasar dari qi post-natal tubuh, limpa terutama menderita dari defisiensi qi dan Yang. Ini mendasari kecenderungan semua bentuk penyakit ketidakharmonisan organ limpa.
Defisiensi qi limpa dapat berasal dari defisiensi dasar, makan tidak teratur, berpikir atau bekerja berlebihan, olahraga kurang atau berlebihan atau penyakit berkepanjangan. Defisiensi qi limpa dan gangguan fungsi transportasi dan transformasi mengakibatkan gejala seperti lesu, kurang nafsu makan, diare dengan sisa makanan di tinja, dan kurang gizi pada anak-anak. BL-20 adalah titik utama untuk mengobati gangguan seperti ini.
BL-20 secara khusus berindikasi untuk gejala badan kurus walau makan banyak. Risalah tentang limpa dan lambung oleh Li Dong Yuan menawarkan diskusi menarik tentang berbagai kemungkinan hubungan antara nafsu makan dan obesitas atau leannesberkata : 1) Jika limpa dan lambung sama-sama ekses, konsumsi makanan dalam jumlah besar dan pasien mudah gemuk; 2) jika limpa dan lambung sama-sama defisiensi atau tidak mampu makan sehingga pasien menjadi kurus atau menjadi gemuk (tetapi tetap lemah), walaupun makan sedikit, kondisi ini karena akumulasi reak lembab; 3) Ada juga kasus kurus walau makan banyak. Dalam kasus ini, api tersembunyi di tahap qi dalam hasil lambung yang mengonsumsi makanan banyak, sementara kekosongan limpa mengakibatkan daging layu. Ini dikenal dengan Food benguon shu-he yang berkata :”Rupanya kondisi ini tampak bertentangan dengan defisiensi limpa dan nafsu makan besar yang sering dijumpai dalam praktek klinis dan penjelasan Li Dong Yuan tentang api lambung tersembunyi dan defisiensi qi limpa menjelaskan ini dengan baik.
Peran penting tentang lembab bermain di patologi limpa dibahas dalam banyak buku. Menurut Essential Questions :”Limpa tidak suka lembab,” “Lembab, bengkak dan penuh semua bergantung kepada limpa”, dan “Saat limpa sakit, lembab dihasilkan.” Sementara Case Histories from The Guide to Clinical Patterns oleh Ye Tian Shi dinasti Qing menyatakan :”Limpa suka kering, sementara lambung suka lembab.” Asal lembab dapat dari luar atau dalam.
Defisiensi dalam qi limpa dan gangguan fungsi transportasi dan transformasi mengakibatkan pemisahan tidak rampung antara sari jernih dan keruh sehingga terjadi pembentukan lembab interior. Lembab ini dapat diangkut ke seluruh bagian tubuh oleh fungsi limpa yang menyalurkan qi, khususnya di ciao bawah karena sifat lembab adalah berat dan keruh.
Kemungkinan lain, PPL lembab atau panas lembab menyerang tubuh, khususnya dalam defisiensi limpa, fungsi limpa mungkin segera berkompromi. Lembab memberikan gejala seperti tubuh berat, lelah, ingin tidur, diare, disentri, sakit kuning Yin, dan bengkak. BL-20 adalah titik utama untuk menguatkan qi limpa dan mengatasi lembab, baik berasal dari luar atau dalam.
Dua penyakit dapat berkembang lebih jauh dari defisiensi qi limpa adalah : 1) Kegagalan limpa memegang darah dan 2) Tenggelamnya qi limpa. Menurut Treatise on Disorders of Blood :”Saat Yang limpa defisien, limpa tidak sanggup mengumpulkan darah, sementara defisiensi limpa tidak mampu menyatukan darah.” Bagian dari fungsi limpa dalam mengontrol darah adalah mempertahankan darah di pembuluh darah. Kelemahan fungsi ini menimbulkan perdarahan di tubuh, seperti darah di urin, menorrhagia, muntah darah dan bahkan berbagai jenis perdarahan yang parah. Saat fungsi limpa dalam menaikkan qi terganggu, dapat terjadi tenggelamnya atau jatuhnya rahim. BL-20 lewat aksi ini menguatkan dan menaikkan qi limpa, mampu mengobati gangguan ini.
Gejala penting lainnya dari ketidakharmonisan limpa adalah stagnasi di ciao tengah yang terwujud dalam perut penuh,kembung atau nyeri, dan iga lateral nyeri. Ada tiga penyebab utama gangguan ketidakharmonisan ini : 1) Defisiensi qi limpa, menyebabkan gangguan sirkulasi qi dan prinsip pengobatan adalah menguatkan dan mengedarkan qi. 2) Pembentukan dan retensi lembab di ciao tengah dapat menghambat sirkulasi qi, dan dasar pengobatan ini adalah mengatasi lembab dan sirkulasi qi. 3) Ketidakharmonisan hati-limpa, karena hati ekses yang menyerang limpa, atau defisiensi limpa yang gagal melawan keagresifan qi hati. Qi hati yang agresif mengganggu transportasi dan transformasi fungsi limpa menjadi stagnasi. Prinsip pengobatan ini adalah menyelaraskan hati dan limpa. BL-20 adalah titik utama untuk mengobati ketidakharmonisan limpa di ciao tengah.
Salah satu bentuk khusus dari stagnasi perut dimana BL-20 digunakan dikenal sebagai focal distention. Ini ditandai dengan sensasi blokade dan kembung yang parah, atau munculnya bengkak seperti mangkuk terbalik. Ini salah satu apa yang dikenal sebagai “lima akupumulasi” dan semua bergantung kepada limpa.
Karena fungsi BL-20 menguatkan limpa dan mengatur ciao tengah, BL-20 dapat digunakan untuk mengobati ketidakharmonisan limpa dan lambung dengan perut dan epigastrium kembung, mual, muntah dan diare. 
Terakhir, menurut Illustrated Supplement to the Classic of Categories, BL-20 adalah satu dari lima titik (BL-13 feishu, BL-15 xinshu, BL-18 ganshu, BL-20 pishu, dan BL-23 shenshu) untuk menghilangkan panas dari lima organ zang. 

BL-19 (Danshu/ Shu Empedu)

Keistimewaan : titik shu belakang kandung empedu.
Cara menusuk : serong sedalam 0.5 cun. Dilarang menusuk tegak lurus dapat menyebabkan pneumothorax.
Lokasi : dua jari dari sisi luar meridian GV, setinggi TH-10-11.
Aksi :
  • Membersihkan panas lembab di kandung empedu dan hati.
  • Membersihkan PPL di meridian shaoyang.
  • Menguatkan dan mengatur qi kandung empedu.
  • Menguatkan defisiensi
Indikasi :
  • Sakit kuning, mata kuning, rasa pahit di mulut dengan lidah kering, gangguan dan nyeri di dada dan iga lateral dengan tidak mampu memutar, susah menelan, reak kering.
  • Palpitasi ketakutan dengan tidur gelisah, insomnia.
  • Demam steaming bone, demam pasang surut, ketiak bengkak, sakit kepala, kerongkongan nyeri dan kering, dingin menggigil tanpa berkeringat.
Pengobatan :
  • Mata kuning : BL-19 danshu dan BL-48 yanggang
  • Mata kuning : BL-19 dansh, BL-49 yishe, BL-48 yanggang
  • Mulut dan lidah kering dengan susah menelan : BL-19 danshu, LI-11 yanggang, BL-27 xiaochangshu.
  • Saat seseorang sering bimbang, kandung empedu sedang defisien. QI akan mengalir ke atas memberikan rasa pahit di mulut. Untuk mengobati ini, tusuk titik mu depan dan shu belakang GB (GB-24 Riyue, dan BL-19 danshu)
Penjelasan :
BL-19 adalah titik shu belakang organ kandung empedu, dimana qi kandung empedu  muncul dari dalam ke permukaan tubuh. Ini adalah titik penting untuk membersihkan panas lembab dari gejala klasik penyakit kuning dengan mata kuning, muntah, gangguan area iga lateral dan rasa pahit di mulut.
Panas lembab di kandung empedu dan hati dapat timbul dalam cara-cara berikut : 1) stagnasi  qi hati sekaligus menghasilkan panas dan menyerang limpa, meredam fungsi transportasi dan transformasi dan membentuk lembab; 2) defisiensi limpa mengakibatkan kegagalan fungsi transportasi dan transformasi, membentuk lembab dan satu waktu berubah menjadi panas lembab atau berbagung dengan stagnan panas hati yang belum muncul; 3) serangan PPL panas lembab; 4) Konsumsi makanan terkontaminasi, atau terlalu berlebihan makanan berminyak, makanan pedas, dan alkohol. Dalam banyak kasus, panas lembab mengganggu fungsi kandung empedu mengeluarkan empedu, dan apapun penyebabnya, BL-19 selalu dimasukkan.
Menurut Spiritual Pivot dan Essential Questions  :”Taiyang adalah pembuka, yangming adalah penutup dan shaoyang adalah poros.” Di dalam Treatise on Injury by Cold oleh Zhang Zhong Jing, bentuk shaoyang menyumbangkan tahap dimana patogen “setengah luar setengah dalam”. Dengan kata lain, faktor patogen tinggal di antara tahap eksterior (taiyang) dan interior (yangming), dan dalam pengertian ini, shaoyang adalah poros atau sendi di antara eksterior-interior. Saat faktor patogen mengganggu fungsi kandung empedu, menyebabkan stagnasi qi, gangguan fungsi lambung turun ke tubuh bawah dan naiknya panas kandung empedu. Yang termasuk manifestasi klinis dari bentuk penyakit shaoyang adalah demam dan menggigil silih berganti, tenggorokan kering, pandangan buram, rasa pahit di mulut, dada dan iga lateral penuh dan kembung, serta muntah dan mual. 
Menurut teori lima unsur, kayu adalah ibunya api, dan gangguan baik di hati ataupun kandung empedu (kayu) mungkin berdampingan atau ditularkan ke jantung, unsur api. Dalam kasus kandung empedu, ada dua bentuk utama disharmoni yang mengakibatkan gangguan jantung dan jiwa : 1) Defisiensi qi kandung empedu; 2) Panas lembab kandung empedu bergabung panas lembab lambung.
Jika tiba-tiba ketakutan atau bising atau shok, atau ketakutan terus menerus, dalam masa usia anak-anak atau dewasa, qi kandung empedu akan terluka, menimbulkan palpitasi, tidur gelisah atau insomnia, tidak bisa tidur sendiri, gelisah, rentan ketakutan dan ragu. Qi kandung empedu dapat sendiri terluka, walau saat qi jantung lemah juga. Ini ditekankan dalam Achieving Longevity by Guarding the Source, naskah abad 17 oleh Gon Ting Xin yang berkata :”Rentan takut… rasa takut di pasien, takut ditahan, semua hasil dari defisiensi qi kandung empedu dan jantung.” Dan Essential Readings from the Medical Tradition menjelaskan :”Saat qi kandung empedu dan jantung kuat, takut dan bahaya yang tiba-tiba muncul tidak akan menyebabkan penyakit. Namun jika qi kurang, akan sangat berbahaya.”
Dalam kasus panas lembab kandung empedu bergabung dengan panas reak lambung, akan terdapat insomnia, debar jantung, dan cemas bergabung rasa pahit di mulut, muntah serta gangguan dan nyeri di dada dan iga lateral. Dalam pengobatan bentuk penyakit ini, BL-19 adalah titik penting.
Terakhir, titik BL-17 dan BL-19 (empat titik) dikenal sebagai “empat bunga” berindikasi untuk demam steaming bone taxation, defisiensi taxation, demam pasang surut, dll.  

BL-18 (Ganshu/Shu-Hati)

Lokasi  : dua jari sisi luar meridian GV, setinggi batas TH 9-10.
Cara menusuk : miring sedalam 0.5-1 cun. Penegakan tegak lurus bisa menyebabkan pneumothorax.
Keistimewaan : titik shu belakang liver.
Aksi :
  • Menyebarkan qi hati.
  • Mengatur dan menutrisi darah hati.
  • Menghilangkan angin
  • Menenangkan api dan membersihkan panas lembab.
  • Bermanfaat untuk mata dan tendon. 
Indikasi : 
  • Iga lateral nyeri dan kembung, nyeri epigastrium, perut (jiju) berkumpul (mengeras), hipogastrium penuh dan nyeri, perut bawah nyeri, perut kram, gangguan shan.
  • Dada penuh, batuk dengan nyeri dada, batuk dengan rasa penuh di area iga lateral serta tidak bisa mengambil nafas, sesak nafas, sakit kuning, mulut kering,
  • Banyak kemarahan, depresi mania, epilepsi
  • Batuk berdarah, meludah darah, muntah darah, mimisan
  • Pandangan kabur, mata merah, buta malam, lakrimasi ekses, canthus dalam merah, gatal dan nyeri, pusing, pandangan pusing, hidung nyeri, mata melihat ke atas, obstruksi pandangan pendek, area supraorbital nyeri.
  • Leher dan tulang belakang nyeri, tulang belakang nyeri, nyeri lumbar, leher dan bahu nyeri, kejang mulut, opisthothonus, kram, otot nyeri, tetanus. 
Pengobatan : 
  • Batuk dan meludah darah : BL-18 ganshu, ST-12 quepen, BL-15 xinshu, CV-14 juque, CV-15 jiuwei.
  • Muntah darah dan perdarahan eksternal spontan : BL-18 ganshu, SP-1 yinbai, BL-20 pishu, CV-13 shangwan.
  • Defisiensi darah liver dengan pandangan berkabut : menguatkan BL-18 ganshu, melemahkan ST-36 zusanli
Penjelasan ` :
BL-18 adalah titik shu belakang hati dimana qi hati muncul dari dalam tubuh ke permukaan tubuh, dan sama seperti titik shu belakang lainnya (khususnya organ Yin zhang), BL-18 memiliki aksi kuat dalam mengatur dan menguatkan organ zhangfu yang terkait dalam level yang terdalam. Fungsi utama hati adalah menjaga aliran bebas qi, menyimpan darah, memerintah tendon dan berhubungan luar dengan mata. Dengan menyebarkan qi hati, menutrisi dan mendinginkan darah, membersihkan panas lembab dan mengusir angin, BL-18 mampu mengatur semua aspek fungsi hati.  
Menurut Master Dan Xi dari dinasti Jin-Yuan :”Hati memerintah penyebaran”. Ini mengacu kepada fungsi hati dalam memastikan kebebasan dan kemudahan aliran qi melewati seluruh tubuh dan membantu pergerakan qi normal ke seluruh organ zangfu. Contoh : Qi paru-paru dan lambung bergerak turun ke tubuh bawah, dan qi limpa bergerak naik ke tubuh atas. Stagnasi qi hati tergantung kepada bentuk patologi hati yang dominan karena stagnasi qi sering berawal dari bentuk penyakit liver lainnya (contoh transformasi qi hati menjadi api) dan umumnya bergabung bersama ketidakharmonisan bentuk hati lainnya. Kemampuan BL-18 untuk meningkatkan aliran qi hati tergambarkan dalam berbagai cara. Stagnasi qi di ciao atas, ciao tengah atau bawah dapat memberikan dada, area iga lateral, epigastrium dan hipogastrium nyeri dan kembung serta gangguan shan. Menurut Spiritual Pivot, dengan kemarahan, Qi berlawanan arah bergerak ke atas dan berkumpul di dada. Jika Qi hati atau api hati menyerang paru-paru, terjadi batuk dan nyeri dada, batuk berdarah, batuk dengan rasa penuh di area iga lateral, dan tidak mampu mengambil nafas atau sesak nafas.
Menurut Correcting Errors In Medicine oleh Wang Qing Ren, dinasiti Qing :”Qi tanpa bentuk sehingga tidak mampu membeku menjadi massa; perkembangan massa membutuhkan wujud yaitu darah.” Jika stagnasi qi menyebabkan darah statis, maka akan terdapat massa (berkumpul) di perut. Jika stagnasi qi hati mencegah fungsi kandung empedu dalam sekresi empedu maka terdapat panas lembab di hati dan kandung empedu dan mengakibatkan sakit kuning. 
Menurut Spiritual Pivot :”Liver menyimpan darh, darah adalah rumah hun; Saat qi hati kurang terdapat ketakutan, saat ekses terdapat kemarahan.” Jika stagnasi qi muncul dan khususnya berubah menjadi api, terdapat manifestasi emosi seperti marah, depresi mania dan bahkan epilepsi.
Meningkatnya tekanan stagnasi qi berkepanjangan dapat mudah berubah menjadi api. Menurut Essential Questions :”Marah menyebabkan qi menyentak ke atas; jika marah ekstrim, terdapat muntah darah.” Karena hati menyimpan darah, panas api hati atau yang hati mudah menyebar ke darah dan cenderung membuat qi hati naik ekses sehingga terjadi pergerakan darah ugal-ugalan dan menimbulkan gejala muntah darah, mimisan, meludah darah atau batuk berdarah.
Saat darah hati atau yin hati kurang, hati tidak mampu menutrisi dan melembabkan area tubuh yang didominasi oleh hati dan dibasahi darah hati terutama mata dan tendon. BL-18 memiliki sifat khusus untuk menutrisi dan mengatur organ/panca indra yang terkait. Menurut Spiritual Pivot :”Qi hati berhubungan dengan mata; saat hati harmonis, mata mampu membedakan lima warna.” Sementara Essential Questions menyatakan :”Hati menerima darah sehingga terdapat penglihatan.” Kekurangan darah hati atau Yin hati menimbulkan gangguan seperti pandangan buram, buta malam, lakrimasi dan pusing. Jika panas dari api hati atau Yang hati naik mengganggu mata, mata akan menjadi merah, gatal dan nyeri. Jika api hati mendorong angin, mata akan menatap ke atas. Buku Investigation into Points Along the Channel menyatakan BL-18 berindikasi untuk semua penyakit mata karena berhubungan dengan hati. Menurut Essential Questions, “Hati memerintah seluruh tendon tubuh”, dan “Saat seseorang tidur, darah kembali ke hati.” Jika darah hati atau yin hati gagal menutrisi tendon serta menjaga kelembutan dan kelenturan tendon, maka tendon menjadi kaku, mengerut, kram, atau nyeri kronis. Gejala-gejala ini dapat secara khusus muncul saat tubuh lelah dan darah kurang efektif menutrisi, atau darah kurang mampu beredar di seluruh tubuh saat tidur atau tidak berkegiatan. Gejala kaku, mengerut, kram atau nyeri akan semakin sering muncul dimana bersamaan dengan stagnasi qi hati atau saat defisiensi yin atau darah  yang mendorong angin hati. 
Menurut TCM :”Liver memerintah pemberontakan” dan “Marah membuat qi hati naik ke leher dan bahu”. Stagnasi qi hati atau naiknya Yang hati kemudian mudah menyebabkan leher dan bahu kaku dan nyeri. Jika api hati atau demam tinggi mengonsumsi yin hati dan menghasilkan angin akan terjadi gejala kejang akut seperti opisthotonus, kejang mulut, leher dan tulang belakang kaku, serta tetanus. BL-18 berindikasi untuk semua gejala ini. 
Terakhir, buku Illustrated Supplement to the Classic of Categories menyatakan bahwa BL-18 adalah satu dari lima titik (BL-13 feishu, BL-15 xinshu, BL-18 ganshu, BL-20 pishu, BL-23 shenshu) yang menghilangkan panas dari lima organ zang.

Akupunktur Tuna Grahita


KATA SAMBUTAN
Pertama, saya ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan saya kesempatan untuk datang ke Sekolah Luar Biasa Negeri 4 Jakarta dan melakukan pengobatan serta penelitian  terhadap para penderita grahita (idiot/IQ rendah).
Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepala sekolah SLBN4 Jakarta, Dra. Eka Prapti. MM; Wakil Kepsek, Jailim, S.Pd, beserta seluruh guru dan pengurus sekolah yang telah memberikan izin, kesempatan dan waktu kepada saya untuk melakukan penelitian akupunktur ini. Serta  kepada para relawan yang telah mau ikut dalam penelitian ini. Jika tanpa mereka semua, penelitian ini tidak akan pernah berjalan dan membuahkan hasil.
Menjadi orang sakit rasanya sangat menyakitkan, apalagi jika penyakit tidak bisa disembuhkan. Sebagai pasien, kita hanya bisa berdoa supaya cepat sembuh. Tetapi sebagai seorang tenaga kesehatan, kita harus berjuang mencari obat untuk menyembuhkan penyakit. Bukan berpangku tangan dan menunggu penyakit sembuh sendiri. Oleh sebab itu, saya memberanikan diri untuk mencoba menyembuhkan penderita IQ rendah dengan cara akupunktur. Dan hasilnya tidak sia-sia.
Saya sangat berharap semoga penderita penyakit apapun bisa sembuh. Rasanya sangat sedih jika mendengar suatu penyakit tidak ada obatnya dan tidak bisa disembuhkan dan harus dijalankan seumur hidup. Dan saya sangat ingin mencari obat untuk kesembuhan penyakit tersebut. Sama seperti memiliki IQ rendah, saya sangat berharap penderita IQ rendah bisa memiliki IQ normal. Dan dengan hasil terapi ini, semoga penderita di tempat lain di Indonesia bisa berobat dan sembuh.
Demikianlah akhir kata sambutan saya. Jika saya ada kekurangan dan kesalahan, saya minta maaf sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.
Hormat saya,
Elvida Yuliana
Titik akupunktur yang dipilih untuk penderita tuna grahita (IQ rendah) adalah  :

  1. PC-6 (neiguan, gerbang dalam)

  • Lokasi : dua cun di atas pergelangan tangan.
  • Indikasi : nyeri ulu hati, palpitasi, nyeri lambung, muntah, ayan, gangguan mental, malaria, kaku, dan jari tangan terasa baal.
  • Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 0,5-0,9 cun.
  • Keistimewaan : titik luo meridian PC dan titik induk meridian yinwei.

  1. HT-7 (shenmen, gerbang roh)

  • Lokasi : sisi ulnar lipatan pergelangan tangan
  • Indikasi : histeris, nyeri jantung, amnesia (pelupa), berdebar, icteris, nyeri rusuk, susah tidur, telapak tangan panas, dan neurasthenia
  • Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 0,3-0,5 cun
  • Keistimewaan : titik SU, titik yuen meridian HT, dan titik sedasi

  1. KI-3 (taixi, sungai besar)

  • Lokasi : antara mata kaki bagian dalam dan tendon achilus, setinggi bagian tertinggi mata kaki bagian dalam.
  • Indikasi :  sakit pinggang, kencing berdarah, gangguan reproduksi, gangguan  mental, lumpuh kaki, dan telapak kaki terasa nyeri.
  • Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 0,3 cun.
  • Keistimewaan : titik yen dan titik SU meridian KI.

  1. BL-15 (xinshu, SU-mental)

  • Lokasi : dua jari dari sisi luar meridian GV, setinggi batas bawah TH-V (antara TH-V dan TH-VI)
  • Indikasi : gangguan mental, susah tidur, palpitasi jantung, schizophrenia, dan batuk darah
  • Teknik menusuk : serong sedalam 0,3 cun
  • Keistimewaan : titik SU-belakang HT

  1. BL-23 (shenshu, SU-ginjal)

  • Lokasi : dua jari dari luar meridian GV, antara L-2 dan L-3
  • Indikasi : gangguan pinggang, infeksi ginjal, ngompol, gangguan haid, dan gangguan mental
  • Teknik menusuk : tegak lurus sedalam 0,5-1 cun
  • Keistimewaan : titik SU belakang KI

  1. GV-16 (fengfu, rumah angin)

  • Lokasi : satu cun di belakang garis rambut, pada lekukan antara otot trapezius.
  • Indikasi : sakit kepala, leher terasa kaku, pusing, vertigo, ayan, tenggorokan kering, masuk angin dan demam, serta sulit berbicara karena stroke.
  • Teknik menusuk : tusukan tegak lurus 1 cun atau miring sedalam 1-1½ cun.

  1. Shishenzhong (Four Intellingent Shen)

  • Lokasi : titik ini merupakan “empat sekawan” yang terletak 1 cun dari luar, dalam, depan, dan belakang titik GV-20 (baihui).
  • Indikasi : gangguan mental, cerebral-palsy, amnesia (lupa ingatan), Parkinson, ayan, schizophrenia, vertigo, adiksi obat, dan kegelisahan (anxiety). Titik ini digunakan sekaligus bersama titik GV-20 (baihui).
  • Teknik menusuk : miring menuju ke titik GV-20 sedalam 0,3-0,5 cun
Alasan memilih 7 (tujuh) titik ini adalah:

  1. Otak berhubungan dengan organ ginjal (kidney), sehingga dipilih KI-3 (Taixi) dan BL-23 (Shenshu). Oleh karena itu, maka organ ginjal/KI dikuatkan. Biasanya penusukan pada KI-3 dan BL-23 akan terasa ngilu, kemerahan, dan pegal. KI-3 adalah titik yuan ginjal dan BL-23 adalah titik shu belakang ginjal. Ginjal menyimpan esensi Jing (saripati) dan saripati adalah akar dari tubuh manusia. Ginjal mempengaruhi pertumbuhan otak dan  tubuh karena ginjal memproduksi sumsum untuk mengisi otak.
  2. Shishenzong adalah empat titik kecerdasan shen, digunakan untuk merangsang otak. Otak adalah istana shen asli dan titik ini juga digunakan untuk menenangkan shen (jiwa). Saat selesai diterapi, kepala terasa ringan dan terang.
  3. GV-16 (fengfu) dipilih karena merupakan titik langit serta titik lautan sumsum bersama GV-20 (Baihui). Titik ini  merangsang komunikasi antara kepala dan tubuh. Dalam dunia barat, titik ini sering digunakan untuk perkembangan psko-emosional. Saat selesai terapi, kepala terasa ringan dan terang.
  4. Shen berhubungan dengan jantung karena jantung adalah rumahnya shen (jiwa). Jika organ jantung terganggu, maka shen terganggu pula. Sehingga dipilihlah titik BL-15 (Xinshu) dan HT-7 (Shenmen). BL-15 adalah titik shu belakang jantung dan HT-7  adalah titik yuan jantung.
  5. PC-6 (neiguan) dipilih karena memiliki aksi di jantung, dada, dan lambung serta emosi.
Gambar otak :

Tuna grahita adalah keadaan keterbelakangan mental atau dikenal juga retardasi mental (mental retardation). Istilah lain dari tunagrahita sbb:
1. Lemah fikiran (feeble-mended).
2. Terbelakang mental (Mentally Rataeded).
3. Bodoh atau dungu (idiot).
4. Pandir (imbecile).
5. Tolol (moron).
6. Oligofrenia (oligophrenia).
7. Mampu Didik (Educable).
8. Mampu Latih (Trainable).
9. Ketergatungan penuh (Totally Dapendent) butuh rawat.
10. Mental Subnormal.
11. Defiksi Mental.
12. Defisik kognitif.
13. Cacat Mental.
14. Defisiensi Mental.
15. Gangguan Intelektual.

Pengertian tunagrahita sebagai:
1. Kelainan yg meliputi fungsi intelektual umum di bawah rata-rata (Sub-avarage).yaitu IQ 84 kebawah sesuai tes;
2. Kelainan yg muncul sebelum usia 16 tahun;
3. Kelainan yg menunjukkan hambatan dalam perilaku adaptif.

Penggolongan Anak Tunagrahita untuk keperluan pembelajaran sebagai berikut: 1. Educable
Anak pada kelompok ini masih mempunyi kemampuan Dalam akademik setara dengan anak regular pada kelas 5 Sekolah dasar.  

2. Trainable
Mempunyi kemampuan dalam mengurus diri sendiri . pertahanan diri,dan penyesuaian sosial sangat terbatas kemampuannya untuk mendapat pendidikan secara akademik.
3. Icustodia
Dengan pemberian latihan yang terus menerus dan Khusus. Dapat melatih anak tentang dasar –dasar cara menolong diri sendiri dan kemampuan yang bersifat komunikatif.

Penggolongan tunagrahita untuk keperluan pembelajaran sebagai berikut:
1. taraf batas (borderline) dalam pendidikan disebut sebagai lamban Berajar (slow learner) dengan lQ 70-85.
2. tuna grahita mampu didik (educable mentally retarded ) dengan IQ 50-75 atau 75.
3. tuna grahita mampu latih (trainabie mentally retarded ) lQ 30 50 atau iQ 35-55.
4. tunagrahita butuh rawat (dependent or protoundly mentally retarded ) dengan lQ dibawah25 atau 30

Tunagrahita dapat disebabkan oleh beberapa faktor :
1. Generik.
Kerusakan/kelainan Biokimiawi, Abnormalitas Kromosomal.
2. Sebelum Lahir ( pre – natal )
a. Infeksi Rubella (cacar)
b. Faktor Rehesusu (Rh)
3. Saat Kelahiran ( post – natal ) yang disebabakan oleh kejadian yang terjadi saat kelahiran
4. Setelah kelahiran ( pasca – natal ) Akibat infeksi misalnya : Mengintis (peradangan pada selaput otak) dan problema nutrisi, karena kekurangan gizi atau porotein.
5. Faktor Sosio – kultural atau sosial budaya lingkungan.
6. Gangguan Metabolisme/Nutrisi
a. Phenylketonuria
b. Gargoylisme
c. Cretinisme

Karateristik tuna grahita :
1. Lamban dalam mempelajari hal-hal yang baru. Kesulitan dalam mengeneralisasi dan mempelajari hal-hal yang baru.
3. kemampuan bicaranya sangat kurang bagi anak tuna garahita berat.
4. Cacat fisik dan perkembangan gerak.
5. Kurang dalam kemampuan menolong diri sendiri..
6. Tingkah laku dan interaksi yang tidak lazim.
7. Tingkah laku kurang wajar dan terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar